Selasa, 03 April 2012

Comment SPAM pada Blogger, valid kah?

SPAM Comment
Wah, udah bulan baru aja nih, April. Saya sempatkan untuk mengupdate blog nova13 untuk pertama kali dibulan ini, sekaligus menggenapkan postingan saya yang ke 180. Topik saya yang akan dibahas di sini ialah mengenai komentar Spam yang ada di blogspot, terutama dengan platform Blogger. Berbicara mengenai komentar Spam, mungkin menurut saya blog yang jadi sasaran dari para spammer yaitu wordpress, kenapa? itu menurut pengalaman saya, jika tidak ada plugin yang mencegah komen spam, seperti akismet, ataupun memakai captcha, nah di blogger sendiri sebenarnya sudah mempunyai fitur verifikasi komentar, tujuannya? ya itu, untuk mengurangi komentar spam yang bukan di lakukan oleh robot, bukan dari manusia.

Saya sebenarnya ingin memberikan tips mengatasi komen spam tersebut yang saya kutip dari support google, namun saya juga masih belum mengerti, kriteria apa saja yang dikategorikan spam oleh pihak blogger. Begini ceritanya, beberapa hari yang lalu ada sahabat blogger yang berkomentar di blog saya ini, dari bahasa yang dipakai atau pun kalimatnya, menurut saya biasa saja, namun anehnya kok malah masuk ke comment spam oleh blogger? Kasus ini juga banyak yang terjadi, karena alasan yang logis serta komentar yang membutuhkan jawaban (kalau komen pertanyaan) dan berbobot, maka saya akan publis komen itu meski tadinya masuk spam. Kasus ini tidak juga saya saja yang mengalami, banyak di luar sana yang serupa, terutama yang menggunakan blogger.

Saya juga pernah berkomentar di salah satu blog (blogger juga), anehnya kok komentar saya hilang setelah di refresh, saya kira di hapus oleh adminnya, setelah itu si admin memberi tau kalau komen saya masuk spam, haduh. Memang sih, saya komennya agak panjang, tapi saya ketikkan secara manusiawi banget bukan pake bot dan tak pantas masuk spam. Yang pakai anchor/name yang aneh-aneh (lagi ngejar backlink) di komentar, tidak dianggap sebagai spam, tapi yang pake nama asli malah di anggap spam. Satu lagi, ada 2 tipe, komentator dengan Blogger Profil dan komentator dengan Name/Url, kalau valid sih yang pake blogger profile, namun ada juga yang masih masuk spam, kalau yang pake Name/Url banyak, tapi biasanya yang hanya memakai Anonymous itu yang masuk spam, paling parah itu yang komen pakai bahasa planet yang pasti saya dan anda tidak ngerti.

Oke deh, daripada pusing, saya berikan info mengenai comment spam yang ada di blogger:
  • Di blogger, hanya ada 5 (lima) tag HTML yang di perbolehkan. Antara lain: <a> (untuk membuat link, tidak disarankan), <strong> dan <br> (untuk teks tebal/Bold), serta <em> dan <i> (untuk membuat teks miring).
  • Semua link pada komentar di Blogger, secara default tersetting dengan tag rel=nofollow, jadi tidak mendapatkan tambahan backlink untuk PageRank. Tapi jika anda berbaik hati bagi yang komen, anda boleh mengubahnya menjadi dofollow, namun resikonya blog anda akan jadi sasaran spammer.
  • Anda bisa memilih untuk menerima notifikasi lewat email apabila ada komentar baru di blog yang masuk. Dengan langkah ini, anda bisa memantau komen tersebut spam atau bukan, dan menghapusnya jika dibutuhkan.
  • Anda dapat mengaktifkan verifikasi kata (word verification) untuk kolom komentar blog anda. hal ini menjadi keamanan ekstra jika ada yang berkomentar spam, dan langsung di tempatkan di spam comment.
  • Dengan mengaktifkan moderasi komentar (comment moderation), anda dapat melihat dan memantau komentar baru yang masuk dan memberikan pilihan untuk di terima ataupun di tolak untuk tampil di blog anda.
Mungkin itu dulu yang bisa saya sampaikan kepada anda mengenai komentar Spam di blogger, bila ada yang menambahkan, bisa berkomentar di bawah.
Semoga bermanfaat.



emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Comment SPAM pada Blogger, valid kah? dan anda bisa menemukan artikel Comment SPAM pada Blogger, valid kah? ini dengan url http://www.nova13.com/2012/04/comment-spam-pada-blogger-valid-kah.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Comment SPAM pada Blogger, valid kah? ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Comment SPAM pada Blogger, valid kah? sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



26 Comments:

  1. Bener banget mas. Saya juga pernah mengalami hal yang sama.
    Ada notifikasi lewat email bahwa ada komentar masuk. Waktu saya lihat langsung di post nya, komentarnya ga muncul, ternyata dianggap spam padahal tidak ada link atau hal yang aneh dengan komentar itu.
    Sependapat sama mas, saya juga bingung bagaimana kriteria spam menurut blogger. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, filter spam oleh blogger aneh.. (unsure)
      tadinya gak ada verifikasi katanya, sekarang tak kasih di komentar blog ini (okok)

      Hapus
  2. nah dibahas juga akhirnya disini. Tapi masih bingung kadang kita berkomentar 10 kata atau lebih tanpa embel2 apa2 ,,, malah masuk spam ,,, apa penyebabnya? masih belum tahu pasti penyebabnya.

    wilujeng ngeblog

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itu, kadang2 bikin penasaran juga kang, kok bisa yak? tp di blogger itu ada filter spam, di menu comments | spam, itu kayaknya seperti forum di google. biar bisa ngasih saran gitu..

      Hapus
  3. kejadiannya seperti yang terjadi pada blog saya mas nova, banyak komentar yang masuk ke spam dan aneh lagi komentar bahasa inggris yang tidak aku mengerti malah masuk ke comment biasa, aneh memang

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener nih, hampir semua blogger mengalami hal aneh ini :f: kalo memang ada komen spam yang gak jelas lolos dari spam, mending lgsg delete aja (devil)

      Hapus
  4. penanganan Spam pada blogger masih krg sempurna.

    tidak spam masih di anggap spam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul tuh, sepertinya comment spam di blogger kayak versi beta aja :D masih banyak kekurangannya

      Hapus
  5. kalau di blog ane, gak tahu kenapa kalau ada kometar yang di anggap spam otomatis gak ditampilkan gan, terus langsung masuk foldr spam...

    salam kenal ya gan, berkunjung dan beromentar juga ya di blog ane.

    BalasHapus
    Balasan
    1. (unsure) yaah, bukannya itu dah bener om? :h:
      saran saya, coba gunakan captcha di komen blogger

      Hapus
  6. Saya juga heran mas, apa blogger juga pake istilah like and dislike trhadap komentar? Makanya, saya ga pake moderate komentar dan verifikasi komentar lagi. Sekadar untuk belajar gimana validasi komentar spam oleh blogger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah kok malah kayak di fb aja (haha) like this yoo

      Hapus
  7. di blog saya juga gitu gan, saya sih selagi comennt itu masih sejalan dengan alur cerita yang di postingan, pasti saya terbitkan gan hehe,..

    BalasHapus
  8. klo blog ane sich masih baru jadi....
    belum ane pasang moderasinya gan....

    BalasHapus
  9. di blog aku juga gitu kak, ada yg masuk spam,
    tpi selama masih sopan aku tampilkan aja komentnya diremove dari folder spam :p
    mungkin belum ada ketentuan yg valid end tegas tentang spam ye??

    BalasHapus
  10. ntah kenapa kadang-kadang ada komentar yang masuk spam padahal gak ada yang aneh-aneh..

    BalasHapus
  11. Akismet juga kadang kurang akurat mencegah komentar spam

    BalasHapus
  12. Sekarang google lebih teliti dan selektif terhadap komentar yang masuk mas :D salah salah jika blog kita banyak terdetaksi SPAM bisa berimbas pada di bannednya akun, seperti yang saya alami :(

    BalasHapus
  13. Iyaahhh, filter blogger memang rada erorr. Yg make profil notabene gak ada link2 malah masuk spam. Yang pake name/url plus naruh link mlah tembus.

    BalasHapus
  14. langsung periksa spam di blogger dan hasilnya.....banyak blog teman2 nyangkut disana :malu:

    BalasHapus
  15. aku dulu pake captcha tapi ga lagi karena temanku bilang dia mau komen tapi susah, iya spam emang aneh, pernah yang sebelumnya bukan spam eh pas komen lagi jadi spam tapi aku tetap tahu sih ada spam atau tidak karena aku mantau dari email dan habis itu pasti aku tampilin karena sejauh ini komennya ga ada yang aneh2 :)

    BalasHapus
  16. Sepertinya saya juga punya masalah yang sama gan... :)
    Ada beberapa komentar yang di anggap spam.. Sebenarnya spam itu sendiri saya juga tidak tahu dan bagaimana cara kerjanya..

    BalasHapus
  17. Thanks Ifonya sob
    www.getcheaters.blogspot.com

    BalasHapus
  18. Saya masih bingung dengan indikasi komentar spam atau bukan, mohon pencerahan, maaf newbie

    BalasHapus

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j:

PERHATIAN!
>> Yang berkomentar dengan Anonymous tidak akan saya tanggapi, usahakan memakai Name/URL. kalau tidak punya blog, bisa memakai URL profil Facebook, twitter, dll.
>> Gunakan anchor name pada Name/URL yang sewajarnya.

thanks.

Translates