Senin, 04 Januari 2010

Linux: Instalasi OpenSUSE Menggunakan ISO Images

opensuse logo

Hallo, ini adalah postingan pertama saya semenjak punya blog. Sebenarnya saya sudah punya akun blogger ini sejak saya masih SMA, tetapi kendala nya adalah, Bingung mau posting apaan! Maka dari itu, saya memulai dari posting ini untuk lebih rajin blogging... heheh... Dan inilah postingan saya yang berhasil saya kutip dari Kapling Linux.


Bagi pengguna OpenSUSE yang ingin melakukan instalasi tapi tidak memiliki CD maupun DVD kosong, bisa langsung melakukan instalasi dari ISO Image OpenSUSE. Yang dibutuhkan adalah mini boot disc yang dapat didownload dari internet dengan besar 35 MB.

Download ISO

Download ISO image OpenSUSE dari Halaman Download atau melalu mirrornya. Download juga cd untuk instalasi melalui jaringan (mini boot CD). Download ISO Image dalam bentuk DVD untuk memudahkan proses penempatan file ISO. Meski demikian, ISO dalam format CD tetap dapat digunakan. Pastikan penempatan masing-masing file ISO didalam folder yang sama.

Persiapan

Bakar ISO Mini Boot CD ke CD

ISO mini bootCD dapat dibakar dengan menggunakan apliksi burning CD, misalnya K3B atau Gnome CD/DVD Creator. Jika menggunakan sistem Windows, Nero adalah aplikasi burning CD yang populer untuk keperluan ini.



Pastikan Lokasi ISO Image

Pada langkah berikutnya kita akan memerlukan lokasi dari ISO Image. Lokasi ini adalah lokasi absolut, dimuali dengan /dev. Jika kurang paham apa yang dimaksud, berikut adalah contoh lokasi absolut :
Jika hasil download ISO image openSUSE-10.2-Alpha5-DVD-i386.iso ditempatkan di /home/myhome/downloads/, lokasi absolut bukanlah /home/myhome/downloads/. Untuk mengetahui lokasi absolut, buka Konsole / Terminal / Shell dan ketikkan perintah mount.
# mount
#> /dev/hda2 on / type ext3 (rw,acl,user_xattr)
#> proc on /proc type proc (rw)
#> sysfs on /sys type sysfs (rw)
#> debugfs on /sys/kernel/debug type debugfs (rw)
#> udev on /dev type tmpfs (rw)
#> devpts on /dev/pts type devpts (rw,mode=0620,gid=5)
#> securityfs on /sys/kernel/security type securityfs (rw)
Pada baris pertama, partisi /dev/hda2 di mount ke /. Karena tidak ada partisi khusus untuk /home, maka bisa dipastikan partisi /home terdapat pada / dan memiliki lokasi absolut /dev/hda2.
Dengan demikian, lokasi absolut untuk folder instalasi adalah : /dev/hda2/home/myhome/downloads/openSUSE-10.2-Alpha5-DVD-i386.iso

Instalasi

Boot komputer dengan menggunakan mini boot-CD. Pada saat bootscren tampil, ketikkan perintah pada Konsole :
install=iso:[location of the image]
Dalam contoh ini
install=iso:/dev/hda2/home/myhome/downloads/openSUSE-10.2-Alpha5-DVD-i386.iso
Proses instalasi akan dimulai dengan memanfaatkan ISO Image pada lokasi yang ditentukan. Jangan lupa, pada saat melakukan instalasi, jangan ubah / hilangkan partisi tersebut.



emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Linux: Instalasi OpenSUSE Menggunakan ISO Images dan anda bisa menemukan artikel Linux: Instalasi OpenSUSE Menggunakan ISO Images ini dengan url http://www.nova13.com/2010/01/instalasi-opensuse-menggunakan-iso.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Linux: Instalasi OpenSUSE Menggunakan ISO Images ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Linux: Instalasi OpenSUSE Menggunakan ISO Images sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



2 Comments:

  1. http://13nova.blogspot.com/2010/01/instalasi-opensuse-menggunakan-iso.html

    BalasHapus
  2. pengen banget linux dipakai oleh mayoritas user

    BalasHapus

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j:

PERHATIAN!
>> Yang berkomentar dengan Anonymous tidak akan saya tanggapi, usahakan memakai Name/URL. kalau tidak punya blog, bisa memakai URL profil Facebook, twitter, dll.
>> Gunakan anchor name pada Name/URL yang sewajarnya.

thanks.

Translates