Minggu, 01 Mei 2011

Tips aman menggunakan Facebook

facebook secure
Untuk mengisi waktu pada hari minggu ini yang kebetulan sudah 1 Mei di bulan baru, semoga anda juga tetap semangat untuk menjalani aktifitas. Oke, berhubung hari ini masih fresh, maka saya akan memberikan sedikit tips untuk anda yang maniak Facebook (Baca: Blokir dan Unblock orang di Facebook). Mungkin anda yang sudah mendengar atau sudah tahu bahwa situs jejaring sosial (Social Network) ini sudah rawan akan aksi pembobolan akun facebook.

Banyak juga yang sudah menjadi korban dari pencurian data-data facebook dan yang paling parah adalah akun facebook nya telah di Hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab, lalu akun tersebut di salah gunakan untuk tujuan tertentu. Itulah sedikit review nya. Namun disini saya tidak mengajari anda untuk belajar hacking, tapi memberikan tips saja. Anda tentu tidak ingin akun/account facebook anda di ambil alih orang lain, apalagi email serta password anda telah diganti. Nah, untuk itu perlu di lakukan beberapa pencegahan, yaitu dari pengaturan di facebook itu sendiri.

Yaitu dengan cara menambahkan alternatif pada url browser anda (apapun browser nya) untuk menjadi Secure. Contohnya, mulanya hanya http:// menjadi https://. Huruf S disini merupakan kependekan dari Secure atau aman. Disitu juga ada keterangan bahwa situs yang anda akses sekarang telah di proteksi/lindungi. Jadi anda tidak perlu was-was akan gangguan para perentas/cracker/hacker.

#Bagaimana cara setting nya?
Langkah pertama, Login terlebih dahulu ke account facebook anda, lalu pilih Pengaturan Akun, lihat seperti pada gambar berikut.
facebook account

Kemudian, lihat agak kebawah, klik tampilkan pada Keamanan Akun. akan ada beberapa opsi, maka silahkan di centang pada check box tersebut seperti gambar berikut, kemudian klik simpan.
facebook secure

Jika sudah, lihat pada address bar di browser anda, akan tampak berbeda dengan yang sebelumnya. Saat browsing di beranda facebook anda, maka akan tetap menggunakan https:// terus.

Saran saya, tidak hanya mengatur seperti itu, namun anda juga harus berhati-hati jika ingin login dengan akun facebook anda, tidak di sembarang tempat seperti di warnet. Jika sudah selesai, jangan lupa untuk me-Log out akun anda. Serta, ganti secara rutin password facebook anda, sekedar untuk berjaga-jaga.

Sekian postingan saya untuk hari ini, semoga bermanfaat..




emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Tips aman menggunakan Facebook dan anda bisa menemukan artikel Tips aman menggunakan Facebook ini dengan url http://www.nova13.com/2011/05/tips-aman-menggunakan-facebook.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Tips aman menggunakan Facebook ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Tips aman menggunakan Facebook sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



10 Comments:

  1. :pertamax nih kayaknya... xixixi...

    sy kemarin jg pernah ngalami (baca:diblokir). lebih tepatnya diblokir adik sendiri. hehe... tp untung aja sy bisa bobol (baca:hack) fbnya si adik ini. jd blokirnya sy cancel aja sob.

    nice posting nih. ajib dah...

    BalasHapus
  2. @priagoenks: (okok) wah, kok blokir-blokiran?? (devil)

    BalasHapus
  3. saya klo buka pesbuk.. dirumah saja.. ra wani klo diwarnet atau pakek hot sepot... xixixixiix.... dan alhamdulillah adik saya masih SD kelas 1... gak ngerti pesbuk2an.. bwahahahahah...

    BalasHapus
  4. pengen nyoba dulu ah, abis dah dua kali nih kena hack...???
    thanks yah^_^

    jgn lupa mampir k4 ane sob
    http://allfilecollection.blogspot.com/
    ^_^

    BalasHapus
  5. Info yang menarik, gan. Saya baru tahu bahwa ada pengaturan link address dengan penambahan “S” pada “http://” di facebook.
    Sekedar nambahin, gan. Hati-hati juga dengan yang namanya fake login. Perhatikan alamat facebook di address bar browser, jika alamatnya bukan alamat facebook (http://www.facebook.com) jangan coba-coba memasukkan username dan password. :d:

    BalasHapus
  6. @cidtux: ya kalo ada koneksi dirumah (okok)

    BalasHapus
  7. @OB: sip deh :b: makasih udah nambahin info nya :n:

    BalasHapus
  8. @All Collection File: silahkan di coba gan, semoga berhasil (okok)

    BalasHapus
  9. @cidtux: dirumah idealnya, tapi tergantung ada tidak koneksinya (okok)
    @All Collection File: wew, sudah sering buat akun fb baru yak? (aha)
    @OB: oya, makasih gan tambahan infonya.. :N:

    BalasHapus
  10. wah banyak cara hacker masuk ke account fb orang salah satu dengan nempelin email ke account fb target :S Hati hati ya... kl bisa sih di hidden aja emailnya.

    BalasHapus

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j:

PERHATIAN!
>> Yang berkomentar dengan Anonymous tidak akan saya tanggapi, usahakan memakai Name/URL. kalau tidak punya blog, bisa memakai URL profil Facebook, twitter, dll.
>> Gunakan anchor name pada Name/URL yang sewajarnya.

thanks.

Translates