Sabtu, 31 Maret 2012

Memilih domain untuk di idhostinger

Logo IdHostinger
Setelah pada postingan sebelumnya saya membahas tentang bagaimana mendaftar hosting gratisan di idHostinger, seperti janji saya dulu maka akan saya jelaskan opsi untuk memilih domain yang sesuai untuk anda. melanjutkan postingan saya yang sebelumnya, sudah sampai tahap tentang aktifasi akun lewat email. Setelah klik link aktivasi dari email, anda akan menuju halaman konfirmasi aktivasi dan pendaftaran situs pertama. Disana akan muncul komentar bahwa aktifasi Anda selesai. "Pendaftaran selesai! Sekarang Anda dapat membuat akun". Seperti gambar berikut:
Hosting Gratis dari Idhostinger

Nah, perhatikan gambar diatas, muncul isian untuk membuat sebuah Akun Baru. Oke, sebelum anda melanjutkan proses pembuatan akun di IdHostinger dengan sebuah domain, saya akan memberikan keterangan penting, yang mesti anda perhatikan. Dapat saya ketegorikan bagi anda yang sudah mendaftar dan akan membuat website di idHostinger, antara lain:
  1. Domain gratis, dengan subdomain yang sudah disediakan oleh IdHostinger. (Disarankan)
  2. Mempunyai domain gratis sendiri (misal: co.cc) dan hosting di idHostinger.
  3. Memiliki domain berbayar sendiri, bisa domain utama atau subdomain saja. (Bagi yang sudah mahir, sebab perlu pengaturan DNS).
Setelah saya kategorikan seperti diatas, anda bisa menentukan, anda pada posisi nomor berapa. Dan saya disini hanya ingin memandu anda yang ingin membuat website di idHostinger. Ada 3 (tiga) opsi yang bisa anda pilih, sebab di IdHostinger memiliki kebijakan yaitu bagi akun yang free dan akun premium, tetapi fitur yang ditawarkan lebih lengkap untuk akun yang premium. saya akan mulai dengan opsi yang pertama, lalu opsi selanjutnya.

#1. Memakai subdomain gratis dari IdHostinger (disarankan!)
Pada gambar diatas, ada dua buah opsi untuk membuat akun dengan domain, salah satunya menggunakan subdomain gratis. Bila anda menginginkannya, silahkan pilih opsi kedua, yaitu "Saya ingin memilih subdomain anda". Lalu isikan semua form kolom yang tersedia.
  • Memilih subdomain gratis. silahkan anda mengisi dengan nama yang anda inginkan, subdomain yang disediakan yaitu xxx.16mb.com (misal: website.16mb.com), akan ada notif kalau nama tersebut masih tersedia atau tidak. jika masih ada, silahkan lanjut.
  • Pilih hosting plan gratis saja.
  • Untuk password, isikan password/kata sandi anda, lalu ulangi lagi di form bawahnya. Selanjutnya, isikan kode verifikasi.
  • Jika sudah, klik tombol Buat. Tunggu beberapa saat, sampai ada tulisan, "Situs berhasil dibuat", klik lihat hasil, maka anda akan ditampilkan hasilnya. Domain anda akan aktif dalam beberapa waktu.
#2. Saya ingin menggunakan domain gratis saya sendiri (co.cc).
Untuk opsi kedua ini, anda terlebih dulu diwajibkan mendaftar dan mempunyai domain gratisan, semisal Co.CC. Baca: Panduan Mendaftar Domain Gratis CO dot cc. Hanya saja, pada gambar diatas, anda memilih opsi buat akun baru yang pertama, yaitu Saya ingin menggunakan domain saya sendiri. Bedanya, isikan saja alamat domain co.cc anda, lalu ikuti langkah seperti diatas. Setelah anda sampai ke halaman cpanel idhostinger, maka anda disuruh untuk menautkan/pointing ke settingan domain gratisan anda. Untuk itu, silahkan login ke akun co.cc milik anda. lalu pilih opsi isi DNS.

#3. Memiliki domain berbayar sendiri.
Untuk opsi ketiga ini, sedikit mirip dengan opsi yang kedua, sama-sama menggunakan domain sendiri selain subdomain gratis yang ditawarkan oleh IdHostinger. Langsung saja, anda pastikan sudah masuk halaman Kontrol Panel akun anda. Jika belum terpoint DNS domain anda dengan IdHostinger, biasanya akan muncul notif di bagian atas kontrol panel anda. Kemudian di bagian atas (Akun), pilih Detail.
profil kontrol panel

Lalu, akan ada informasi Detail NameServer untuk bisa anda settingkan pada akun domain anda (Sesuaikan dengan webhosting yang anda daftarkan domain berbayar anda).
Details NameServer
Kira-kira terdapat 4 (empat) buah NS (NameServer) yang harus anda settingkan di CPanel/SPanel domain milik anda, biasanya pada host record A akan diisi dengan nama subdomain anda (bila menggunakan subdomain milik anda). Perlu diperhatikan, butuh waktu beberapa jam untuk bisa aktif, jadi mohon sabar. Kalau anda masih bingung, bisa minta bantuan pada pihak penyedia domain anda. Pasti dibantu kok :)

Oke, bila anda sudah berhasil, saya ucapkan selamat aja deh :D apabila ada pertanyaan mengenai ini, bisa anda tanyakan di kolom komentar dibawah. Untuk postingan selanjutnya, mungkin akan saya bahas sedikit bagaimana menginstall CMS dengan mudah, kan meski domain anda sudah jadi, tapi belum ada apa-apanya tuh alias masih kosong :P

Update! Baca: Cara membuat web dengan CMS di idHostinger
Semoga bermanfaat.



emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Memilih domain untuk di idhostinger dan anda bisa menemukan artikel Memilih domain untuk di idhostinger ini dengan url http://www.nova13.com/2012/03/memilih-domain-untuk-di-idhostinger.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Memilih domain untuk di idhostinger ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Memilih domain untuk di idhostinger sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



Translates