Jumat, 17 Juni 2011

Cara merubah Favicon pada Blogger

favicon on chrome
Kembali saya berikan postingan tentang tutorial Blogger lagi. Sebelumnya, apakah anda mempunyai sebuah logo/gambar yang menarik kemudian ingin sekali memasang nya di blog anda. Tentu saja berupa icon yang ukurannya cukup kecil. Anda bisa menaruh gambar icon tersebut berupa Favicon blog. Favicon pada blogger jika tidak di modif maka secara default akan memakai Favicon milik Blogger. Favicon bisa mewakili gambaran dari blog anda sendiri, maka pilihlah yang cocok dengan tema blog anda, bisa logo blog anda, atau sekedar Inisial dari nama blog anda. Oya, sebelumnya bagi anda yang belum begitu paham maksud dari Favicon itu sendiri, anda bisa membaca penjelasan secara lengkap dari pengertian Favicon (gambar kecil yang ditampilkan di dekat url situs atau di tab browser). Sebenarnya sudah banyak sekali yang mengulas tentang bagaimana membuat favicon, namun saya membahas sebuah fitur baru yang di luncurkan oleh Blogger. Baru saja Blogger in Draft mengumumkan bahwa anda pengguna blogger sekarang dapat menambahkan sendiri Favicon ke dalam blog.

Anda dapat menambahkan Favicon dengan mudah, pastikan anda sekarang mengunjungi situs blogger di draft.blogger.com, sebab jika di blogger biasa belum ada fitur itu. Silahkan pilih Design lalu Page Elements. Kemudian anda akan melihat Favicon default di atas navbar, untuk mengubahnya, klik Edit.

Sebuah window(jendela) baru akan terbuka dimana anda bisa memilih gambar dari hard disk untuk menggantikan gambar default favicon. Sayangnya, fitur ini masih mendukung file berekstensi *.ico saja, tetapi anda dengan mudah mengonvert dari file semisal JPEG, JPG, PNG dengan conversion tool online, seperti icoconverter.com


jika anda sudah mempunyai file .ico tadi untuk favicon anda, adan bisa browse dan pilih file.ico, kemudian click SAVE. Secara otomatis akan di resize lalu pada Page Elements akan diupdate dengan gambar Favicon pilihan anda.

Jangan lupa untuk klik tombol Save di sebelah kanan. Apabila berhasil, maka favicon anda akan muncul di browser window atau pada tab.

Menurut keterangan dari Blogger, mereka akan menambahkan dukungan untuk format gambar non-ico pada suatu saat nanti.

Jika anda mengalami masalah semisal favicon anda tadi kenapa tidak muncul, anda bisa menyalin kode HTML berikut kemudian anda paste-kan ke Edit HTML, setelah kode </title>

<link href='http://nova13.com/src/logo.jpg' rel='icon' type='image/x-icon'/>


Silahkan ganti kode berwarna biru dengan url gambar favorit anda sendiri.

Sekian, semoga bermanfaat.



emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Cara merubah Favicon pada Blogger dan anda bisa menemukan artikel Cara merubah Favicon pada Blogger ini dengan url http://www.nova13.com/2011/06/cara-merubah-favicon-pada-blogger.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara merubah Favicon pada Blogger ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Cara merubah Favicon pada Blogger sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



19 Comments:

  1. wew ternyata simple gini yak... :e:

    BalasHapus
  2. @cidtux:i: ho'oh om.. untuk bisa gunain itu, harus di draft.blogger.com lho :j:

    BalasHapus
  3. Wah makih keren deh blogspot :D
    Tapi blog saya pake favicon nya masih yang cara manual :D
    :d:

    BalasHapus
  4. @iam: (unsure)btw anda pake apakah? Wp??

    BalasHapus
  5. masih bingung mo dikasi favicon apa, ini favicon ku gonta ganti sendiri, bingung aku...

    BalasHapus
  6. @Suke: waw, canggih donk, bisa ganti2 sendiri?? :P

    BalasHapus
  7. gimana caranya biar faviconnya ganti2 sendiri kayak punya suke ???

    BalasHapus
  8. @edy s: kalo pengen tau, silakan tanya yg bersangkutan aja (haha) :P

    BalasHapus
  9. mampir kesini and +1...mugnkin karena sudah terbiasa dengan nambahin code, jadi fitur baru ini serasa hambar. Tapi sangat bagus untuk personalisasi blog bagi temen2 yang gak mau pusing dengan html yang kayak kawat berduri itu...hahaha, Nice tips and happy blogging Sob

    BalasHapus
  10. Sudah dipraktekkan mas...
    Oh ya mas..mengingatkan link mas sudah ada di side bar blog saya...kalau berkenan mohon juga link saya di pasang sini mas..
    Makasih

    BalasHapus
  11. wah, tutor yang sngat berguna nih, kumplit pisan euy. thanks ya bos.

    BalasHapus
  12. punyaku gara2 sering ganti template jadinya faviconnya ilang2 mulu, kadang tiap ganti template faviconnya berubah2 sendiri, wkwkkwkwk

    BalasHapus
  13. Makasih atas tutor nya yaaahh....!!! :d:

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih sipdah punyaku tak ganti gambar semut aja biar bisa nggeremet

      Hapus
  14. jangan lupa berkunjung ke blog ane gan http://korean-fc.blogspot.com/

    BalasHapus
  15. mantap gan, terima kasih banget ya atas ilmunya gan..

    BalasHapus

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j:

PERHATIAN!
>> Yang berkomentar dengan Anonymous tidak akan saya tanggapi, usahakan memakai Name/URL. kalau tidak punya blog, bisa memakai URL profil Facebook, twitter, dll.
>> Gunakan anchor name pada Name/URL yang sewajarnya.

thanks.

Translates