Rabu, 10 Maret 2010

Review tentang Fedora 12 Constantine

fedora 12
Fedora merupakan salah satu turunan dari distro Red Hat, diversi sebelumnya Fedora mengeluarkan versi 11 yang diberi nama Reign. Fedora 12 telah direlease pada Selasa (17 November 2009) kemarin.
Untuk Review Fedora 12 ini, menggunakan metode LiveCD / LiveUSB dan boot dari USB. File .iso yang sudah terdownload, bisa di-ekstract ke USB menggunakan perintah livecd-iso-to-disk (paket livecd-tools di Linux) atau tools unetbooting (windows).


New Features :
Fitur Fedora 12 yang diunggulkan antara lain dukungan ext4 file system, dukungan webcam yang lebih baik dan dukungan Broadband.
Instalasi dan konfigurasi
Fedora 12 akan diinstall di laptop Zyrex Cruiser NFT dengan spesifikasi Intel Duo Core2 Processor, 1GB Memory, 120GB Harddisk, Intel on-board video chipset dan internal wireless card.
Proses booting dari LiveUSB memerlukan waktu sekitar 38 detik.
Aplikasi-aplikasi popular yang ada di LiveCD, antara lain Firefox 3.5.4, Abiword 2.8.1 dan Empathy menggantikan Pidgin sebagai default Internet Messaging.

Untuk melakukan instalasi dari LiveUSB, tinggal double klik icon ‘Install to Harddisk’. Selanjutnya proses instalasi akan berlangsung. Proses copying nya hanya berlangsung selama 1 menit 45 detik !! Amazing !
II. Eksplorasi dan Post-install Setup
Setelah install dari LiveCD, selanjutnya adalah instalasi paket-paket lainnya, antara lain Thunderbird, OpenOffice.org dan Pidgin.
Berikut sekilas ulasan saya :
1. Dengan menggunakan LiveCD / LiveUSB, proses instalasi (copy ?) nya cukup cepat, yaitu 1 menit 45 detik.
2. Proses booting berlangsung sekitar xx detik. Lebih cepat dari Fedora 11 ? Kurang tahu juga, karena saya belum pernah menghitung secara pasti, proses booting di Fedora 11.
3. Aplikasi-aplikasi populer yang terinstall secara default, antara lain Firefox 3.5.4, Empathy 2.28.0.1, Abiword, Remote Desktop dan Transmission. GNOME versi 2.28 dan kernel 2.6.31.
4. Dukungan broadband dan wireless
Koneksi wireless bekerja sempurna tanpa hambatan yang berarti. Semua hardware dapat dikenal dan dikonfigure dengan baik.
Modem 3G Huawei E220 yang menancap via USB pun langsung dikenal bisa digunakan untuk koneksi broadband via IM2. Bravo IM2 :) (kalo yang punya lho? hehe)
Webcam pada Fedora 12 telah didukung dengan baik.
Sampai jumpa pada postingan tentang open source...



emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Review tentang Fedora 12 Constantine dan anda bisa menemukan artikel Review tentang Fedora 12 Constantine ini dengan url http://www.nova13.com/2010/03/review-tentang-fedora-12-constantine.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Review tentang Fedora 12 Constantine ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Review tentang Fedora 12 Constantine sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



2 Comments:

  1. wah, saya udah pernah coba fedora tapi pusing saat mau install aplikasi tambahannya, hehe, jadi balik lagi ke ubuntu deh...

    BalasHapus
  2. @afriandi: saya juga pernah nginstal fedora versi ini (12), tp eh, kok ada yg trouble dgn hardware laptop sy. touchpad nya gak jalan! hehhe. balik lagi deh ke Ubuntu. :a:

    BalasHapus

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j:

PERHATIAN!
>> Yang berkomentar dengan Anonymous tidak akan saya tanggapi, usahakan memakai Name/URL. kalau tidak punya blog, bisa memakai URL profil Facebook, twitter, dll.
>> Gunakan anchor name pada Name/URL yang sewajarnya.

thanks.

Translates