Senin, 12 September 2011

Cara deteksi CopyPaste (COPAS) dari Blog kita

copy paste copas blog
Kembali saya hadir untuk memberikan update terbaru di blog saya ini sekaligus memberikan sedikit tutorial bagi anda. Sebelumnya saya dulu pernah membahas mengenai plagiat sebuah blog yang mana jika ada seseorang yang mengcopy paste alias copas salah satu atau beberapa artikel kita tanpa disertai sumber artikel tersebut dan juga tanpa seizin kita sebagai pemilik resmi artikel tersebut. Anda bisa baca postingan saya mengenai plagiat yang berjudul Wah! Postingan saya di Plagiat, Cara membuat peringatan Hak Cipta Postingan Blog, Cara memasang Script Anti Klik-Kanan, dan Cara Anti Klik Kanan pada Blog (Tanpa Script). Di postingan saya tersebut, saya memberikan berbagai upaya untuk mengatasi aksi copas oleh orang lain yang setidaknya meminimalkan tindakan plagiat. Dan sekarang akan saya berikan cara untuk anda yang sudah mewanti-wanti blog anda namun tidak tau apakah blog anda benar-benar tidak ada yang mencuri artikel anda atau tidak. Ada setidaknya 3 cara yang bisa anda coba dan berikut cara-caranya:
  1. Deteksi indikasi copas dengan memeriksa url postingan blog anda di CopyScape.com CopyScape adalah situs untuk memberikan layanan pengecekan duplikat konten. Caranya mudah sekali, silahkan kunjungi situsnya di copyscape.com kemudian paste url postingan anda yang ingin anda cara blog lain yang juga mendupliat blog anda, lalu tekan Go.
  2. Melakukan pengecekan dengan bantuan Search Engine seperti Google dengan cara search judul postingan artikel yang anda punya.
  3. Anda bisa memanfaatkan Google Webmaster Tools, pada menu Your Site on the web >> Links to your site, apabila artikel blog anda yang di copy tadi menyertakan sumber di artikel posting mereka, maka otomatis akan ditampilkan di menu Google Webmasters tersebut.
Mungkin itu 3 cara yang saya tau untuk mengetahui apakah artikel kita telah di copas orang lain atau tidak, namun sebetulnya masih ada cara lain, tapi dengan ketiga cara tersebut sudah cukup. Bagi anda yang sangat mementingkan keaslian artikel anda sendiri dan tidak ingin artikel anda di curi tanpa izin orang lain, maka anda mesti mencoba. Berbeda bagi anda yang tidak mempermasalahkan dengan aksi copas, maka tidak diwajibkan mengikuti cara diatas sebab anda mungkin mempunyai pendapat apabila tidak ada copy paste, maka ilmu yang ada tidak akan menyebar. Semua tergantung dari anda sendiri.


Dukung saya di Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik & Informasi Kredit Terbaik di Indonesia


emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Cara deteksi CopyPaste (COPAS) dari Blog kita dan anda bisa menemukan artikel Cara deteksi CopyPaste (COPAS) dari Blog kita ini dengan url http://www.nova13.com/2011/09/cara-deteksi-copypaste-copas-dari-blog.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara deteksi CopyPaste (COPAS) dari Blog kita ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Cara deteksi CopyPaste (COPAS) dari Blog kita sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



Translates