Sabtu, 09 Januari 2010

Mengedit Grub di Ubuntu 9.10

ubuntu logo

Halo, pada posting kali ini saya akan menjelaskan cara mengedit Grub di Ubuntu 9.10. Sebelumnya saya juga sempat kebingungan kok letak menu file grub di Ubuntu 9.10 berbeda. setelah googling ke sana kemari akhirnya ketemu juga.Kalo pada Ubuntu 9.04 letak menu grub ada di folder /boot/grub/menu.lst maka letak menu grub di Ubuntu 9.10 ada di folder /boot/grub/grub.cfg
Untuk mengedit grub ini memerlukan cara yang agak berbeda dibandingkan dengan grub Ubuntu 9.04. Berikut ini merupakan tutorial langkah demi langkah untuk mengedit grub Ubuntu 9.10.
Catatan : penulis tidak menanggung segala akibat yang ditimbulkan akibat tutorial pada posting ini. Posting ini hanya ditujukan sebagai bentuk informasi saja.
  • Langkah pertama adalah melakukan backup file grub.cfg sebelum melakukan pengeditan pada file ini. caranya ketikkan perintah sudo cp /boot/grub/grub.cfg /boot/grub/grub.cfg.original di terminal. Perintah ini akan membuat backup file grub.cfg dengan nama grub.cfg.original. Untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar dibawah ini.

  • Untuk memastikan apakah file grub.cfg.original berhasil dibuat, kamu dapat mengetikkan perintah ls -lh /boot/grub/grub.cfg.original di terminal kamu. Apabila file grub.cfg.original berhasil dibuat maka terminal kamu akan menampilkan informasi seperti gambar dibawah ini

  • Karena file grub.cfg memiliki permission read untuk semua user, maka kita perlu mengubah permission tersebut menjadi read and write. Ketikkan perintah sudo chmod 644 /boot/grub/grub.cfg di terminal. Untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar dibawah ini

  • Langkah berikutnya adalah menggunakan program gedit untuk mengedit file grub.cfg. ketikkan perintah sudo gedit /boot/grub/grub.cfg di terminal.
  • Langkah berikutnya adalah menghilangkan menu grub yang ingin dibuang. Pada kasus saya, saya membuang menu boot Ubuntu, Linux 2.6.31-14-generic dan Ubuntu, Linux 2.6.31-14-generic (recovery mode), karena saya sudah mengupdate kernel saya dengan versi yang lebih baru. Pada langkah ini kamu diharapkan untuk lebih berhati-hati. Karena apabila salah tidak menutup kemungkinan kamu tidak dapat masuk ke mesin Linux kamu. Untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar dibawah ini. Gambar dibawah ini merupakan bagian yang saya buang. Gambar ini hanya berlaku pada kasus saya saja, meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa kamu juga memiliki kasus yang sama dengan saya.

  • Setelah mengedit menu grub jangan lupa menyimpan perubahan yang dibuat dengan menekan tombol CTRL+S. lalu close program gedit. Langkah terakhir adalah mengembalikan permission file grub.cfg ke mode read only dengan mengetikkan perintah sudo chmod 444 /boot/grub/grub.cfg di terminal. Untuk memastikan apakah perubahan yang kamu buat berhasil, kamu dapat melakukan restart mesin linux kamu dengan mengetikkan perintah sudo reboot di terminal.
Oke sekian saja posting kali ini. Selamat mencoba dan good luck )
sumber: kaplinglinux.com/



emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Mengedit Grub di Ubuntu 9.10 dan anda bisa menemukan artikel Mengedit Grub di Ubuntu 9.10 ini dengan url http://www.nova13.com/2010/01/mengedit-grub-di-ubuntu-910.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Mengedit Grub di Ubuntu 9.10 ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Mengedit Grub di Ubuntu 9.10 sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



4 Comments:

  1. add ymku, cek di fb / plurk,
    link balik ke webku+ http://kosit.info/blog

    BalasHapus
  2. mas,saya salah edit kayanya,,sampai ga ada pilihan untuk masuk linuz,hanya windows saja..
    gimana yah?

    BalasHapus
  3. @samuel: pake ubuntu 9.10 karmic koala kan??
    gampang! ketikan syntax ini di terminal,
    sudo su--> update-grub
    udah, tinggal restart aja. ato gak, liat postingan saya di sini.

    BalasHapus

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j:

PERHATIAN!
>> Yang berkomentar dengan Anonymous tidak akan saya tanggapi, usahakan memakai Name/URL. kalau tidak punya blog, bisa memakai URL profil Facebook, twitter, dll.
>> Gunakan anchor name pada Name/URL yang sewajarnya.

thanks.

Translates