Sabtu, 25 Februari 2012

Canonical hadirkan Ubuntu for Android

Ubuntu for Android
Sepertinya masih asyik update blog dengan tema postingan mengenai Android, setelah di postingan sebelumnya saya membahas mengenai browser Google Chrome pada Android. Sekarang saya masih mengulas tentang Android, namun disini bukan tentang aplikasinya melainkan kabar terbaru bahwa smartphone android juga bisa di sinkronisasi dengan Ubuntu, salah satu distro Linux terpopuler saat ini. Anda bisa membaca informasinya secara lengkap di official website ubuntu.com/devices/android. Canonical, selaku perusahaan yang mengembangkan sistem operasi Linux Ubuntu, memperkenalkan sebuah inovasi terbaru yang diberi nama Ubuntu for Android.

Ubuntu for Android merupakan sebuah add-on yang memungkinkan penggunannya untuk menjalankan desktop Linux dalam smartphone. Jadi, Ubuntu for Android bukanlah sebuah sistem operasi yang terpasang secara penuh pada smartphone, melainkan hanya sebagai aplikasi tambahan yang akan bekerja saat smartphone terpasang pada docking khusus. Nantinya pengguna bisa mengoperasikan aplikasi ini menggunakan keyboard dan monitor yang terhubung dengan docking tersebut. Jadi, saat smartphone dicabut dari docking-nya, smartphone ini akan berfungsi kembali layaknya smartphone Android biasa.

smartphone Android ditancapkan pada sebuah dock khusus
smartphone Android ditancapkan pada sebuah dock khusus

Karena Android serta Ubuntu sama-sama menggunakan kernel Linux, Ubuntu for Android juga mampu menggunakan konektivitas smartphone Android, termasuk jaringan 3G dan 4G, kedua sistem tersebut bisa berbagi data, termasuk kontak, dokumen, foto, juga koneksi jaringan. Satu-satunya hal yang berubah adalah cara pengguna mengakses informasi. Aplikasi yang dibawa oleh Ubuntu untuk Android antara lain Web browser Chromium, email client Thunderbird, aplikasi microblogging Gwibber, player multi media VLC player dan masih banyak aplikasi lainnya.

Ubuntu for Android bisa digunakan pada perangkat Android apapun, dirancang sedemikian rupa agar bekerja dengan baik dengan syarat mempunyai spesifikasi prosesor dual-core berarsitektur ARM, RAM 512MB, serta dukungan HDMI dan USB.

Aplikasi ini bisa jadi sebagai awal langkah Ubuntu untuk memperkenalkan proyek selanjutnya yaitu Ubuntu mobile sebagai sebuah sistem operasi penuh yang rencananya akan diluncurkan tahun 2014. Canonical masih bekerja keras untuk menciptakan sistem operasinya sendiri yang lengkap dan akan bersaing dengan Android.

Hasil peninjauan dari situs resmi ubuntu, saat ini Ubuntu for Android masih dalam tahap cetak biru, sehingga belum bisa diunduh langsung dari situs resminya. Untuk bisa mencobanya anda bisa menghubungi langsung tim Canonical untuk meminta link unduhnya. Belum ada tanggal rilis yang terungkap, tetapi situs resmi Ubuntu for Android mengungkap  bahwa perangkat lunak tersebut akan hadir di akhir 2012. Dan belum diketahui secara pasti dock macam apa yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi Ubuntu di smartphone Android.

Apakah anda penasaran bagaimana penggunaan dari Ubuntu for Android ini seperti apa, langsung saja anda bisa melihat video dibawah ini.





emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Canonical hadirkan Ubuntu for Android dan anda bisa menemukan artikel Canonical hadirkan Ubuntu for Android ini dengan url http://www.nova13.com/2012/02/canonical-hadirkan-ubuntu-for-android.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Canonical hadirkan Ubuntu for Android ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Canonical hadirkan Ubuntu for Android sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



18 Comments:

  1. Wah android tambah sangar aja nih. keren abis... fiturnya tambah mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener sob :D tp spesifikasi hardware nya jg harus tinggi

      Hapus
  2. Sama-sama berbasiskan opensource jadi mudah untuk saling sinkronisasinya. Artikel menarik mas nova tukeran link yuk. Linknya sudah saya pasang ditunggu feedbacknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah, ternyata mas aditx comeback?? :D dah lama bgt gk liat lg, btw ganti domain yaa mas dr aditx.co.cc jd aditx.web.id, hehe :)

      Hapus
  3. yang saya tahu...
    bahwa ubuntu itu emg agax sulit yach untuk dimasuki virus beneran gax sichh???

    BalasHapus
    Balasan
    1. sedikit koreksi, Linux Ubuntu emang kebal ama virus2 dari window$ :P meski di drive window$ ada virusnya, tp di Ubuntu virus itu gak bisa ngapa2in :P

      Hapus
    2. yup.. betul banget.. biarpun ada 1 GB virus windows di hard disk, ga akan bisa nyerang linux / ubuntu.. hehe..

      Hapus
  4. Its really wonderfully Nice high Configuration and careful Look

    php web development

    BalasHapus
  5. Wah kerenn nih,, berarti kalo make ini ntar aplikasi2nya di isi lagi ya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak sob kayaknya.. aplikasi yg dah ada di hp android, bisa kebaca ke desktopnya. makanya spesifikasi smartphone android mesti yang tinggi sob.

      Hapus
    2. Wah berti harus Android yang mahal, minimal Galaxy s 2 ya ?

      :)

      Oh iya udah ku follow blognya,

      Hapus
  6. aku gak punya android :(
    ulawah hehehe..
    tapi mantaph neh kalo bisa diisi Ubuntu di Hape :}

    BalasHapus
  7. Pembahasan yang dalam SOb..dah diluar kemampuan ane tuk memahami. Walalupun memang wajar bisa terjadi sinkronisasi android dengan ubuntu. karena memang keduanya berasal dari satu akar GNU...happy blogging

    BalasHapus
  8. baru ngerti apa itu ubuntu for android setelah baca artikel ini.. pernah liat di situs ubuntu nya, tapi ga dibaca.. huehuehu..

    tak kira semacam OS, ternyata bukan.. hehe..
    sayangnya hanya bisa untuk smartphone yang high-end ya,, kaya Galaxy S2.. kalo yang S1 atau D3 mungkin ga sanggup yah, apalagi kalo cuma SMA.. wekekekekek..

    Artikel yang sangat bermanfaat sob... :D

    BalasHapus
  9. wah mantap, kebetulan saya suka sekali dengan ubuntu karena open source... :)

    blognya keren gan :)

    BalasHapus
  10. wah keren banget tuh gan... jdi ngiler... :a:
    oh iya makasi atas kunjungannya gan....

    BalasHapus
  11. kereennnnn tapi sayang belum punya andro :D

    BalasHapus

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j:

PERHATIAN!
>> Yang berkomentar dengan Anonymous tidak akan saya tanggapi, usahakan memakai Name/URL. kalau tidak punya blog, bisa memakai URL profil Facebook, twitter, dll.
>> Gunakan anchor name pada Name/URL yang sewajarnya.

thanks.

Translates