Kamis, 28 April 2011

Sambutlah, versi Stabil Ubuntu 11.04 (Final)

ubuntu 11.04 natty narwhal
Saya akan memberikan kabar gembira, khususnya para Ubuntu geek nih. Hari ini, tepat tanggal 28 April 2011, setelah sebelumnya membagikan rilis versi alpha dan beta, akhirnya pihak Canonical selaku pengembang dan sponsor sistem operasi Ubuntu, sebuah OS aka sistem operasi yang populer, hari ini secara resmi telah merilis versi final / stabil Ubuntu 11.04 code name “Natty Narwhal“, yang membawa perubahan signifikan dibanding versi sebelumnya, baik dari segi penampilan, user interface, software, dan tentunya juga performance. Sistem Ubuntu 11.04 ditenagai menggunakan kernel terbaru versi Linux 2.6.38, ditambahkan dengan aplikasi serba baru seperti LibreOffice 3.3.2 dan Firefox 4, termasuk peningkatan terutama di Software Center.
ubuntu software center
Ubuntu Software Center

Dengan kernel versi terbaru, Ubuntu sekaligus telah diperkaya dengan fitur-fitur baru seperti sistem keamanan AppArmor, dukungan untuk Intel IPS (Intelligent Power Sharing), meniadakan Big Kernel Lock, dan peningkatan pada sistem berkas (file system) ke sistem Btrfs, Ext4, dan XFS.

Dengan fitur desktop shell Unity, global menu untuk semua applikasi, tampilan scrollbar baru, dan fungsi search (dash); Ubuntu 11.04 merupakan versi yang cukup menjanjikan dari segi ide.

Ada beberapa beberapa perbedaan tampilan dengan versi sebelumnya, Maverick. yaitu saat sudah pada desktop, menu pindah posisi ke sisi kiri layar. Itu bernama Launcher.  Fungsi ini sangat persis dengan Ubuntu 10.10 yang versi Netbook. Di Launcher, bisa di isi dengan shortcut aplikasi-aplikasi yang anda butuhkan, jadi tinggal klik saja di sini. Kemudian, jika anda akan menginstall Ubuntu, maka tampilannya sekali lagi akan berbeda, seperti gambar berikut:
install ubuntu 11.04

Ubuntu 11.04 hanya menggunakan satu panel desktop dengan Menu global untuk menampilkan applikasi. Mirip seperti fitur pada OS X. Pengguna perlu membiasakan diri untuk memakai fitur ini. Saat anda membuka applikasi, menu dari applikasi  secara default akan tersembunyi, dan baru akan muncul bila kita menggerakkan mouse kita ke panel menu applikasi tersebut. Akan membingungkan baik bagi pengguna pemula ataupun yang sudah akan terbiasa dengan Ubuntu. Tombol Maximized di layar applikasi akan ditampilkan di panel untuk menyederhanakan tampilan.

#Lalu, dimana Link untuk mendownload?
Silahkan download langsung dari situs resmi Ubuntu di http://www.ubuntu.com/
Atau, anda juga bisa mendownload dari repository lokal yang ada di Indonesia. Berikut ini beberapa situs yang menyediakannya (mungkin saat ini belum tersedia), jadi silahkan dilihat saja dulu.

Mirror Lokasi Download
kambing.ui.ac.id Depok Ubuntu
dl2.foss-id.web.id Jakarta Ubuntu
ftp.itb.ac.id Bandung Ubuntu
repo.ugm.ac.id Yogyakarta Ubuntu
ubuntu.pesat.net.id Jakarta Ubuntu
ubuntu.indika.net.id Jakarta Ubuntu
kavalinux.com Depok Ubuntu
buaya.klas.or.id Surabaya Ubuntu


Silahkan coba Ubuntu yang masih fresh ini.



Rabu, 27 April 2011

Ayo! Install Alexa Toolbar ketahui ranking website

Hai sobat blogger? saya kembali memposting, sekarang saya akan membahas tentang suatu situs yang bertugas untuk meranking situs/website/blog di seluruh dunia (baca: Tips dan Trik menaikkan rank Alexa dan Tips tentang Alexa rank). Baik yang baru maupun yang sudah lama eksis di dunia maya(Internet). Tahukah anda, bahwa setiap situs memiliki ranking/peringkat di internet yang berbeda-beda. Maka, Alexa site lah yang menjadi juri nya. Alexa menggunakan metode yang kurang banyak di ketahui oleh banyak orang, seolah-olah mereka menutupi metode yang mereka gunakan. Namun, ada satu hal yang patut anda tahu, yaitu mereka (situs Alexa) juga membutuhkan bantuan kita(para netter) untuk mengkalkulasi perhitungan ranking suatu situs, dengan cara memasang/install Alexa Toolbar di browser kita masing-masing.

Dengan menginstall Alexa Toolbar, maka ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan. Dimulai dengan mudahnya melihat serta mengetahui ranking/peringkat suatu situs yang sedang kita kunjungi. Hanya dengan melihat di toolbar browser kita. Namun terlebih dahulu menginstallnya terlebih dahulu.

Untuk melihat posisi peringkat situs dunia yang sudah tercatat oleh Alexa, saya akan memberikan gambar alias screen shot nya yang saya peroleh dari Top Sites. Tapi saya hanya memberikan infonya sampai peringkat lima(5) saja. Karena, ada banyak sekali situsnya.


Mari lihat ranking situs dimulai ranking pertama dahulu:
  1. Google (google.com)
  2. Facebook (facebook.com)
  3. YouTube (youtube.com)
  4. Yahoo! (yahoo.com)
  5. Blogger (blogspot.com/blogger.com)
Selanjutnya, jika kita telah memasang Alexa Toolbar, maka akan ada beberapa fasilitas yang disediakan di toolbar tersebut. Bisa cek email (Gmail) langsung dari toolbar, integrasi dengan akun Facebook dan juga Twitter. Berikut link untuk menginstall. Sesuaikan dengan browser yang anda gunakan.
    Jadi, saya harap anda segera memasangnya di browser anda masing-masing.
      Satu lagi, saya berharap anda yang membaca postingan ini untuk mem-bookmark blog saya ini, dengan cara yang sangat mudah.

      #Untuk browser Mozilla Firefox
      cukup tekan pada keyboard anda, tekan tombol Ctrl+D, muncul tampilan baru, pada opsi Folder, pilih Bookmarks Toolbar. klik Done atau tekan Enter.

      #Untuk Google Chrome
      caranya juga sama, dengan menekan tombol Ctrl+D, lalu tekan Enter.

      Saya ucapkan terima kasih.
      Salam, semoga postingan saya ini berguna.


        Minggu, 24 April 2011

        Blokir dan Unblock orang di Facebook

        blokir akun facebook
        Saya kembali memposting di blog ini meski dalam keadaan bad mood. Entahlah, tapi itu juga yang membuat saya ingin sekali memposting tentang hal ini. Oya, sudah lama sekali saya tidak lagi posting yang berhubungan dengan Facebook. Yang sebelumnya posting mengenai humor di facebook (baca: Kalo binatang punya facebook). Bagi anda yang mempunyai teman di facebook atau orang lain tapi belum jadi friend, yang menurut anda mereka membuat suatu pelanggaran atau hal yang lain, maka anda ingin sekali memblokir mereka. Tapi yang menjadi masalahnya, jika anda tidak mengetahui cara memblokir orang lain atau anda ingin memutuskan untuk tidak jadi blokir (unblock), saya akan memberikan cara nya sekaligus ingin share saja. Meski di luar sana sudah banyak yang sudah memberikan caranya, namun tidak ada salahnya juga saya akan memposting nya lagi. Sebelumnya, mungkin anda juga pernah melakukan ini baik itu memblokir atau pun di blokir oleh seseorang, dan ini juga yang terjadi pada saya. Saya pun tidak habis pikir kenapa mereka melakukan ini, saya rasa tidak melakukan kesalahan?

        Langsung saja ke topik utama,
        • Bagimana untuk memblock akun Facebook orang lain?
        pertama, klik nama orang yang ingin anda blokir, baik itu yang telah menjadi teman anda maupun yang belum. ingat! Pikirkan dengan matang-matang untuk melakukan hal ini! jika perlu, kemukakanlah alasan yang logis! tidak hanya asal saja.
        seperti pada gambar berikut:
        facebook

        setelah itu, anda bisa pilih untuk melaporkan karena melakukan pelanggaran atau hal-hal yang lain serta ada opsi untuk memblokir orang tersebut.

        • Lalu, bagaimana untuk membatalkannya? (unblock)
        Langkah ini dilakukan jika anda telah menyesal karena telah memblokir orang tersebut. Mungkin telah digunakan akun facebook orang lain untuk melakukan ini.
        Jadi, caranya adalah seperti berikut:
        Klik Akun anda, lalu pilih Pengaturan Privasi (Privacy settings).
        facebook 

        Setelah itu, akan muncul sebuah halaman baru. Lihat paling bawah, cari Daftar Blokir, klik sunting daftar Anda.
        facebook
        Nah, disinilah anda bisa mengatur-atur daftar blokir Anda (Black List). Disini juga bisa melakukan block terhadap orang lain, namun tidak perlu mengunjungi profil facebook orang lain. Bila ingin unblock, maka seperti gambar berikut, klik saja Batalkan Blokir.
        facebook

        Demikian lah cara untuk memblokir serta unblock akun orang lain di facebook. Gunakan cara ini jika perlu saja.
        Pesan saya: Pikirkan lah dengan sungguh-sungguh bila ingin memblokir orang lain, lalu apa alasan utama anda untuk memblock?? Nah, jika anda tidak memiliki alasan yang kuat, coba anda bayangkan jika anda sendiri yang di Blokir orang lain sedangkan orang yang anda blokir itu tidak melakukan kesalahan. What happends!
        Lalu, apa yang Anda rasakan dan pikirkan??

        Sampai jumpa lagi..


        Kamis, 21 April 2011

        Membuat Auto Hide pada Navigasi bar Blogger

        Oke deh, sebelumnya maksud dari postingan ini karena ada yang me-request bagaimana cara untuk bisa membuat Navigasi Bar (Nav Bar) pada blogger menjadi auto hide atau bisa di katakan navbar ini sebenarnya tersembunyi, namun akan muncul kembali bila kursor mouse yang biasanya mengenai bagian atas blog. Pada dasarnya, Navigasi bar (nav bar) itu berfungsi untuk mempercepat akses masuk (login) ke account blogger anda untuk memposting baru ataupun masuk ke desain. Anda juga bisa menekan tombol Sign in jika anda belum login kemudian masuk ke dashboard blogger Inilah contoh navigasi bar pada blog saya:
        Berikut keterangan fungsi navbar
        • [B] : kembali ke www.blogger.com
        • Kotak pencarian : digunakan untuk mencari isi dari blog yang anda kunjungi. jadi bukan mencari blog lain, tapi  mencari isi dari blog yang anda kunjungi
        • Follow : untuk mem-follow atau mengikuti blog yang anda kunjungi
        • Share : Bila anda tertarik dengan blog itu, anda bisa share/bagi ke teman anda baik melalui twitter, facebook, Google Buzz atau Google Reader. 
        • Report Abuse : Bila isi blog yang anda kunjungi melanggar aturan anda bisa laporkan itu ke google
        • Next Blog : Akan membawa anda ke blog-blog yang lain yang telah diacak, atau blog-blog yang ter-update sekarang
        • [email address] : Bila anda telah login dengan akun google anda, maka email anda akan muncul 
        • New Post : Shortcut bagi anda bila ingin membuat posting baru
        • Design : Shortcut menuju Design, bila anda ingin mengutak atik tampilan / Isi blogger anda, &
        • Sign Out : Sama dengan Log out alias Keluar
        Lalu, bagaimana untuk menyembunyikan navbar supaya bisa auto hide?
        • Pertama Login ke akun Blogger anda. Setelah itu masuk ke Design, Edit HTML dan cari Kode </head>. Copy Paste Kode berikut tepat sebelum kode </head>
        #navbar-iframe{opacity:0.0;filter:alpha(Opacity=0)}
        #navbar-iframe:hover{opacity:1.0;filter:alpha(Opacity=100, FinishedOpacity=100)} 
        • Jika sudah, Simpan/Save Template
        Done, navbar blog anda akan menjadi Auto Hide sekarang, tanpa perlu was-was bahwa bila menghilangkan navbar dari blog anda akan melanggar ToS dari Blogger. namun beberapa blogger berpendapat sebaliknya. Tapi, semuanya terserah anda juga.
        Silahkan di coba.


        Senin, 18 April 2011

        Perkenalkan, domain baru blog saya

        domain
        Sebelumnya, saya sempat untuk berfikir untuk memiliki domain pribadi yang bisa dapatkan sesuai yang saya inginkan selama ini. Dengan memiliki domain sendiri, saya bisa mengekspresikan diri saya ke dunia luar (dunia maya). Akhir-akhir ini, blog yang masih beralamatkan subdomain 13nova.blogspot.com jarang sekali tidak saya urus, sehingga update blog jadi terbengkalai. Dampaknya, ranking Alexa blog saya pun turun drastis. Sudah hampir tiga bulan saya malas untuk mengupdate blog saya ini. Karena saya sibuk dengan aktifitas di dunia nyata (kuliah, organisasi) dan juga malah asyik menyibukkan diri dengan situs sejenis micro blogging (Plurk.com) sehingga saya mengabaikan rutinitas yang sebelumnya yang saya lakukan (blogging).

        Saya pun jarang mengurus blog saya. Untuk membuka blog saya sendiri pun jarang, apa lagi mengudate postingan blog? Oya, saya juga sibuk dengan rajin mencari uang di internet. Ya, itu juga demi untuk bisa membeli domain baru saya ini. Setelah berbulan-bulan saya kumpulkan uang (dollar) dan cukup untuk menyewa domain, maka saya memutuskan untuk menyewa domain berbayar (domain .com). Sempat saya bingung untuk memilih, apakah akan membeli domain di penyedia hosting+domain luar negeri atau dalam negeri. Tanya sana sini pun saya lakukan untuk mencari referensi, searching di google juga tak ketinggalan. Setelah saya pikir-pikir, saya putuskan untuk menyewa domain di penyedia hosting & domain lokal (dalam negeri) saja. Alasannya yaitu, lebih mudah untuk berkomunikasi dengan CS (Customer Services) situs tersebut dan juga mendukung pembayaran melalui bank lokal (Bank BCA, BNI, dan Mandiri) serta rekening online seperti PayPal pun disupport. Berbeda dengan penyedia dari luar negeri yang hanya mendukung pembayaran melalui kartu kredit dan PayPal saja. Kabar gembiranya, setelah saya tanya ke CS nya, bahwa pembayaran dengan akun Paypal yang belum di verifikasi bisa juga. Sebab, kebanyakan penyedia jasa domain & hosting mengharuskan memverifikasi terlebih dahulu akun PayPal nya.

        Baiklah, kembali ke inti pokok dari postingan saya. Ini ada beberapa alasan mengapa saya mengganti alamat subdomain saya dulu ke domain berbayar. Mungkin ada yang saya kutip dari blog sebelah. Antara lain
        • Memilih domain dengan ekstensi .Com adalah karena domain tersebut merupakan yang paling populer/sering digunakan pada saat ini. Untuk macam domain lainnya bisa juga, tapi lebih lazim untuk memakai domain .Com
        • Alamat blog menjadi lebih sederhana, dibandingkan dengan alamat blog yang menggunakan subdomain. Selain nama domain lebih singkat juga yang pasti akan mudah diingat.
        • Dapat menghost dimanapun (ngeblog lebih aman), bilamana kita berencana migrasi dari blogspot (layanan hosting gratis) ke hosting berbayar otomatis akan sangat mudah sekali dan kita tidak akan kehilangan prestasi yang telah ditorehkan nama domain tersebut. Ini sangat berbeda dengan sub domain, karena jika kita berencana untuk pindah hosting atau menyewa hosting berarti sama saja memulai dari awal untuk menorehkan prestasi.
        • Peluang monetasi lebih besar, siapa saja yang memulai untuk melakukan aktivitas blogging ujung-ujungnya pun tak bisa jauh dari yang namanya monetasi. Siapa yang tidak mau mendulang uang dari internet? Nah ini juga merupakan salah satu poin yang dimiliki jika kita memiliki nama domain sendiri. Ini kenyataan bahwa pemasang iklan semakin pemilih dengan blog di mana mereka ingin memasang iklan. Jika kita monetasi dengan paid review seperti PPP, Sponsored Review, atau Smorty, kita mungkin membaca peluang yang tidak menerima review dari blog di bawah subdomain. Jika kita menggunakan subdomain, kita akan kehilangan banyak peluang untuk memperoleh penghasilan dari blog kita.
        • Blog Terlihat Lebih Professional. Dengan memiliki nama domain sendiri blog kita akan terlihat lebih professional di mata pengunjung, pembaca, maupun calon pelanggan kita.
        • Memiliki Email Dengan Nama Domain Sendiri. Kita bisa membuat email dengan nama domain kita sebagai host alamat email. Misalnya: saya@namadomainkita.com atau namakita@namadomainkita.com. Kita tidak akan perlu mengubah alamat email kita lagi karena penyedia email/ISP berubah.

        Oke, saya rasa itu saja penjelasan saya mengenai alamat domain saya yang baru ini. Semoga akan lebih memacu saya untuk lebih giat blogging lagi. Terima kasih bagi anda yang sudah mengunjungi blog saya dan telah membaca postingan saya. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.


        Translates