Minggu, 12 Juni 2011

Preview: LibreOffice 3.4.0 Final

libre office
Saya bahas tentang Free Software pada posting kali ini. Yaitu LibreOffice, sebuah software mirip dengan Office-nya dari Microsoft, ada beberapa paket meliputi writer(word), presentation(power point), excell(spreadsheet). LibreOffice juga saingan dari OpenOffice yang lebih dulu ada. Namanya juga Open Source Software, jadi bisa di Install diberbagai Sistem Operasi. LibreOffice sudah terdapat pada Sistem Operasi Ubuntu 11.04 Natty Narwhal, namun pada Ubuntu versi sebelumnya yaitu Ubuntu 10.10 Maverick Meerkat dan juga Ubuntu 10.04 Lucid Lynx masih menggunakan OpenOffice. Kini LibreOffice merilis versi terbarunya 3.4.0 melanjutkan versi sebelumnya 3.3.0 yang diklaim lebih cepat.

Yayasan Document Foundation merilis Libreoffice 3.4.0 untuk Windows, Linux dan Mac OS. Versi serba baru ini membawa serangkaian perbaikan, fungsi baru dan banyak optimalisasi sehingga dapat menjadi suit office yang lebih tangguh dan lebih cepat dari pada versi sebelumnya.

Dapur pacu rendering di Writer 3.4.0 untuk fon-fon (fonts) Graphite telah dibangun ulang dengan kode pemrograman total baru. Dengan demikian dihasilkan kinerja yang lebih baik dalam bentuk peningkatan kecepatan signifikan, diklaim sepuluh kali lipat lebih cepat dan sekaligus lebih stabil dari versi sebelumnya yang masih menggunakan kode berasal dari OpenOffice. Kecuali itu, versi baru ini telah mendukung pewarnaan pada garis pemisah untuk kolom dan catatan kaki, disamping telah meningkatkan kompatibilitas terhadap standar terbuka ODF. Juga drop bayangan telah disediakan untuk menonjolkan halaman Writer dengan pewarnaan yang dapat dikonfigurasi.

Banyak pembaruan diberikan pada spreadsheet Calc, yang juga telah meningkatkan kompatibilitasnya terhadap software padanan Microsoft Excel. Autofilter dan penentuan area kini bisa diaktifkan untuk setiap lembaran Calc. Sebelumnya, hal itu hanya bisa diterapkan per dokumen. Obyek Draw sekarang bisa diposisikan lebih presisi dan pengelolaan referensi eksternal juga telah ditingkatkan seraya membebaskan sejumlah kekliruan. Sebuah tabel kini boleh memiliki banyak subtotal. Tabel-tabel Pivot (sebelumnya: Datapilot) untuk memroses, mengkombinasikan dan membandingkan data skala besar, sekarang mendukung field tak terbatas dan bisa sampai dengan sepuluh kolom (sebelumnya 8 kolom).

Perbaikan untuk Impress terutama pada peningkatan HTML-Export dengan penampilan geleri preview di halaman awal. Kesalahan pada AutoCorrect saat penulisan http kini telah diperbaiki. Panel pencari kini dimunculkan bila diperlukan seperti umumnya pada browser moderen.

Dibandingkan edisi untuk platform lainnya, Libreoffice untuk platform Linux diklaim sekarang memulai (start) lebih cepat dengan rendering teks lebih baik. Secara keseluruhan suit office ini membutuhkan memori kerja lebih sedikit dan telah memangkas kode pemrogramannya dengan merampingkannya lebih dari 5.000 baris kode. Ribuan baris komentar pada kode sumbernya yang tadinya menggunakan bahasa Jerman telah diterjemahkan ke bahasa Inggris dengan harapan lebih banyak pengembang relawan dapat berpartisipasi pada pengembangan atau pemanfaatan kode LibreOffice.

Seperti pada versi-versi sebelumnya, Libreoffice 3.4.0 tersedia untuk platform Windows, Linux dan Mac OS (PPC dan Intel). Kendati versi ini disebutkan sebagai final, namun karena mengandung banyak fitur baru maka Document Foundation memberlakukannya untuk "early adopters" dan menyarankan belum digunakan untuk sistem produktif. Untuk itu pengguna perusahan dipersilakan tetap menggunakan versi Libreoffice 3.3.2 yang masih akan terus dikembangkan. Jadwal rilis seterusnya dipatok akhir Agustus untuk Libreoffice 3.3.3 dan Libreoffice 3.5 rencananya di bulan Februari 2012.

sumber (http://gudanglinux.com)



emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Preview: LibreOffice 3.4.0 Final dan anda bisa menemukan artikel Preview: LibreOffice 3.4.0 Final ini dengan url http://www.nova13.com/2011/06/preview-libreoffice-340-final.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Preview: LibreOffice 3.4.0 Final ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Preview: LibreOffice 3.4.0 Final sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



Translates