Minggu, 04 Maret 2012

Format Partisi Hardisk dengan Linux

gambaran partisi HardDisk di Linux
Tidak terasa sudah berada lagi dibulan baru ini, sekarang bulan Maret, semoga anda semua masih semangat. Masih berhubungan mengenai seputar Linux, jika sebelumnya membahas tentang distro Linux Ubuntu berkolaborasi dengan Android. Artikel ini saya buat karena termotivasi karena blog saya sudah diapprove di dmoz. Makasih buat om cidtux selaku editor dmoz kategori Linux bahasa Indonesia. Saya ingin memberikan tips ringan yang mungkin bisa bermanfaat sekaligus cara bagaimana memformat partisi hardDisk di laptop ataupun pada komputer PC. Cara yang saya jelaskan ini bisa anda coba apabila pernah mengalami saat memformat partisi hardisk tapi menemui masalah, tidak bisa terhapus partisi tersebut. Misal anda menggunakan software khusus untuk urusan partisi hardisk seperti Partition Magic, Acronis, Easus, dll. Lalu saya menambahkan suatu software untuk membuat,menghapus, dan membagi partisi dengan lisensi gratis, yaitu GParted. Software ini bisa digunakan apabila anda menggunakan Sistem Operasi Linux dengan Desktop Environment Gnome, misalkan pada Ubuntu. Nah, jika anda sudah mencoba memformat partisi dan masih belum berhasil, seperti yang pernah saya alami, yaitu ingin memformat partisi milik Windows tetapi tidak bisa terbaca, baik di windows maupun di Linux. Saya mendapat cara ini dari kakak saya. Yaitu menggunakan perintah yang sudah ada di Linux itu sendiri menggunakan Terminal Konsole, Cfdisk. Oke langsung saja ini caranya.
Pastikan anda sudah menguasai Linux sebelumnya, lalu sediakan Live CD kalau punya, jika tidak ada bisa menggunakan Live USB, yaitu file .iso yang telah didownload kemudian di ekstrak ke flash disk dengan bantuan software unetbootin. Jangan lupa restart laptop/komputer anda dan setting prioritas boot pada BIOS.

Jika sudah, tunggu sampai masuk ke sesi Live CD/USB Linux tersebut. Langsung saja anda membuka aplikasi Terminal Konsole (Ctrl+T).
cara memformat partisi hardisk dengan terminal konsole di Linux
masuk sebagai root (Super User), dengan mengetikan:
sudo -i
cara memformat partisi hardisk dengan terminal konsole di Linux
klik gambar untuk lebih jelas
Cek letak/lokasi partisi yang ingin anda format, dengan mengetikkan:
fdisk -l
lihat gambar diatas, apabila anda ingin memformat partisi milik windows, lihat bagian paling kanan (System), yang bertype NTFS. misal sda7.
cara memformat partisi hardisk dengan terminal konsole di Linux
Jika sudah memastikan partisi yang ingin diformat, ketikkan perintah:
cfdisk /dev/sda*
*) tanda * sesuaikan angka dari sda.
cara memformat partisi hardisk dengan terminal konsole di Linux
Maka akan disuguhkan tampilan dari cfdisk, disini maksudnya untuk menghapus dulu partisi yang dipilih tadi, langsung saja lihat bagian bawah, jika ada pilihan delete, pilih saja. kemudian arahkan navigasi panah keyboard ke pilihan Write. jika sudah, pilih Quit.
cara memformat partisi hardisk dengan terminal konsole di Linux
Langkah terakhir adalah, dengan mengetikkan perintah berikut ini:
mkfs.ntfs /dev/sda7
lalu tekan saja enter, maka proses akan berjalan. Mungkin akan memerlukan waktu yang lama tergantung jumlah size dari partisi yang anda format tadi, makin besar ukuran partisinya, makin lama juga proses yang akan berjalan. Proses selesai jika muncul tulisan sudah 100%. setelah itu silahkan restart komputer anda.

Selamat mencoba.



emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Format Partisi Hardisk dengan Linux dan anda bisa menemukan artikel Format Partisi Hardisk dengan Linux ini dengan url http://www.nova13.com/2012/03/format-partisi-hardisk-dengan-linux.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Format Partisi Hardisk dengan Linux ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Format Partisi Hardisk dengan Linux sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



13 Comments:

  1. Pertamax sob and maju terus blognya.......

    BalasHapus
  2. ane baru tahu nih cara untuk format partisi hardisk dengan linux

    BalasHapus
  3. Ubuntu itu bahasa indonesia atau bahasa inggri ya?
    Ohya, salam kenal friend, tadinya saya pengen tukar link, tapi saya liat link exchange nya nggak dofollow...

    BalasHapus
    Balasan
    1. keduanya bisa. boleh2 aja tuker link, asal punya PR minimal sama dgn blog ini & sesuai niche blog ini

      Hapus
  4. bos boleh gak kopi artikel nya

    BalasHapus
  5. bos boleh kopi artikel nya

    BalasHapus
  6. saya simpan ctrl D suatu saat perlu infonya buat saya pribadi

    BalasHapus
  7. Wahhh ada yang baru nih mantapp izin share

    BalasHapus
  8. klo format di HD esternal sama ga tuh trik diatas

    BalasHapus
  9. siip Gparted buat KDE jg ada kok,, ane pake PCLOS KDE selain format dari sistem kdg jg pake Gparted buar masalah format,,,,

    BalasHapus

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j:

PERHATIAN!
>> Yang berkomentar dengan Anonymous tidak akan saya tanggapi, usahakan memakai Name/URL. kalau tidak punya blog, bisa memakai URL profil Facebook, twitter, dll.
>> Gunakan anchor name pada Name/URL yang sewajarnya.

thanks.

Translates