Senin, 18 April 2011

Perkenalkan, domain baru blog saya

domain
Sebelumnya, saya sempat untuk berfikir untuk memiliki domain pribadi yang bisa dapatkan sesuai yang saya inginkan selama ini. Dengan memiliki domain sendiri, saya bisa mengekspresikan diri saya ke dunia luar (dunia maya). Akhir-akhir ini, blog yang masih beralamatkan subdomain 13nova.blogspot.com jarang sekali tidak saya urus, sehingga update blog jadi terbengkalai. Dampaknya, ranking Alexa blog saya pun turun drastis. Sudah hampir tiga bulan saya malas untuk mengupdate blog saya ini. Karena saya sibuk dengan aktifitas di dunia nyata (kuliah, organisasi) dan juga malah asyik menyibukkan diri dengan situs sejenis micro blogging (Plurk.com) sehingga saya mengabaikan rutinitas yang sebelumnya yang saya lakukan (blogging).

Saya pun jarang mengurus blog saya. Untuk membuka blog saya sendiri pun jarang, apa lagi mengudate postingan blog? Oya, saya juga sibuk dengan rajin mencari uang di internet. Ya, itu juga demi untuk bisa membeli domain baru saya ini. Setelah berbulan-bulan saya kumpulkan uang (dollar) dan cukup untuk menyewa domain, maka saya memutuskan untuk menyewa domain berbayar (domain .com). Sempat saya bingung untuk memilih, apakah akan membeli domain di penyedia hosting+domain luar negeri atau dalam negeri. Tanya sana sini pun saya lakukan untuk mencari referensi, searching di google juga tak ketinggalan. Setelah saya pikir-pikir, saya putuskan untuk menyewa domain di penyedia hosting & domain lokal (dalam negeri) saja. Alasannya yaitu, lebih mudah untuk berkomunikasi dengan CS (Customer Services) situs tersebut dan juga mendukung pembayaran melalui bank lokal (Bank BCA, BNI, dan Mandiri) serta rekening online seperti PayPal pun disupport. Berbeda dengan penyedia dari luar negeri yang hanya mendukung pembayaran melalui kartu kredit dan PayPal saja. Kabar gembiranya, setelah saya tanya ke CS nya, bahwa pembayaran dengan akun Paypal yang belum di verifikasi bisa juga. Sebab, kebanyakan penyedia jasa domain & hosting mengharuskan memverifikasi terlebih dahulu akun PayPal nya.

Baiklah, kembali ke inti pokok dari postingan saya. Ini ada beberapa alasan mengapa saya mengganti alamat subdomain saya dulu ke domain berbayar. Mungkin ada yang saya kutip dari blog sebelah. Antara lain
  • Memilih domain dengan ekstensi .Com adalah karena domain tersebut merupakan yang paling populer/sering digunakan pada saat ini. Untuk macam domain lainnya bisa juga, tapi lebih lazim untuk memakai domain .Com
  • Alamat blog menjadi lebih sederhana, dibandingkan dengan alamat blog yang menggunakan subdomain. Selain nama domain lebih singkat juga yang pasti akan mudah diingat.
  • Dapat menghost dimanapun (ngeblog lebih aman), bilamana kita berencana migrasi dari blogspot (layanan hosting gratis) ke hosting berbayar otomatis akan sangat mudah sekali dan kita tidak akan kehilangan prestasi yang telah ditorehkan nama domain tersebut. Ini sangat berbeda dengan sub domain, karena jika kita berencana untuk pindah hosting atau menyewa hosting berarti sama saja memulai dari awal untuk menorehkan prestasi.
  • Peluang monetasi lebih besar, siapa saja yang memulai untuk melakukan aktivitas blogging ujung-ujungnya pun tak bisa jauh dari yang namanya monetasi. Siapa yang tidak mau mendulang uang dari internet? Nah ini juga merupakan salah satu poin yang dimiliki jika kita memiliki nama domain sendiri. Ini kenyataan bahwa pemasang iklan semakin pemilih dengan blog di mana mereka ingin memasang iklan. Jika kita monetasi dengan paid review seperti PPP, Sponsored Review, atau Smorty, kita mungkin membaca peluang yang tidak menerima review dari blog di bawah subdomain. Jika kita menggunakan subdomain, kita akan kehilangan banyak peluang untuk memperoleh penghasilan dari blog kita.
  • Blog Terlihat Lebih Professional. Dengan memiliki nama domain sendiri blog kita akan terlihat lebih professional di mata pengunjung, pembaca, maupun calon pelanggan kita.
  • Memiliki Email Dengan Nama Domain Sendiri. Kita bisa membuat email dengan nama domain kita sebagai host alamat email. Misalnya: saya@namadomainkita.com atau namakita@namadomainkita.com. Kita tidak akan perlu mengubah alamat email kita lagi karena penyedia email/ISP berubah.

Oke, saya rasa itu saja penjelasan saya mengenai alamat domain saya yang baru ini. Semoga akan lebih memacu saya untuk lebih giat blogging lagi. Terima kasih bagi anda yang sudah mengunjungi blog saya dan telah membaca postingan saya. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.



emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Perkenalkan, domain baru blog saya dan anda bisa menemukan artikel Perkenalkan, domain baru blog saya ini dengan url http://www.nova13.com/2011/04/perkenalkan-domain-baru-blog-saya.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Perkenalkan, domain baru blog saya ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Perkenalkan, domain baru blog saya sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



13 Comments:

  1. waah comment pertama niie good luck ajaa laah :q:

    BalasHapus
  2. :a: klo saya domain dot net karena nama warnet dulunya... :l:

    BalasHapus
  3. @vyto: oke mas bro :m:
    @om cidtux: tapi domainnya sekarang masih eksis nih? (okok)

    BalasHapus
  4. manteb.. kapan kapan jajal.. nek uda banyak dolar :a:

    BalasHapus
  5. @Abi: okeh, di tunggu (morning)

    BalasHapus
  6. Mantap gan.. salam kenal dari blogger Ciamis...
    jika berkanan mari bertukar link+follow..
    ditunggu kabar baiknya.. ^_^

    BalasHapus
  7. @Deafile: :b: salam kenal juga gan.. thanks dah komen n mampir kesini
    link sudah saya pasang (okok)

    BalasHapus
  8. Halo mas Nova.. Lama gak kontak ternyata sudah berganti domain.. Selamat ya...

    BalasHapus
  9. @dHaNy: iya, makasih mas dani.. hehe :D:

    BalasHapus
  10. setuju gan domain sendiri peluangnya lebih besar bwt mencari uang di internet..

    salam kenal
    justin bieber

    BalasHapus
  11. Lam kenal gan. Saya udah nyimak. Makasih dapat pencerahan. Lain kali kunjungi blog saya ya untuk sekedar saran.

    BalasHapus
  12. terima kasih atas informasinya, ini sangat luar biasa
    dan ditunggu kehadirannya di http://alhamdulilah-halal.blogspot.com

    BalasHapus
  13. mantab infonya..kalo blog saya masih standar sampe skarang
    salam sukses...

    BalasHapus

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j:

PERHATIAN!
>> Yang berkomentar dengan Anonymous tidak akan saya tanggapi, usahakan memakai Name/URL. kalau tidak punya blog, bisa memakai URL profil Facebook, twitter, dll.
>> Gunakan anchor name pada Name/URL yang sewajarnya.

thanks.

Translates