Kamis, 11 Maret 2010

Sistem Utama pada Linux

Salam blogger! dari sekedar ketik - ketik dan sharing ilmu tentang linux. Ini bagi yang belum tahu tentang sistem di linux. Sistem operasi dari Linux dapat dibagi menjadi tiga bagian utama, yang mana ketiga bagian tersebut saling berinteraksi satu sama lain.Tiga sistem utama tersebut adalah :
 

1. Kernel, merupakan program inti dari System Linux. Peran dan tugas yang dipegang oleh Kernel ini antara lain :
  • Mengendalikan akses terhadap komputer
  • Mengatur memori komputer
  • Memelihara sistem file
  • Mengalokasikan sumber daya komputer diantara pemakai
2. Shell, merupakan program yang memungkinkan pemakai dapat berkomunikasi dengan komputer. Tugas dan peran shell adalah membaca perintah yang diberikan pemakai dan menerjemahkan perintah (command intepreter) tersebut sebagai suatu permintaan dan meneruskanya ke Kernel. Pada prompt shell, pemakai memberi perintah kepada shell dan kemudian shell akan langsung memberikan respon. Perintah-perintah tersebut dapat dirangkai serta dapat disimpan dalam sebuah file teks yang disebut dengan program shell atau shell scripting.
3. Utility, adalah program bantu diluar shell untuk melakukan tugas tertentu, misalnya saja untuk mengedit dokumen, memanipulasi file, menambah user, menghapus user dan lain sebagainya.




emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Sistem Utama pada Linux dan anda bisa menemukan artikel Sistem Utama pada Linux ini dengan url http://www.nova13.com/2010/03/sistem-utama-pada-linux.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Sistem Utama pada Linux ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Sistem Utama pada Linux sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



3 Comments:

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j:

PERHATIAN!
>> Yang berkomentar dengan Anonymous tidak akan saya tanggapi, usahakan memakai Name/URL. kalau tidak punya blog, bisa memakai URL profil Facebook, twitter, dll.
>> Gunakan anchor name pada Name/URL yang sewajarnya.

thanks.

Translates