Selasa, 16 Maret 2010

Preview, Tampilan baru Ubuntu

Sejak edisi perdana keberadaan Ubuntu yaitu versi 4.10 (Warty Warthog) yang dirilis di bulan Oktober 2004, desktop Ubuntu dikenal masyarakat luas dengan tampilan yang didominasi warna cokelat sebagai theme standar bernama "Human". Namun lima setengah tahun kemudian, mulai rilis Ubuntu 10.04 (Lucid Lynx) mendatang, tampilan Ubuntu akan total berubah. Sebagai theme baru bernama "Light" yang menggantikan theme "Human" sampai saat ini dan dikenal menggunakan motto " Linux for Human Beings".
Disamping mengganti tampilan, mulai Ubuntu LTS 10.04 juga memperbaiki "branding" secara keseluruhan dengan mengganti disain logo dan jenis font tulisan logo "ubuntu". Melengkapi "branding" baru, Ubuntu akan meremajakan disain website utamanya, termasuk disain situs-situs pendukungnya. Semua konsep rancangan branding baru ini, kini sudah dapat disimak di Ubuntu-Wiki.

Penyegaran secara menyeluruh tidak terlepas dari upaya Ubuntu meningkatkan identitas visualnya, dan sebagai bagian dari kiatnya untuk memberikan kesan dan penampilan lebih professional dan atraktif terhadap platform desktop Open Source kepada masyarakat luas arus utama. Menurut dokumentasi disain di Ubuntu wiki, gaya baru tersebut dibuat berdasrkan saran dan idea dari pendiri Ubuntu Mark Shuttleworth tahun lalu dan dikembang bersama dengan sebuah tim designers. Pilihan konsep yang bertemakan "light" dibalik identitas branding baru itu, direalisasikan serba ringan menggunakan logo baru denga font yang kurus dan ikon kecil.
 
"We're drawn to Light because it denotes both warmth and 
clarity, and intrigued by the idea that ‘light’ is a good value 
in software. Good software is ‘light’ in the sense that it uses 
your resources efficiently, runs quickly, and can easily be 
reshaped as needed."...
 "More and more of our communications are powered by light, 
and in [the] future, our processing power will depend on our 
ability to work with light, too. Visually, light is beautiful, 
light is ethereal, light brings clarity and comfort."...

 

Edisi Ubuntu 10.04 (Lucid Lynx) yang dijadwalkan akhir bulan April mendatang merupakan edisi LTS (Long Term Support) ketiga yang terbit secara berkala setiap dua tahun dan menjamin dukungan teknis selama lima tahun untuk server dan tiga tahun untuk desktop. Edisi LTS seperti tanggung jawab yang diembannya, akan lebih mengedepankan stabilitas ketimbang fitur baru. 

sumber: gudanglinux







emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Preview, Tampilan baru Ubuntu dan anda bisa menemukan artikel Preview, Tampilan baru Ubuntu ini dengan url http://www.nova13.com/2010/03/preview-tampilan-baru-ubuntu.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Preview, Tampilan baru Ubuntu ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Preview, Tampilan baru Ubuntu sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



4 Comments:

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j:

PERHATIAN!
>> Yang berkomentar dengan Anonymous tidak akan saya tanggapi, usahakan memakai Name/URL. kalau tidak punya blog, bisa memakai URL profil Facebook, twitter, dll.
>> Gunakan anchor name pada Name/URL yang sewajarnya.

thanks.

Translates