Minggu, 17 Juli 2011

Cara memasang gadget Google Translate di blog

Google Translate logo
Akhirnya bisa ngeblog lagi (maksudnya untuk posting baru), walau bisa tiap hari buka blog saya sendiri :D. Masih berhubungan dengan Google, salah satu layanan dari Google untuk menterjemahkan berbagai bahasa yaitu Google Translate. Memang tutorial saya ini sudah banyak dibahas oleh para blogger senior diluar sana, namun saya berniat untuk membagi tutorial ini untuk blogger pemula yang sedang membutuhkan. Fitur Translate pada sebuah blog bisa dibilang cukup penting, kenapa, karena misalkan blog anda berbahasa Indonesia, tentu yang mengunjungi tidak hanya dari Indonesia saja bukan? (baca: Meningkatkan trafik visitor). Dengan memasang gadget Google Translate ini, maka visitor yang berasal dari negara lain dengan mudah menterjemahkan bahasa blog anda ke bahasa yang dimengerti oleh mereka para pengunjung negara lain.
Saya langsung saja ke Cara memasang gadget Google Translate di blog
  • Pastikan anda sudah login ke account Blogger
  • Anda akan disuguhkan berbagai step-step. Step 1 lewati saja, Step 2 pilihlah di Detect language saja karena akan mendeteksi bahasa yang anda gunakan di blog secara otomatis.

gadget Google Translate di blog
  • Kemudian ini yang penting, Step 3. Pada Translation languages pilih All languages, untuk menampilkan semua bahasa yang didukung oleh Google Translate. Lanjut dibawahnya yaitu Display mode ada terdapat tiga opsi Inline, Tabbed, dan Automatic. Berikut penjelasannya:
    1. Inline: pilihan untuk memilih bahasa secara dropdown/menurun jika diklik. Anda bisa memilih posisinya secara Vertical, Horizontal, atau Dropdown only (yang terakhir ini saya pakai).
    2. Tabbed: Opsi ini anda pilih apabila anda ingin menghemat tempat di blog Anda, karena gadget Google Translate ini akan tampak terus di berbagai posisi di area blog. Anda bisa memilih posisi pojok kanan/kiri bawah atau pojok kanan/kiri atas.
    3. Automatic: Jika anda memilih ini, gadget Google Translate secara otomatis akan muncul dibagian atas untuk menawarkan kepada pengunjung blog anda untuk segera menerjemahkan bahasa.
  • Jika sudah memilih pilihan anda diatas, pada Step 4 silahkan copy kode dan paste ke gadget HTML/JavaScript di tata letak Blogger anda. atau lebih simpel di kanan atas kotak kode ada tombol Add to Blogger, kemudian simpan gadget blog anda.

Saya rasa cukup untuk tutorial mengenai Cara memasang gadget Google Translate di blog kali ini, selamat mencoba dan semoga berguna.



emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Cara memasang gadget Google Translate di blog dan anda bisa menemukan artikel Cara memasang gadget Google Translate di blog ini dengan url http://www.nova13.com/2011/07/cara-memasang-gadget-google-translate.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara memasang gadget Google Translate di blog ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Cara memasang gadget Google Translate di blog sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



31 Comments:

  1. dulu bingung karna udah pasang tp yg visitor dari Indonesia doang. jd dicopot. tp bagi blogger yg pengen masang info ini sangat bermanfaat. salut buat sobat.

    BalasHapus
  2. @priagoenks: betul sob.. :D mari saling berbagi

    BalasHapus
  3. memang bermanfaat gan kalo ada translatenya kalo pengunjung dari beda negara

    BalasHapus
  4. (okok) betul gan, kalo ada bule kesasar kesini, kan kagak ngerti b.indo?

    BalasHapus
  5. kl ada bule langsung ngasih iklan paling. wwkwkwk

    BalasHapus
  6. mas kloo script untuk pasang code translate yang mudah dan simple gmn ya

    BalasHapus
  7. @Alan: (troll)
    @Pesta ulang tahun: silahkan salin code translate dari sini http://paste.plurk.com/show/575331

    BalasHapus
  8. thanks utk tips nya. sudah dicoba..terima kasih banyak. silahkan mampir ke blog saya www.amazingholiday.blogspot.com atau di www.amazingtwintulip.blogspot.com

    BalasHapus
  9. Terima kasih infonya...:a:

    BalasHapus
  10. makasih yah infonya, ok banget...
    follow blog ak yh d www.blackcuco.blogspot.com

    BalasHapus
  11. cara nya gmna sich memasang translate ke blog??

    BalasHapus
  12. Terima kasih panduannya kami telah mencobanya dan berhasil..... sekali lagi terimakasih....
    hasilnya bisa dilihat di blog saya http://buatadikku.blogspot.com/

    BalasHapus
  13. Matur nuwun (terima kasih) infonya, sangat membantu. :) salam kenal dari saya

    BalasHapus
  14. kok linknya gak bisa kbuka ya...

    BalasHapus
  15. @wiowashop: eits, link yang mana om?? (aha) kata siapa gak bisa kbuka?? :P bisa2 aja tuh? (tongue) cek dulu koneksi internet situ

    BalasHapus
  16. mampir yuk
    http://yuga09.blogspot.com/

    BalasHapus
  17. thx infonya
    visit my blog juga ia
    http://yogzrinanda.blogspot.com/

    BalasHapus
  18. hebat ya penjelasannya detail banget

    BalasHapus
  19. nice post ;-)please visit me back, thanks

    BalasHapus
  20. saran yang bermanfaat sob http://www.kisikisibola.com

    BalasHapus
  21. Makasih banget info blognya mas... sukses slalu.

    BalasHapus

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j:

PERHATIAN!
>> Yang berkomentar dengan Anonymous tidak akan saya tanggapi, usahakan memakai Name/URL. kalau tidak punya blog, bisa memakai URL profil Facebook, twitter, dll.
>> Gunakan anchor name pada Name/URL yang sewajarnya.

thanks.

Translates