Minggu, 17 Juli 2011

Cara memasang gadget Google Translate di blog

Google Translate logo
Akhirnya bisa ngeblog lagi (maksudnya untuk posting baru), walau bisa tiap hari buka blog saya sendiri :D. Masih berhubungan dengan Google, salah satu layanan dari Google untuk menterjemahkan berbagai bahasa yaitu Google Translate. Memang tutorial saya ini sudah banyak dibahas oleh para blogger senior diluar sana, namun saya berniat untuk membagi tutorial ini untuk blogger pemula yang sedang membutuhkan. Fitur Translate pada sebuah blog bisa dibilang cukup penting, kenapa, karena misalkan blog anda berbahasa Indonesia, tentu yang mengunjungi tidak hanya dari Indonesia saja bukan? (baca: Meningkatkan trafik visitor). Dengan memasang gadget Google Translate ini, maka visitor yang berasal dari negara lain dengan mudah menterjemahkan bahasa blog anda ke bahasa yang dimengerti oleh mereka para pengunjung negara lain.
Saya langsung saja ke Cara memasang gadget Google Translate di blog
  • Pastikan anda sudah login ke account Blogger
  • Anda akan disuguhkan berbagai step-step. Step 1 lewati saja, Step 2 pilihlah di Detect language saja karena akan mendeteksi bahasa yang anda gunakan di blog secara otomatis.

gadget Google Translate di blog
  • Kemudian ini yang penting, Step 3. Pada Translation languages pilih All languages, untuk menampilkan semua bahasa yang didukung oleh Google Translate. Lanjut dibawahnya yaitu Display mode ada terdapat tiga opsi Inline, Tabbed, dan Automatic. Berikut penjelasannya:
    1. Inline: pilihan untuk memilih bahasa secara dropdown/menurun jika diklik. Anda bisa memilih posisinya secara Vertical, Horizontal, atau Dropdown only (yang terakhir ini saya pakai).
    2. Tabbed: Opsi ini anda pilih apabila anda ingin menghemat tempat di blog Anda, karena gadget Google Translate ini akan tampak terus di berbagai posisi di area blog. Anda bisa memilih posisi pojok kanan/kiri bawah atau pojok kanan/kiri atas.
    3. Automatic: Jika anda memilih ini, gadget Google Translate secara otomatis akan muncul dibagian atas untuk menawarkan kepada pengunjung blog anda untuk segera menerjemahkan bahasa.
  • Jika sudah memilih pilihan anda diatas, pada Step 4 silahkan copy kode dan paste ke gadget HTML/JavaScript di tata letak Blogger anda. atau lebih simpel di kanan atas kotak kode ada tombol Add to Blogger, kemudian simpan gadget blog anda.

Saya rasa cukup untuk tutorial mengenai Cara memasang gadget Google Translate di blog kali ini, selamat mencoba dan semoga berguna.



emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Cara memasang gadget Google Translate di blog dan anda bisa menemukan artikel Cara memasang gadget Google Translate di blog ini dengan url http://www.nova13.com/2011/07/cara-memasang-gadget-google-translate.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara memasang gadget Google Translate di blog ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Cara memasang gadget Google Translate di blog sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



Translates