Sabtu, 31 Maret 2012

Memilih domain untuk di idhostinger

Logo IdHostinger
Setelah pada postingan sebelumnya saya membahas tentang bagaimana mendaftar hosting gratisan di idHostinger, seperti janji saya dulu maka akan saya jelaskan opsi untuk memilih domain yang sesuai untuk anda. melanjutkan postingan saya yang sebelumnya, sudah sampai tahap tentang aktifasi akun lewat email. Setelah klik link aktivasi dari email, anda akan menuju halaman konfirmasi aktivasi dan pendaftaran situs pertama. Disana akan muncul komentar bahwa aktifasi Anda selesai. "Pendaftaran selesai! Sekarang Anda dapat membuat akun". Seperti gambar berikut:
Hosting Gratis dari Idhostinger

Nah, perhatikan gambar diatas, muncul isian untuk membuat sebuah Akun Baru. Oke, sebelum anda melanjutkan proses pembuatan akun di IdHostinger dengan sebuah domain, saya akan memberikan keterangan penting, yang mesti anda perhatikan. Dapat saya ketegorikan bagi anda yang sudah mendaftar dan akan membuat website di idHostinger, antara lain:
  1. Domain gratis, dengan subdomain yang sudah disediakan oleh IdHostinger. (Disarankan)
  2. Mempunyai domain gratis sendiri (misal: co.cc) dan hosting di idHostinger.
  3. Memiliki domain berbayar sendiri, bisa domain utama atau subdomain saja. (Bagi yang sudah mahir, sebab perlu pengaturan DNS).
Setelah saya kategorikan seperti diatas, anda bisa menentukan, anda pada posisi nomor berapa. Dan saya disini hanya ingin memandu anda yang ingin membuat website di idHostinger. Ada 3 (tiga) opsi yang bisa anda pilih, sebab di IdHostinger memiliki kebijakan yaitu bagi akun yang free dan akun premium, tetapi fitur yang ditawarkan lebih lengkap untuk akun yang premium. saya akan mulai dengan opsi yang pertama, lalu opsi selanjutnya.

#1. Memakai subdomain gratis dari IdHostinger (disarankan!)
Pada gambar diatas, ada dua buah opsi untuk membuat akun dengan domain, salah satunya menggunakan subdomain gratis. Bila anda menginginkannya, silahkan pilih opsi kedua, yaitu "Saya ingin memilih subdomain anda". Lalu isikan semua form kolom yang tersedia.
  • Memilih subdomain gratis. silahkan anda mengisi dengan nama yang anda inginkan, subdomain yang disediakan yaitu xxx.16mb.com (misal: website.16mb.com), akan ada notif kalau nama tersebut masih tersedia atau tidak. jika masih ada, silahkan lanjut.
  • Pilih hosting plan gratis saja.
  • Untuk password, isikan password/kata sandi anda, lalu ulangi lagi di form bawahnya. Selanjutnya, isikan kode verifikasi.
  • Jika sudah, klik tombol Buat. Tunggu beberapa saat, sampai ada tulisan, "Situs berhasil dibuat", klik lihat hasil, maka anda akan ditampilkan hasilnya. Domain anda akan aktif dalam beberapa waktu.
#2. Saya ingin menggunakan domain gratis saya sendiri (co.cc).
Untuk opsi kedua ini, anda terlebih dulu diwajibkan mendaftar dan mempunyai domain gratisan, semisal Co.CC. Baca: Panduan Mendaftar Domain Gratis CO dot cc. Hanya saja, pada gambar diatas, anda memilih opsi buat akun baru yang pertama, yaitu Saya ingin menggunakan domain saya sendiri. Bedanya, isikan saja alamat domain co.cc anda, lalu ikuti langkah seperti diatas. Setelah anda sampai ke halaman cpanel idhostinger, maka anda disuruh untuk menautkan/pointing ke settingan domain gratisan anda. Untuk itu, silahkan login ke akun co.cc milik anda. lalu pilih opsi isi DNS.

#3. Memiliki domain berbayar sendiri.
Untuk opsi ketiga ini, sedikit mirip dengan opsi yang kedua, sama-sama menggunakan domain sendiri selain subdomain gratis yang ditawarkan oleh IdHostinger. Langsung saja, anda pastikan sudah masuk halaman Kontrol Panel akun anda. Jika belum terpoint DNS domain anda dengan IdHostinger, biasanya akan muncul notif di bagian atas kontrol panel anda. Kemudian di bagian atas (Akun), pilih Detail.
profil kontrol panel

Lalu, akan ada informasi Detail NameServer untuk bisa anda settingkan pada akun domain anda (Sesuaikan dengan webhosting yang anda daftarkan domain berbayar anda).
Details NameServer
Kira-kira terdapat 4 (empat) buah NS (NameServer) yang harus anda settingkan di CPanel/SPanel domain milik anda, biasanya pada host record A akan diisi dengan nama subdomain anda (bila menggunakan subdomain milik anda). Perlu diperhatikan, butuh waktu beberapa jam untuk bisa aktif, jadi mohon sabar. Kalau anda masih bingung, bisa minta bantuan pada pihak penyedia domain anda. Pasti dibantu kok :)

Oke, bila anda sudah berhasil, saya ucapkan selamat aja deh :D apabila ada pertanyaan mengenai ini, bisa anda tanyakan di kolom komentar dibawah. Untuk postingan selanjutnya, mungkin akan saya bahas sedikit bagaimana menginstall CMS dengan mudah, kan meski domain anda sudah jadi, tapi belum ada apa-apanya tuh alias masih kosong :P

Update! Baca: Cara membuat web dengan CMS di idHostinger
Semoga bermanfaat.



emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Memilih domain untuk di idhostinger dan anda bisa menemukan artikel Memilih domain untuk di idhostinger ini dengan url http://www.nova13.com/2012/03/memilih-domain-untuk-di-idhostinger.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Memilih domain untuk di idhostinger ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Memilih domain untuk di idhostinger sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



27 Comments:

  1. Sudah beberapa bulan ke belakang pake idhostinger, masih banyak error sob... bahkan hosting di 000webhost langsung di redirect ke idhostinger

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang error tuh di 000webhost kang, (unsure) kayaknya masih mending hostinger deh.. (okok)

      Hapus
  2. server idhostinger masih di luar negeri gan, belum ada server lokal nya,tapi bagus performa nya, saya juga udh coba.
    tutorial yang menarik, sangat bermanfaa gan, terima kasih telah berbagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih katanya di manchester, Inggris rak servernya :P
      tp bahasanya pake Indonesia tuh, :i:

      Hapus
  3. Thanks's info nya gan. Gan boleh nanya! saya kan dah buat domain nya, nah terus kalau mau buat subdomain dari domain utamanya gimana biar bisa kebaca urlnya misal: domain utama nya id-gofree.tk dan subdomain nya blog.id-gofree.tk. Pas diketik urlnya dibrowser malah jadi id-gofree.tk/blog. Itu gimana gan cara setting nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang hostingnya ada dimana? kalo mau buat subdomain dari domain utama, sesuaikan dengan settingan di kontrol panel domain anda. sebab setiap penyedia domain mempunyai pengaturan yg berbeda beda

      Hapus
  4. klo kemarin membahas bagaimana cara untuk mendapatkan ID atau cara mendaftarlah dalam istilah populernya....klo sekarang cara untuk memilih domainnya....sungguh info yang sangat bagus nih....tp ane masih belum kepikiran utnuk membuatnya coz ane lg sibuk banget nih....hehehee

    BalasHapus
  5. cara memaksimalkan web di idhostinger gimana gan?

    BalasHapus
  6. bagaimana ya, ko sudah dua hari gak bisa masuk ke wordpressnya setelah di instal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha masih ingat gak username sama password wordpress nya? kalo masih, yaa tinggal login aja, gitu kok repot :P

      Hapus
  7. Punten, saya pemula hem.. klo pake cara yg pertama, bayar apa gak? saya bisa kena bayaran gak? saya gak ngerti tolong dijawab ya... :D

    BalasHapus
  8. Setting recordnya gimana gan? masih bingung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kok, coba cari di menu cpanelnya, pokoknya yg ada tulisan DNS

      Hapus
  9. bisa ngak kalo aku gratisan tapi domainya pake .com

    BalasHapus
  10. domain dot.com yang murah dimana>>? dan berapa kira2 harganya>?

    BalasHapus
  11. Salam kenal sebelumnya, kalau untuk di sinkronkan dengan domain asia itu gimana caranya ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. domain dot asia maksudnya? berarti kan sm aja pake domain berbayar kan?

      Hapus
  12. kalau cara transfer domain .com ke idhostinger gimana gan? makasih sebelumnya.

    BalasHapus
  13. Maksih Infonya gan, Tapi saya mau kasih Masukan nih kalau boleh, yaitu usahakan domain di kunjungi banyak orang, masimal 3 bulan, 3bln tidak login /situs sepi pengunjung, domain di pending, kemudian Di hapus, Jadi amannya Pakai domain sendiri, entah sub domain atau domain utama,
    Moga bermanfaat :-)

    BalasHapus
  14. Numpang nanya, ane udah punya domain dan hosting premium di idhostinger.com, bisakakah ane membuat subdomain situs dr domain yg ane miliki, misalnya: domaingratis.domainku.org ??? ane bingung pilihan subdomain sm dgn yg gratisan dl sprt: p.ht,,zz.mu,,dll,,,Mohon petunjuknya gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo dah punya domain sendiri sih, setinggannya ada di cpanel hosting domainnya situ :) trus di setting dns nya sesuaikan yg ada di idhostinger, ada di profile.

      Hapus
  15. gan,mau tanya : ane sdh ada domain berbayar sendiri, NS sdh ane setting utk di domain berbayar ane tp sdh 2 hari kok kagak konek ya, pdhl yg di hostinger ane sudah setting forward ke domain baru ane.. minta solusi ya gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kok bisa ya.. dulu pernah nyoba disubdomain blog ini gak nyampe 2 hari tuh.. coba kontak sama pihak idhostinger nya..

      Hapus
  16. mohon penjelasanya,,,

    saya ingin web saya https://khasiatherba.wordpress.com ini ditransfer ke domain/hosting menjadi khasiatherba.890m.com
    bagai mana caranya,,

    maaf baru pemula jadi binggung

    BalasHapus

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j:

PERHATIAN!
>> Yang berkomentar dengan Anonymous tidak akan saya tanggapi, usahakan memakai Name/URL. kalau tidak punya blog, bisa memakai URL profil Facebook, twitter, dll.
>> Gunakan anchor name pada Name/URL yang sewajarnya.

thanks.

Translates