Sabtu, 25 Februari 2012

Canonical hadirkan Ubuntu for Android

Ubuntu for Android
Sepertinya masih asyik update blog dengan tema postingan mengenai Android, setelah di postingan sebelumnya saya membahas mengenai browser Google Chrome pada Android. Sekarang saya masih mengulas tentang Android, namun disini bukan tentang aplikasinya melainkan kabar terbaru bahwa smartphone android juga bisa di sinkronisasi dengan Ubuntu, salah satu distro Linux terpopuler saat ini. Anda bisa membaca informasinya secara lengkap di official website ubuntu.com/devices/android. Canonical, selaku perusahaan yang mengembangkan sistem operasi Linux Ubuntu, memperkenalkan sebuah inovasi terbaru yang diberi nama Ubuntu for Android.

Ubuntu for Android merupakan sebuah add-on yang memungkinkan penggunannya untuk menjalankan desktop Linux dalam smartphone. Jadi, Ubuntu for Android bukanlah sebuah sistem operasi yang terpasang secara penuh pada smartphone, melainkan hanya sebagai aplikasi tambahan yang akan bekerja saat smartphone terpasang pada docking khusus. Nantinya pengguna bisa mengoperasikan aplikasi ini menggunakan keyboard dan monitor yang terhubung dengan docking tersebut. Jadi, saat smartphone dicabut dari docking-nya, smartphone ini akan berfungsi kembali layaknya smartphone Android biasa.

smartphone Android ditancapkan pada sebuah dock khusus
smartphone Android ditancapkan pada sebuah dock khusus

Karena Android serta Ubuntu sama-sama menggunakan kernel Linux, Ubuntu for Android juga mampu menggunakan konektivitas smartphone Android, termasuk jaringan 3G dan 4G, kedua sistem tersebut bisa berbagi data, termasuk kontak, dokumen, foto, juga koneksi jaringan. Satu-satunya hal yang berubah adalah cara pengguna mengakses informasi. Aplikasi yang dibawa oleh Ubuntu untuk Android antara lain Web browser Chromium, email client Thunderbird, aplikasi microblogging Gwibber, player multi media VLC player dan masih banyak aplikasi lainnya.

Ubuntu for Android bisa digunakan pada perangkat Android apapun, dirancang sedemikian rupa agar bekerja dengan baik dengan syarat mempunyai spesifikasi prosesor dual-core berarsitektur ARM, RAM 512MB, serta dukungan HDMI dan USB.

Aplikasi ini bisa jadi sebagai awal langkah Ubuntu untuk memperkenalkan proyek selanjutnya yaitu Ubuntu mobile sebagai sebuah sistem operasi penuh yang rencananya akan diluncurkan tahun 2014. Canonical masih bekerja keras untuk menciptakan sistem operasinya sendiri yang lengkap dan akan bersaing dengan Android.

Hasil peninjauan dari situs resmi ubuntu, saat ini Ubuntu for Android masih dalam tahap cetak biru, sehingga belum bisa diunduh langsung dari situs resminya. Untuk bisa mencobanya anda bisa menghubungi langsung tim Canonical untuk meminta link unduhnya. Belum ada tanggal rilis yang terungkap, tetapi situs resmi Ubuntu for Android mengungkap  bahwa perangkat lunak tersebut akan hadir di akhir 2012. Dan belum diketahui secara pasti dock macam apa yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi Ubuntu di smartphone Android.

Apakah anda penasaran bagaimana penggunaan dari Ubuntu for Android ini seperti apa, langsung saja anda bisa melihat video dibawah ini.





emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Canonical hadirkan Ubuntu for Android dan anda bisa menemukan artikel Canonical hadirkan Ubuntu for Android ini dengan url http://www.nova13.com/2012/02/canonical-hadirkan-ubuntu-for-android.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Canonical hadirkan Ubuntu for Android ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Canonical hadirkan Ubuntu for Android sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



Translates