Kamis, 28 April 2011

Sambutlah, versi Stabil Ubuntu 11.04 (Final)

ubuntu 11.04 natty narwhal
Saya akan memberikan kabar gembira, khususnya para Ubuntu geek nih. Hari ini, tepat tanggal 28 April 2011, setelah sebelumnya membagikan rilis versi alpha dan beta, akhirnya pihak Canonical selaku pengembang dan sponsor sistem operasi Ubuntu, sebuah OS aka sistem operasi yang populer, hari ini secara resmi telah merilis versi final / stabil Ubuntu 11.04 code name “Natty Narwhal“, yang membawa perubahan signifikan dibanding versi sebelumnya, baik dari segi penampilan, user interface, software, dan tentunya juga performance. Sistem Ubuntu 11.04 ditenagai menggunakan kernel terbaru versi Linux 2.6.38, ditambahkan dengan aplikasi serba baru seperti LibreOffice 3.3.2 dan Firefox 4, termasuk peningkatan terutama di Software Center.
ubuntu software center
Ubuntu Software Center

Dengan kernel versi terbaru, Ubuntu sekaligus telah diperkaya dengan fitur-fitur baru seperti sistem keamanan AppArmor, dukungan untuk Intel IPS (Intelligent Power Sharing), meniadakan Big Kernel Lock, dan peningkatan pada sistem berkas (file system) ke sistem Btrfs, Ext4, dan XFS.

Dengan fitur desktop shell Unity, global menu untuk semua applikasi, tampilan scrollbar baru, dan fungsi search (dash); Ubuntu 11.04 merupakan versi yang cukup menjanjikan dari segi ide.

Ada beberapa beberapa perbedaan tampilan dengan versi sebelumnya, Maverick. yaitu saat sudah pada desktop, menu pindah posisi ke sisi kiri layar. Itu bernama Launcher.  Fungsi ini sangat persis dengan Ubuntu 10.10 yang versi Netbook. Di Launcher, bisa di isi dengan shortcut aplikasi-aplikasi yang anda butuhkan, jadi tinggal klik saja di sini. Kemudian, jika anda akan menginstall Ubuntu, maka tampilannya sekali lagi akan berbeda, seperti gambar berikut:
install ubuntu 11.04

Ubuntu 11.04 hanya menggunakan satu panel desktop dengan Menu global untuk menampilkan applikasi. Mirip seperti fitur pada OS X. Pengguna perlu membiasakan diri untuk memakai fitur ini. Saat anda membuka applikasi, menu dari applikasi  secara default akan tersembunyi, dan baru akan muncul bila kita menggerakkan mouse kita ke panel menu applikasi tersebut. Akan membingungkan baik bagi pengguna pemula ataupun yang sudah akan terbiasa dengan Ubuntu. Tombol Maximized di layar applikasi akan ditampilkan di panel untuk menyederhanakan tampilan.

#Lalu, dimana Link untuk mendownload?
Silahkan download langsung dari situs resmi Ubuntu di http://www.ubuntu.com/
Atau, anda juga bisa mendownload dari repository lokal yang ada di Indonesia. Berikut ini beberapa situs yang menyediakannya (mungkin saat ini belum tersedia), jadi silahkan dilihat saja dulu.

Mirror Lokasi Download
kambing.ui.ac.id Depok Ubuntu
dl2.foss-id.web.id Jakarta Ubuntu
ftp.itb.ac.id Bandung Ubuntu
repo.ugm.ac.id Yogyakarta Ubuntu
ubuntu.pesat.net.id Jakarta Ubuntu
ubuntu.indika.net.id Jakarta Ubuntu
kavalinux.com Depok Ubuntu
buaya.klas.or.id Surabaya Ubuntu


Silahkan coba Ubuntu yang masih fresh ini.




emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Sambutlah, versi Stabil Ubuntu 11.04 (Final) dan anda bisa menemukan artikel Sambutlah, versi Stabil Ubuntu 11.04 (Final) ini dengan url http://www.nova13.com/2011/04/sambutlah-versi-stabil-ubuntu-1104.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Sambutlah, versi Stabil Ubuntu 11.04 (Final) ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Sambutlah, versi Stabil Ubuntu 11.04 (Final) sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



15 Comments:

  1. (okok) aku oleh download gak?

    BalasHapus
  2. shipit sekarang kejepit... (rofl)

    BalasHapus
  3. @cidtux: (taser) iya tuh.. shipit sekarang jadi phelit! dulu sempat pesen pas ubuntu Lucid (muhaha)

    BalasHapus
  4. nice info sob..jangan komen balik di blogku ya

    BalasHapus
  5. @Adrian: oke thanks ya.. (okok) itu maksudnya jangan lupa komen balik kan yang bener?? (aha)

    BalasHapus
  6. masih pake lucid. pake maverick gak cocok. ini malah udah ada natty :k:
    besok cobanya kalo ISOnya udah di download sama warnet sebelah... :d:

    BalasHapus
  7. @h1dr0X: :m: wow, lucid stabil karena itu LTS

    BalasHapus
  8. ane dah nyoba. makin ga support sama komputer tua ternyata :)).
    btw, nice info...

    BalasHapus
  9. @shadow: owh, gitu ya bro.. (aha) semakin baru versi ubuntu nya, makin tidak dukung sama kompie jadul nih, (tongue)

    BalasHapus
  10. @amin: dengan senang hati (okok)

    BalasHapus

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j:

PERHATIAN!
>> Yang berkomentar dengan Anonymous tidak akan saya tanggapi, usahakan memakai Name/URL. kalau tidak punya blog, bisa memakai URL profil Facebook, twitter, dll.
>> Gunakan anchor name pada Name/URL yang sewajarnya.

thanks.

Translates