Sabtu, 16 Januari 2010

Prioritas Investasi Storage 2010: Virtualisasi, Cloud, dan Keamanan

Penyedia teknologi storage Hitachi Data Systems memaparkan 10 prioritas investasi storage pada 2010. Tiga di antaranya, yakni virtualisasi data center, cloud storage, dan pengamanan data, menurut Hitachi, menjadi agenda utama perusahaan di Indonesia.

Ming Sunadi, Country Manager Hitachi Data Systems Indonesia, mengatakan perusahaannya saat ini berupaya mendorong keunggulan kompetitifnya melalui tiga prioritas utama tersebut.


"Peran kami adalah membantu para pelanggan membangun solusi storage yang berbiaya efektif dan berkesinambungan sehingga bisa mendukung bisnis pelanggan baik saat ini, maupun dalam mengantipasi tantangan di masa datang," katanya.

Berikut 10 prioritas investasi storage 2010 menurut Hitachi:

1. Virtualisasi Data Center
Virtualisasi adalah prasyarat teknologi untuk membangun data center masa depan yang dinamis. Selama 2009, ada kecenderungan penambahan jumlah node (scale-out) storage modular berbiaya rendah melalui teknologi switch seperti Ethernet dan RapidIO. Namun cara ini memiliki kelemahan, yakni sumber daya pada node tidak bisa ditambahkan (scale-up). Untuk itu pada 2010, akan lebih banyak sistem storage yang bisa melakukan scale-out dan scale-up sekaligus, sesuai kebutuhan kapasitas dan kinerja. Dengan cara ini, perusahaan bisa memenuhi kebutuhan jaringan, prosesor dan sistem operasi virtual seperti VMware dan Hyper V yang lebih cepat.

2. Cloud Storage
Istilah komputasi awan (cloud computing) sering menjadi perumpamaan yang merujuk pada Internet. Dalam storage 'awan', beberapa server storage di-'awan'-kan untuk menyembunyikan kompleksitas infrastruktur TI di belakangnya, sehingga kapasitas storage diberikan seperti layanan dengan skema "bayar sesuai penggunaan". Hitachi melihat pemahaman komputasi awan akan terus meningkat pada 2010, dengan fokus pada pembuatan 'awan' privat maupun penyedia layanan 'awan'. Seiring dengan itu, adopsi cloud storage akan didorong kemajuan teknologi yang memungkinkan fungsi-fungsi kunci seperti pengamanan, kemampuan melayani beberapa user sekaligus dan, model pembayaran.

3. Storage berjenjang otomatis.
Semakin banyak organisasi TI mengotomatisasi manajemen storage berjenjang (tiered-storage) yang berbasis kebijakan untuk mencapai tingkat efisiensi ekonomi sambil tetap memenuhi target tingkat ketersediaan bisnis. Tahun depan, akan semakin marak penggabungan manajemen tiered-storage dengan virtualisasi storage dan thin provisioning sehingga bisa menurunkan biaya investasi dan operasional secara signifikan.

4. Peningkatan adopsi Dynamic (thin) Provisioning
Istilah thin provisioning adalah kemampuan untuk menyediakan sumber daya komputasi – dalam hal ini storage - dengan mudah, dalam tempo singkat dan sesuai kebutuhan. Thin provisioning yang dinamis adalah kemampuan kunci untuk menurunkan biaya operasional. Thin provisioning mampu: menghilangkan sampah ruang storage yang tak digunakan; menurunkan biaya pemindahan dan penggandaan volume-volume storage yang ‘gemuk’ dengan meniadakan kapasitas tak terpakai; mengembalikan hingga 40% atau lebih kapasitas tak terpakai; mengurangi waktu pengadaan storage dari hitungan jam ke menit. Dengan berbagai kemampuan tersebut, Hitachi memperkirakan teknologi dynamic (thin) provisioning akan menjadi prioritas pelanggan pada 2010.

5. IT yang berkesinambungan
Tahun ini, proyek-proyek TI ‘hijau’ akan semakin marak karena IT manager mulai menyadari bahwa proyek semacam ini mendapat dukungan dari perusahaan. Akan muncul pula jabatan baru dalam organisasi, yakni Sustainable IT Manager yang bertanggung jawab mengenali dan mengelola program-program Green IT.

6. Pertumbuhan platform pengarsipan konten
Firma riset IDC memperkirakan data-data konten akan tumbuh paling pesat mencapai 121% setiap tahunnya. Dengan demikian, platform konten harus bisa berkembang hingga puluhan Petabyte dan mampu menangani berbagai macam format data. Hitachi memperkirakan permintaan Content Archive Platform akan meningkat pada 2010.

7. Keamanan
Para manajer TI senantiasa berjuang menyeimbangkan antara menangani risiko keamanan dengan menyediakan infrastruktur terbaik yang diukur dari throughput, ketersediaan, skalabilitas, biaya dan kompleksitas. Setiap organisasi harus bisa memutuskan keseimbangan di antara komponen tersebut sesuai dengan situasi dan nilai data. Pada 2010, investasi storage para IT manajer akan mempertimbangkan prioritas seperti kerahasiaan data, pembersihan data dan keamanan data.

8. Layanan Terkelola
Dalam organisasi TI modern, pemgadaan aplikasi baru atau pelaporan kinerja SAN dikelola melalui layanan terkelola (managed services) jarak jauh. Seiring dengan tumbuhnya permintaan managed services, akan semakin banyak penawaran baru sebagai alternatif yang efisien dan berbiaya efektif bagi perusahaan.

9. Peningkatan Kinerja via Drive berbasis Flash atau Solid State Drives (SSD)
Selama ini biaya drive berbasis flash dianggap tidak ekonomis dibandingkan hard drive tradisional, walaupun kinerjanya lebih baik – terutama dengan tingkat latency-nya yang rendah, kecepatan I/O yang tinggi dan efisien dalam konsumsi daya. Hitachi memperkirakan semakin banyak teknologi berbasis flash yang ditawarkan dalam satu paket solusi bagi pelanggan. Para pelanggan harus memperhatikan pengamanan tambahan berupa enkripsi data pada SSD sebelum menggunakannya.

10. Konvergensi Ethernet dalam Data Center (FCOE /DCIB) - Fibre Channel over Ethernet
dan Data Communication Input Buffer
Hitachi memperkirakan adopsi switch di sisi storage akan meningkat seiring dengan munculnya standar industri yang memungkinkan multi-pathing dan penurunan beban jaringan. Pada 2010, akan ada investasi yang cukup besar dalam infrastruktur Fibre Channel (FC) hingga 8 Gbps FC. Tingkat gangguan bisnis dari transisi ke 8 Gbps FC tidak dari transisi ke 10 Gbps FCoE, sehingga adopsi FCoE untuk storage mungkin membutuhkan waktu lebih lama.



emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Prioritas Investasi Storage 2010: Virtualisasi, Cloud, dan Keamanan dan anda bisa menemukan artikel Prioritas Investasi Storage 2010: Virtualisasi, Cloud, dan Keamanan ini dengan url http://www.nova13.com/2010/01/prioritas-investasi-storage-2010.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Prioritas Investasi Storage 2010: Virtualisasi, Cloud, dan Keamanan ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Prioritas Investasi Storage 2010: Virtualisasi, Cloud, dan Keamanan sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



0 Comments:

Posting Komentar

PERHATIAN!
>> Yang berkomentar dengan Anonymous tidak akan saya tanggapi, usahakan memakai Name/URL. kalau tidak punya blog, bisa memakai URL profil Facebook, twitter, dll.
>> Gunakan anchor name pada Name/URL yang sewajarnya.

thanks.

Translates