Selasa, 03 Januari 2012

Cara menampilkan Author Blog di Google

authorship blog
Postingan pertama saya di tahun baru ini, saya memilih di tanggal tiga saja. Kembali lagi membahas mengenai blog tepatnya berkaitan dengan tutorial blog, sebelumnya saya belum pernah tau sama sekali mengenai hal ini, yaitu Authorship sebuah blog yang berhubungan dengan Search Engine seperti Google. Saya ucapkan terima kasih kepada mbak rina-as telah membagi ilmunya, kemudian saya terinspirasi untuk memposting hal yang sama, mungkin ada sobat blogger yang belum tau. Oke, kembali ke topik postingan ini. Pada search engine Google, anda sebagai author blog akan diberi kesepatan untuk muncul dalam hasil SERPnya. Bila suatu blog memiliki seorang author yang dikenal baik oleh Google maka nilai posting yang ditulis dalam blog tersebut akan menjadi baik dan berkredibilitas sehingga postingan tersebut akan memiliki peluang memperoleh posisi yang bagus di halaman pencarian Google. Dalam hal SEO memperoleh kepercayaan Google sebagai seorang author sangatlah penting apalagi saat ini Google telah memakai algoritma Google Panda, tentunya Google hanya ingin mendapatkan hasil SERP yang baik melalui penulis-penulis yang dia percayai. Untuk itu, anda perlu mengusahakannya supaya anda dikenal Google sebagai author blog yang kompeten. Satu-satunya cara untuk mewujudkannya ialah dengan memunculkan nama anda di authorship content pada halaman pencarian Google search.

Berikut langkah-langkah yang bisa anda tempuh supaya nama anda muncul sebagai authorship content di Google search:

A. Edit Profile Google+
1. Buka profile di Google+, bila anda belum memiliki profile Google+ silahkan membuat akun baru di alamat https://plus.google.com/
2. Edit profile Google+ anda, jangan lupa untuk mengisi hal yang penting seperti
- Kontributor untuk
Pada bagian ini, silahkan klik link Tambahkan tautan ubahsesuai, isi url blog anda kemudian pilih opsi siapa saja yang dapat melihatnya misal Hanya anda, berarti yang dapat melihat link tersebut hanya anda saja saat sign in di akun Google+. Setelah itu baru klik tombol Simpan.
Cara menampilkan Author Blog di Google
- Rumah / kantor
Anda dapat memilih salah satu opsi atau kesemua opsi rumah dan kantor untuk di isi dengan email anda. Pertama pilih email dan masukkan nama email kemudian pada lingkaran anda, anda dapat memilih siapa saja yang dapat melihat email anda dan saran yang terbaik untuk anda sebaiknya email tersebut hanya dapat dilihat untuk anda saja agar tidak ada seseorang yang tidak bertanggungjawab memanfaatkannya untuk hal negative. Setelah itu klik Simpan.
Cara menampilkan Author Blog di Google
3. Bila pengeditan seluruh data diri anda telah selesai klik link Pengeditan Selesai.
4. Langkah ke-4, klik link verifikasi.
Cara menampilkan Author Blog di Google
5. Kemudian masuk ke akun email anda untuk melihat email verifikasi yang dikirim, buka pesan baru di inbox, kemudian klik link yang tersedia untuk verifikasi email.
6. Bila telah berhasil akan muncul halaman pemberitahuan bahwa email anda sudah terverifikasi dengan akun Google+ anda, bila di buka lagi info G+ anda, maka akan ada tanda check.

B. Tambahkan link author dalam blog
Ada dua cara untuk menambahkan link author di blog anda, pilih salah satunya :
1. Google Profile
Anda kunjungi link disini untuk mendapatkan code dari google profile anda. Kemudian pada bagian Enter URL Profile, silahkan anda isi url profile Google selanjutnya pilih ukuran gambar dan terakhir copy kode tersebut dan paste di dalam blog anda. Taruh di tempat mana saja yang anda sukai.
Cara menampilkan Author Blog di Google
2. Memasang link author
Alternatif lain adalah dengan memasang link author ke dalam blog anda.
Kode :
<a href="http://www.blogger.com/[url_Google+]?rel=author">Nama Author</a>
Pada bagian href, silahkan isi url profile Google+ anda dan untuk anchor text silahkan isi dengan nama anda. Perlu diingat bahwa nama author dalam blog haruslah sama dengan nama anda di profile Google+.
Contoh kode hasil :
<a href="https://plus.google.com/u/0/b/104503392427633513708?rel=author">nova13</a>
Untuk melihat apakah google berhasil mengekstrak link author yang anda pasang dalam blog, anda dapat mempergunakan Rich Snippets Testing Tool.

Cara menampilkan Author Blog di Google


C. Mengirimkan Authorship Request
Setelah langkah A dan B selesai anda lakukan maka bagian yang terakhir adalah anda diharuskan untuk mengirim permintaan tersebut pada halaman Authorship Request di alamat Authorship Request seperti berikut :
Cara menampilkan Author Blog di Google

Anda isikan First name dan Last name yang sama dengan nama pada author blog, isi email yang sama pula dengan email yang baru saja anda verifikasi di akun Google+ dan untuk Link to your Google Profile, isikan url link author yang telah anda sisipkan dalam blog. Centang kotak dan berikan sebaris kalimat pada kotak comment kemudian klik tombol Kirim dan permintaan telah selesai dilakukan.


Sekian tips dari saya, selamat mencoba, semoga bermanfaat...
4.5


emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Cara menampilkan Author Blog di Google dan anda bisa menemukan artikel Cara menampilkan Author Blog di Google ini dengan url http://www.nova13.com/2012/01/cara-menampilkan-author-blog-di-google.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara menampilkan Author Blog di Google ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Cara menampilkan Author Blog di Google sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



43 Comments:

  1. Waw.. selama ini google+ cuma saya jadikan sambilan. ternyata ada gunanya juga buat SEO. thanks ya...

    BalasHapus
  2. @priagoenks: wah kog cuma sambilan sob? (unsure) bayangin aja, kalo tanpa si mbah google, blog2 pada sepi pengunjung donk... (troll)

    BalasHapus
  3. @elang ajib blog: woo.. sajak'e wis dijajal cara nduwur? (muhaha)

    BalasHapus
  4. Semoga dengan cara ini kita bisa dipercaya google
    Sukses terus untuk anda..

    BalasHapus
  5. @Rina As: waduu, yg pny sumber artikel dtg jg :b: hehe, makasih yaa mbk..? :D sukses jg buat anda

    BalasHapus
  6. Wah asik juga nih. Ikutan ah. trims ya :d:

    BalasHapus
  7. gan, sy dah coba, tpi sampai di pengisian email, koq gak ada kode verifikasi ya, cuma ada tanda centang gitu..artinya apa ya :)
    makasih..

    BalasHapus
  8. @Tonnys: ada tuh email kode verifikasinya? (unsure) coba kirim ulang (okok)

    BalasHapus
  9. wah mantap aku dah bisa sob hahhahahahha makasih kawan

    BalasHapus
  10. maaf ya bang saya nggak tau hehe kalo saya kan belum cukup umur di google plus, caranya gmana ya bang? Ada saran nggak

    BalasHapus
  11. Keren...sepertinya layak dicoba. Makasih kawan....

    BalasHapus
  12. wah mantep banget ini artikelnya, ane aja malah belon punya google+ haha :D

    BalasHapus
  13. Nice info..
    Dan sudah saya praktekkan.
    Terimakasih...

    BalasHapus
  14. mas kalau saya sudah diterapkan ini secara tidak sadar tahu-tahu ketika serch di google ada foto saya, mungkin pada saat setting google+, salam kenal

    BalasHapus
  15. wah bagus ini infonya akan segera di terapkan

    BalasHapus
  16. mas knp google search tidak bisa menampilkan 2 kalimat pertama pd postingan di search google, yg muncul malah tulisan komentar??kira2 knp ya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu tergantung dengan keyword yg di search di google? :h:
      kalo cocoknya pas ada di komentar, ya munculnya ya itu.. :P

      Hapus
  17. Keren neh sobat..
    terimakasih..
    tutorialnya sangat membantu saya... :D

    BalasHapus
  18. Sudah saya coba sob,,,
    sesuai step-step di atas,,,
    tinggal nunggu hasilnya ,,,

    makasih ya ,,,
    wilujeng ngeblog

    BalasHapus
  19. Wah ini dianya, thanks. Kemaren udah nyoba tapi gagal terus hehehe...

    BalasHapus
  20. Mantap gan. Langsung dicoba langsung tokcer. Trm ksh atas ilmunya. Ditunggu artikel oce lainnya

    BalasHapus
  21. gabisa ane gan, setelah di rich snippets ada tulisan tanda merah yg katanya cintributor to belum diisi, pdhl sdh saya isi.. apa itu membutuhkn wkt utk konfirmasi dr google atau gmn?

    BalasHapus
  22. eh dah bisa bro.. dah muncul foto dan authornya haha.. joss

    BalasHapus
  23. Terima kasih infonya mas

    Saya sudah mencoba step by step semua lancar, tetapi ketika bagian authorship request saya gagal. Ada pesan seperti ini :

    "Ups, ada sesuatu yang tidak beres.
    Formulir "Authorship request " tidak menerima tanggapan lagi.

    Cobalah menghubungi pemilik formulir jika menurut Anda ini merupakan suatu kesalahan. "

    Bisa memberi solusinya mas, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. owh, mungkin sudah ditutup ya untuk form nya. itu juga gk terlalu pengaruh kok dengan authorship blog di google

      Hapus
    2. tutur widodo : sekarang tidak perlu pakai cara di artikel ini mas.. blogger sudah menyediakan langsung ganti profilnya menggunakan googleplus.. jadi bisa langsung dialihkan lewat blogger dengan mudah jika anda sudah mendaftra di googleplus.. saya pun juga begitu

      Hapus
  24. iya mas Zameda, saya juga sudah mengalihkan profil blogger ke profil Googleplus tapi hasilnya di search engine belum ada nama authornya mas. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. dah baca postingan saia yang ini belom?? http://www.nova13.com/2012/03/akhirnya-author-blog-muncul-di-google.html

      Hapus
  25. makasih infonya baru tahu ada tip seperti ini.....mau di coba ah

    BalasHapus
  26. Untuk yang memakai template dinamis, langsung saja ke menu tata letak terus pilih tambah gadget terus pilih lencana google+ dan copy paste Profil ID anda ( cuma angka saja ), pilih mode tampilan dan save.

    BalasHapus
  27. gan tolong kroscek atau telaah ulang tentang authorship,, tuh formulirnya ngk bisa lg,,, trus bgaimana donk....... please help meeeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. dah baca ini belom?? http://www.nova13.com/2012/03/akhirnya-author-blog-muncul-di-google.html
      kalo soal formulirnya, saia jg gk tau (okok) kan bukan saia yg buat :P

      Hapus
  28. wah, mantap..tinggal dipraktekkan....

    BalasHapus
  29. Tutorialnya berhasil di blog aku... terimakasih Nova13

    BalasHapus
  30. alhamdulillah dah berhasil mksh gan infonya...

    BalasHapus
  31. Iku butuh wktu sue gk mas tri supoyo cepet keindeks?
    gon q kok sue yo...

    BalasHapus
    Balasan
    1. walah, pake basa indo aja mas dab..
      komenmu itu masuk spam,
      kalo masalah keindex, itu blognya masih baru ya? dah nyoba di submit ke google blm?
      tadi tak cek emg postingan yang baru blm keindex google. emang PageRank nya dapet brp? kalo dah dapet sih kayaknya mudah keindex. kalo gk coba ping ke penyedia service ping kalo abis buat posting baru

      Hapus

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j:

PERHATIAN!
>> Yang berkomentar dengan Anonymous tidak akan saya tanggapi, usahakan memakai Name/URL. kalau tidak punya blog, bisa memakai URL profil Facebook, twitter, dll.
>> Gunakan anchor name pada Name/URL yang sewajarnya, jangan terlalu mengejar backlink keyword. Lebih baik memakai nama asli.
BAGI YANG NEKAT MEMAKAI NAMA OBAT-OBATAN, DILARANG KERAS! MAAF! DISINI BUKAN APOTEK!!!

thanks.

Translates