Sabtu, 21 Januari 2012

Setting koneksi internet Modem Smartfren Huawei EC1261-2 di Linux

Huawei EC1261-2
Setelah saya pada postingan sebelumnya membahas mengenai Modem Smartfren Huawei EC1261-2, sedangkan saya sendiri pernah memakainya tentu saya juga sudah menginstall aplikasi untuk bisa konek ke internet menggunakan modem tersebut. Itu untuk di windows, program installernya sudah tersedia serta untuk untuk menginstallnya pun saya rasa anda semua pasti bisa yang hanya klik next next. Namun karena saya juga memakai Sistem Operasi Linux (PCLinuxOS), ternyata modem ini belum terdeteksi sebagai modem oleh sistem Linux. Tidak seperti modem milik saya yaitu modem ZTE AC2726 yang sudah otomatis terdeteksi sebagai modem dan tinggal konek. Saya lalu mencari info supaya modem Huawei ini bisa berjalan di sistem Linux, akhirnya ketemu juga langsung saja saya coba praktekkan, ternyata ada data yang belum tersedia di library jenis modem untuk modem ini di usb_modeswitch, software ini berguna untuk keperluan agar modem bisa terdeteksi.

Oke langsung saja ke inti permasalahan. Saya akan membahas cara setting koneksi modem ini di Linux dua sekaligus, yaitu di PCLinuxOS serta Ubuntu (varian debian) sebab ada perbedaan cara settingnya. Ada beberapa settingan yang harus dilakukan yang ada di usb_modeswitch, namun saya asumsikan bahwa modem ini belum sama sekali terdeteksi, meski untuk versi Linux terbaru dengan kernel 3.0 an ada yang bilang sudah terdeteksi dengan baik. Untuk mencoba cara dibawah ini, anda sebaiknya konek internet dulu selain memakai modem yang belum detect ini, semisal konek ke wi-fi hotspot. Atau anda bisa juga konek modem ini di windows dulu untuk mendownload program usb_modeswitch

Setting pada Ubuntu
1. Download usb-modeswitch-data dan install dengan cara klik 2x atau ketik
sudo dpkg -i usb-modeswitch-data_20100826-1+squeeze0_all.deb
2. Download usb-modeswitch dan install dengan cara klik 2x atau ketik
sudo dpkg -i usb-modeswitch_1.1.4-2_i386.deb
Sesuaikan dengan prosessor anda, karena biasanya memakai intel maka *i386 yang saya download

3. Lakukan cek modem anda pada daftar USB yang dikenali oleh Ubuntu yang secara default dikenali ubuntu sebagai media penyimpanan dengan cara
lsusb
dan hasilnya ketika modem dicolokkan di laptop adalah 12d1:1505
4. Cari file 12d1:1505 didalam folder/directory /etc/usb_modeswitch.d/, dan kalau tidak ada buat file di directory tersebut dengan nama 12d1:1505 dengan mengetikan perintah:
sudo gedit /etc/usb_modeswitch.d/12d1:1505
dan isikan file tersebut dengan script berikut:
########################################################
# Huawei, newer modems
DefaultVendor= 0x12d1
DefaultProduct=0x1505
TargetVendor= 0x12d1
TargetProductList="1001,1406,140b,140c,1412,141b,14ac"
CheckSuccess=20
MessageContent="55534243123456780000000000000011062000000100000000000000000000"
5. Tambahkan script berikut kedalam file /lib/udev/rules.d/40-usb_modeswitch.rules, ketik perintah ini
sudo gedit /lib/udev/rules.d/40-usb_modeswitch.rules
baru copy script dibawah ini:
ATTRS{idVendor}=="12d1", ATTRS{idProduct}=="1505", RUN+="usb_modeswitch '%b/%k'"
taruh script tersebut setelah tulisan LABEL=”modeswitch_rules_begin”. Maksud kode diatas adalah supaya otomatis detek modem ini saat dicolokkan.
6. Dan yang terakhir adalah lakukan
sudo usb_modeswitch -c /etc/usb_modeswitch.d/12d1:1505
dan seharusnya modem akan langsung terdeteksi, dan kalau masih belum terdeteksi coba RESTART Ubuntu anda. Pada dasarnya driver usb nya sudah tertanam pada kernel ubuntu, akan tetapi karena secara default ubuntu mengenali usb modem tersebut sebagai usb-storage, maka diperlukan cara untuk merubah ke usb-serial melalui step 4,5 dan 6 seperti diatas.

Setelah modem terdeteksi ada dua cara untuk dial ke internet yaitu menggunakan Network Manager atau wvdial. Nah untuk wvdial caranya:
1) Download wvdial serta paket-paket dependensinya secara satu-satu:
http://archive.ubuntu.com/ubuntu/pool/main/w/wvstreams/libwvstreams4.6-base_4.6.1-2build1_i386.deb
http://archive.ubuntu.com/ubuntu/pool/main/w/wvstreams/libwvstreams4.6-extras_4.6.1-2build1_i386.deb
http://archive.ubuntu.com/ubuntu/pool/main/w/wvstreams/libuniconf4.6_4.6.1-2build1_i386.deb
http://archive.ubuntu.com/ubuntu/pool/main/w/wvdial/wvdial_1.61-4_i386.deb

dan install, caranya bisa dobel klik ato ketik:
sudo dpkg -i *.deb
2) Ubah file wvdial.conf
sudo gedit /etc/wvdial.conf
dan isikan file tsb dengan script berikut
[Dialer smartku]
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Stupid Mode = 1
Modem Type = Analog Modem
Command Line = ATDT
ISDN = 0
New PPPD = yes
Phone = #777
Modem = /dev/ttyUSB0
Username = smart
Password = smart
Baud = 460800
3) Dan untuk dial lakukan
sudo wvdial smartku
Maka modem anda sudah siap digunakan.

Setting pada PCLinuxOS
Sekarang untuk settingan di distro turunan dari Mandriva ini, anda sebenarnya sedikit terbantu sebab di sistem PCLinuxOS telah terinstall paket usb_modeswitch, namun apabila belum terinstall, anda bisa coba cara dibawah ini. (untuk sekedar jaga-jaga)
di bawah ini link download versi usb-modeswich dan usb-modeswitch-data yang terbaru :
usb-modeswitch-1.2.0
usb-modeswitch-data update tanggal 23 Oktober 2011

Extract terlebih dahulu usb-modeswitch-data
tar -jxvf usb-modeswitch-data-20111023.tar.bz2
cd usb-modeswitch-data-20111023
masuk sebagai root mengetikkan:
su
make install
Extract usb-modeswitch-1.2.0
tar -jxvf usb-modeswitch-1.2.0.tar.bz2
cd usb-modeswitch-1.2.0
make install
Setelah selesai. Silakan reboot komputer anda. setelah itu coba anda colokkan kembali modem anda. Nah, apabila belum juga terdeteksi, berarti harus mengulangi cara yang sama seperti diatas, yaitu langkah ke 4, dengan memakai text editor nano, ketikkan perintah ini:
su
nano /etc/usb_modeswitch.d/12d1:1505
jika sudah lanjut ke langkah 5, disini ada perbedaan antara di PCLinuxOS dengan Ubuntu. Pada PCLinuxOS, letak file berada di /etc/udev/rules.d/91-usb_modeswitch.rules atau di /etc/udev/rules.d/91-usb_modeswitch.rules.rpmsave untuk script nya, sama saja copy seperti diatas. Dengan syntax berikut:
nano /etc/usb_modeswitch.d/12d1:1505
simpan dengan menekan Ctrl+X. Bila perlu lakukan juga langkah 6. Lalu cara mengkoneksikannya bisa memakai KPPP.

Mungkin cara diatas sudah bisa digunakan untuk nyambung ke internet, namun taukah anda bahwa di Linux juga dapat diinstall tampilan user interface aplikasi modem huawei ini seperti halnya di windows, namanya adalah Mobile Partner. Selain lebih mudah untuk mengkoneksikan internet, anda bisa mengirim sms dengan modem melalui aplikasi ini. ada yang bilang aplikasi ini untuk di Ubuntu, namun saya coba install di PCLinuxOS juga bisa terinstall. Jadi caranya adalah sebagai berikut:

  • Download dulu softwarenya Mobile partner huawei
  • Extract hasil download tersebut
  • Kemudian masuk ke folder dimana file hasil ekstrak tersimpan (dalam hal ini file di komputer saya tersimpan di folder Downloads/Linux), maka buka terminal kemudian masuk ke folder hasil extract tersebut dan ketikkan cd Downloads lalu ketikkan cd Linux
  • masuk sebagai administrator dengan cara ketik :
    di Ubuntu: $ sudo su
    di PCLinuxOS: $ su
  • Setelah itu silakan di eksekusi # ./install 

  • Proses install akan berjalan dan apabila ada pertanyaan Please input the install path [/usr/local/Mobile_Partner :] tekan Enter saja.
  • Setelah program berjalan colokkan modem usb anda dan tunggu sampai modem terdeteksi
  • Setelah itu klik connect dan selamat berinternet, Untuk pertama kali pada saat akan menjalankannya tentunya harus disconnect koneksi internet di Network Manager, cabut dan tancapkan kembali USB Modem agar “device” terdeteksi oleh sistem.
  • Logout dulu untuk memunculkan shortcut pada panel menu dan terdapat pada Aplikasi – Internet 
Dan berikut sekilas tampilan

Sedangkan untuk setting Langkah selanjutnya adalah melakukan setting koneksi sesuai provider masing-masing. Karena saya menggunakan smartfren, maka settingnya adalah Tools –> Options –> Profile Management. Klik dahulu New, pada Authentication isikan data sebagai berikut : Acces Number = #777, User Name = smart, Password = smart. Setelah itu klik Save dibagian kanan, dan klik Ok dibagian bawah.

Anda sudah bisa konek lagi dengan aplikasi ini, dan tentu lebih mudah bukan? Selamat mencoba, apabila ada pertanyaan silahkan berkomentar dibawah.




emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Setting koneksi internet Modem Smartfren Huawei EC1261-2 di Linux dan anda bisa menemukan artikel Setting koneksi internet Modem Smartfren Huawei EC1261-2 di Linux ini dengan url http://www.nova13.com/2012/01/setting-koneksi-internet-modem.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Setting koneksi internet Modem Smartfren Huawei EC1261-2 di Linux ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Setting koneksi internet Modem Smartfren Huawei EC1261-2 di Linux sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



Translates