Jumat, 05 Agustus 2011

Cara menjalankan emulator Android di PC

Android Developers
Semula saya hanya iseng untuk mencoba menjalankan Sistem Operasi berbasis mobile yaitu Android di laptop saya. Karena saya belum memiliki smartphone ber-OS Android, itu tidak menjadi kendala bagi saya untuk bisa menggunakan si robot ijo ini, siapa tau besok-besok akan memilikinya juga :D. tutorial dari saya kali ini sangat ditujukan bagi anda yang juga belum mempunyai Android (seperti saya) dan ingin menjalankannya di PC atau laptop milik anda. Lalu, apakah bisa? Jawabannya bisa saja. Dari pihak Android sana (developer) dari Google memberikan kemudahan dengan software bantuan berupa emulator Android yang bernama SDK (Software Development Kit) yaitu perangkat emulator android yang sebenarnya ditujukan bagi orang yang ingin membuat/mengembangkan aplikasi Android.
 
Ada syarat-syaratnya sebelum anda beraksi dengan si robot ijo:
1. Pastikan Sistem Operasi anda adalah Linux
Anda bisa menggunakan distro-distro Linux semacam Ubuntu, PCLinuxOS, dll. Karena apa? Saya mengharapkan anda mau belajar mengenai dunia Open Source terutama Linux. Sebenarnya pake window$ pun bisa. :P
2. Pastikan juga koneksi internet anda mendukung
sebab nanti akan sering mendownload beberapa paket-paket software yang mendukung percobaan ini.
3. install paket utama dari Android yaitu OpenJDK 6
cara menginstallnya, buka repository distro Linux anda, misal di Ubuntu, klik Applications > Ubuntu Software Center, kemudian pada search bar ketika openjdk dan install. OpenJDK itu salah satu produk dari bahasa pemrograman Java karena aplikasi Android itu menggunakan Java juga.

Langsung saja berikut step by step:
1. Silahkan  download Android SDK disini (versi Linux), Kemudian ekstrak Android SDK tersebut. 

Atau anda ingin yang versi windows, download Android SDK disini
2. Buka folder hasil ekstrakan kemudian buka folder tools dan jalankan file yang bernama android (klik run).

sdk android
 
3. Klik Available Packages, kemudian klik pada Android repository, tunggu hingga menampilkan daftar paket yang tersedia dan jika terjadi pesan error karena koneksi maka beri tanda centang pada tab Settings > Force https:// .
4. Setelah daftar repository sudah didapatkan, kemudian pilih salah satu versi SDK Android yang anda inginkan. Nanti mungkin akan berpengaruh dengan tampilan device emulatornya. Kalau saya menggunakan yang SDK Platform Android 1.5, API 3, revision 4 karena versi itu yang paling kecil ukurannya, kira-kira 50MB. Pastikan koneksi Internet anda mendukung lalu silahkan tunggu sampai proses download selesai.

android sdk
 
5. Jika paket sudah selesai di download, buka Virtual devices > New
Masukan nama dari virtual device yang akan dibuat, pada bagian Target tentukan versi android yang sudah didownload, untuk SD Card tidak perlu diisi, pada bagian Hardware tentukan fitur dari device virtual yang akan dibuat (atau abaikan saja). kemudian klik Create AVD.
6. Maka akan muncul nama Virtual device anda tadi, sekarang tinggal anda jalankan dengan menekan tombol Start, lalu klik Launch.
7. Done. Proses booting sang Android pun berjalan. Mungkin akan sedikit lama karena ini tergantung juga spesifikasi dari RAM & Processor PC/Laptop milik anda.


android emulator
Sekarang anda sudah siap mencoba Android meski belum memiliki gadget Smartphonenya. Selamat mencoba dan silahkan explorasi sendiri.



emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Cara menjalankan emulator Android di PC dan anda bisa menemukan artikel Cara menjalankan emulator Android di PC ini dengan url http://www.nova13.com/2011/08/cara-menjalankan-emulator-android-di-pc.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara menjalankan emulator Android di PC ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Cara menjalankan emulator Android di PC sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



13 Comments:

  1. widih penemuanya bagus banget sob,... :e:

    BalasHapus
  2. (okok) yabegitulah.. (code)

    BalasHapus
  3. yah sayang, ane kgk pake Linux gan, request dong emulator browser bolt buat di Windows :b

    thx gan infonya

    BalasHapus
  4. @Oketrik: kan ane dipostingan dah bilang kalo gk cm bisa di Linux aja :j: bolt? tebal?

    BalasHapus
  5. ternyata ada emulatornya gan android

    BalasHapus
  6. Iya nih gan, request yang untuk windows 7 dong :)

    BalasHapus
  7. @rusdin: anda tinggal download saja yg versi untuk windu$ *.exe di http://developer.android.com/sdk/index.html

    BalasHapus
  8. rumit sekali gan , windowss XP kaga bisa ya ?

    BalasHapus
  9. mantappp..
    gak rudi dahh mampir bwt baca

    BalasHapus

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j:

PERHATIAN!
>> Yang berkomentar dengan Anonymous tidak akan saya tanggapi, usahakan memakai Name/URL. kalau tidak punya blog, bisa memakai URL profil Facebook, twitter, dll.
>> Gunakan anchor name pada Name/URL yang sewajarnya, jangan terlalu mengejar backlink keyword. Lebih baik memakai nama asli.
BAGI YANG NEKAT MEMAKAI NAMA OBAT-OBATAN, DILARANG KERAS! MAAF! DISINI BUKAN APOTEK!!!

thanks.

Translates