Jumat, 17 Juni 2011

Cara merubah Favicon pada Blogger

favicon on chrome
Kembali saya berikan postingan tentang tutorial Blogger lagi. Sebelumnya, apakah anda mempunyai sebuah logo/gambar yang menarik kemudian ingin sekali memasang nya di blog anda. Tentu saja berupa icon yang ukurannya cukup kecil. Anda bisa menaruh gambar icon tersebut berupa Favicon blog. Favicon pada blogger jika tidak di modif maka secara default akan memakai Favicon milik Blogger. Favicon bisa mewakili gambaran dari blog anda sendiri, maka pilihlah yang cocok dengan tema blog anda, bisa logo blog anda, atau sekedar Inisial dari nama blog anda. Oya, sebelumnya bagi anda yang belum begitu paham maksud dari Favicon itu sendiri, anda bisa membaca penjelasan secara lengkap dari pengertian Favicon (gambar kecil yang ditampilkan di dekat url situs atau di tab browser). Sebenarnya sudah banyak sekali yang mengulas tentang bagaimana membuat favicon, namun saya membahas sebuah fitur baru yang di luncurkan oleh Blogger. Baru saja Blogger in Draft mengumumkan bahwa anda pengguna blogger sekarang dapat menambahkan sendiri Favicon ke dalam blog.

Anda dapat menambahkan Favicon dengan mudah, pastikan anda sekarang mengunjungi situs blogger di draft.blogger.com, sebab jika di blogger biasa belum ada fitur itu. Silahkan pilih Design lalu Page Elements. Kemudian anda akan melihat Favicon default di atas navbar, untuk mengubahnya, klik Edit.

Sebuah window(jendela) baru akan terbuka dimana anda bisa memilih gambar dari hard disk untuk menggantikan gambar default favicon. Sayangnya, fitur ini masih mendukung file berekstensi *.ico saja, tetapi anda dengan mudah mengonvert dari file semisal JPEG, JPG, PNG dengan conversion tool online, seperti icoconverter.com


jika anda sudah mempunyai file .ico tadi untuk favicon anda, adan bisa browse dan pilih file.ico, kemudian click SAVE. Secara otomatis akan di resize lalu pada Page Elements akan diupdate dengan gambar Favicon pilihan anda.

Jangan lupa untuk klik tombol Save di sebelah kanan. Apabila berhasil, maka favicon anda akan muncul di browser window atau pada tab.

Menurut keterangan dari Blogger, mereka akan menambahkan dukungan untuk format gambar non-ico pada suatu saat nanti.

Jika anda mengalami masalah semisal favicon anda tadi kenapa tidak muncul, anda bisa menyalin kode HTML berikut kemudian anda paste-kan ke Edit HTML, setelah kode </title>

<link href='http://nova13.com/src/logo.jpg' rel='icon' type='image/x-icon'/>


Silahkan ganti kode berwarna biru dengan url gambar favorit anda sendiri.

Sekian, semoga bermanfaat.



emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Cara merubah Favicon pada Blogger dan anda bisa menemukan artikel Cara merubah Favicon pada Blogger ini dengan url http://www.nova13.com/2011/06/cara-merubah-favicon-pada-blogger.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara merubah Favicon pada Blogger ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Cara merubah Favicon pada Blogger sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



Translates