Rabu, 20 Januari 2010

Gempa & Tsunami Dahsyat Berpotensi Terjadi Lagi di Sumatera

Indonesia pernah mengalami gempa dan tsunami dahsyat di Aceh dan sekitarnya. Gempa dan tsunami serupa yang menewaskan banyak orang seperti peristiwa 26 Desember 2004 itu bisa terjadi lagi di Sumatera. Dan kota Padang yang baru diguncang gempa tahun lalu, sebagai garis bidiknya.

Demikian peringatan yang disampaikan tim ahli seismologi seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (18/1/2010). Peringatan itu dituangkan dalam surat untuk jurnal Nature Geoscience.
Tim ini dipimpin oleh ilmuwan terkemuka John McCloskey, profesor di Institut Riset Sains Lingkungan Hidup di Universitas Ulster, Irlandia Utara. McCloskey terkenal sejak prediksi gempa Sumatera yang cukup akurat di tahun 2005.
Dikatakan tim itu, bahaya tersebut berasal dari dari penumpukan tekanan yang terus-menerus dalam dua abad terakhir di belahan parit Sunda (Sunda Trench), salah satu zona gempa paling mengerikan di dunia, yang berlangsung paralel ke pantai Sumatera bagian barat.
"Ancaman gempa penyebab tsunami yang dahsyat dengan skala kekuatan lebih dari 8,5 di tambalan Mentawai tidak berkurang.... Ada potensi timbulnya korban jiwa sebesar tsunami Samudera Hindia tahun 2004," demikian peringatan tersebut.
Tidak disebutkan kapan waktu kejadian tersebut. Namun dengan jelas diingatkan bahaya untuk Padang, kota dengan 850 ribu jiwa penduduk yang terletak di wilayah yang berisiko tersebut.
"Ancaman untuk peristiwa itu adalah jelas dan kebutuhan untuk aksi mendesak sangatlah tinggi," demikian peringatan para ahli seismologi tersebut.
Lebih dari 220 ribu orang tewas dalam bencana tsunami 26 Desember 2004 saat gempa berkekuatan 9,3 Skala Richter mengguncang parit Sunda bagian Utara.
Pada Maret 2005 lalu, McCloskey telah mengingatkan bahwa gempa yang terjadi pada 26 Desember 2004 tersebut telah menciptakan tekanan utama di bagian yang berdempetan dari kecacatan di sebelah Selatan. Dikatakannya, getaran di wilayah gempa dengan kekuatan 8,5 Skala Richter dengan kapasitas yang mampu menciptakan tsunami akan terjadi dan mengingatkan pemerintah setempat untuk bersiap-siap.
Prediksi McCloskey terbukti kebenarannya dalam dua minggu. Pada 28 Maret 2005, gempa dengan kekuatan 8,6 Skala Richter menerjang Pulau Simeulue dan menciptakan tsunami setinggi 3 meter.
Kini tim McCloskey mengingatkan pemerintah Indonesia untuk mengambil langkah-langkah guna menyiapkan diri terhadap risiko gempa bumi berikutnya di Padang usai gempa dahsyat di Padang pada 30 September 2009.
"Penting sekali bahwa pemerintah Indonesia dengan bantuan komunitas internasional dan organisasi-organisasi nonpemerintah, memastikan bahwa mereka menuntaskan upaya bantuan dan pembangunan tahan gempa usai gempa bumi ini, dan bekerja sama dengan rakyat Padang untuk membantu mereka menyiapkan diri untuk gempa berikutnya," pungkas mereka.


emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Gempa & Tsunami Dahsyat Berpotensi Terjadi Lagi di Sumatera dan anda bisa menemukan artikel Gempa & Tsunami Dahsyat Berpotensi Terjadi Lagi di Sumatera ini dengan url http://www.nova13.com/2010/01/gempa-tsunami-dahsyat-berpotensi.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Gempa & Tsunami Dahsyat Berpotensi Terjadi Lagi di Sumatera ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Gempa & Tsunami Dahsyat Berpotensi Terjadi Lagi di Sumatera sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



3 Comments:

  1. dibawah adalah list dari blogger wonogiri (sementara), ada usul buat bikin komunitasnya seperti apa?

    http://triuntoro.com/
    http://dafhy.net/
    http://yosbeda.com
    http://13nova.blogspot.com/ (new)
    http://danisetiyawan.blogspot.com/ (new)
    http://www.manyaran.wonogiri.org/
    http://wonogiriku.wordpress.com/ (lama ngga update)
    http://wonogirinews24.blogspot.com/ (senior)
    http://suarawonogiri.web.id/

    *jika menemukan blogger wonogiri lainya silahkan ditambahkan*

    silahakan dkunjungi biar lebih kenal dan akrab dengan lainya..
    salam
    -yos-

    BalasHapus
  2. Mari kita hargai informasi dari para ahli.. sebenarnya gempa aceh 2004 dan gempa padang 2009 sudah diprediksi + di-warning para ahli. Hanya saja (terkadang) masyarakat kita mengacuhkan info beginian (dianggap hoax / isu menyesatkan)

    *visited back*

    BalasHapus
  3. Naudzubillah semoga tidak terjadi gempa lagi...Amiiin Allahuma Amiiin, dan Nova salam kenal, juga link kamu sudah saya add di Abibakarblog.com/Blogroll dengan anchor text Nov13_weB.LOG

    BalasHapus

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j:

PERHATIAN!
>> Yang berkomentar dengan Anonymous tidak akan saya tanggapi, usahakan memakai Name/URL. kalau tidak punya blog, bisa memakai URL profil Facebook, twitter, dll.
>> Gunakan anchor name pada Name/URL yang sewajarnya.

thanks.

Translates