Selasa, 03 April 2012

Comment SPAM pada Blogger, valid kah?

SPAM Comment
Wah, udah bulan baru aja nih, April. Saya sempatkan untuk mengupdate blog nova13 untuk pertama kali dibulan ini, sekaligus menggenapkan postingan saya yang ke 180. Topik saya yang akan dibahas di sini ialah mengenai komentar Spam yang ada di blogspot, terutama dengan platform Blogger. Berbicara mengenai komentar Spam, mungkin menurut saya blog yang jadi sasaran dari para spammer yaitu wordpress, kenapa? itu menurut pengalaman saya, jika tidak ada plugin yang mencegah komen spam, seperti akismet, ataupun memakai captcha, nah di blogger sendiri sebenarnya sudah mempunyai fitur verifikasi komentar, tujuannya? ya itu, untuk mengurangi komentar spam yang bukan di lakukan oleh robot, bukan dari manusia.

Saya sebenarnya ingin memberikan tips mengatasi komen spam tersebut yang saya kutip dari support google, namun saya juga masih belum mengerti, kriteria apa saja yang dikategorikan spam oleh pihak blogger. Begini ceritanya, beberapa hari yang lalu ada sahabat blogger yang berkomentar di blog saya ini, dari bahasa yang dipakai atau pun kalimatnya, menurut saya biasa saja, namun anehnya kok malah masuk ke comment spam oleh blogger? Kasus ini juga banyak yang terjadi, karena alasan yang logis serta komentar yang membutuhkan jawaban (kalau komen pertanyaan) dan berbobot, maka saya akan publis komen itu meski tadinya masuk spam. Kasus ini tidak juga saya saja yang mengalami, banyak di luar sana yang serupa, terutama yang menggunakan blogger.

Saya juga pernah berkomentar di salah satu blog (blogger juga), anehnya kok komentar saya hilang setelah di refresh, saya kira di hapus oleh adminnya, setelah itu si admin memberi tau kalau komen saya masuk spam, haduh. Memang sih, saya komennya agak panjang, tapi saya ketikkan secara manusiawi banget bukan pake bot dan tak pantas masuk spam. Yang pakai anchor/name yang aneh-aneh (lagi ngejar backlink) di komentar, tidak dianggap sebagai spam, tapi yang pake nama asli malah di anggap spam. Satu lagi, ada 2 tipe, komentator dengan Blogger Profil dan komentator dengan Name/Url, kalau valid sih yang pake blogger profile, namun ada juga yang masih masuk spam, kalau yang pake Name/Url banyak, tapi biasanya yang hanya memakai Anonymous itu yang masuk spam, paling parah itu yang komen pakai bahasa planet yang pasti saya dan anda tidak ngerti.

Oke deh, daripada pusing, saya berikan info mengenai comment spam yang ada di blogger:
  • Di blogger, hanya ada 5 (lima) tag HTML yang di perbolehkan. Antara lain: <a> (untuk membuat link, tidak disarankan), <strong> dan <br> (untuk teks tebal/Bold), serta <em> dan <i> (untuk membuat teks miring).
  • Semua link pada komentar di Blogger, secara default tersetting dengan tag rel=nofollow, jadi tidak mendapatkan tambahan backlink untuk PageRank. Tapi jika anda berbaik hati bagi yang komen, anda boleh mengubahnya menjadi dofollow, namun resikonya blog anda akan jadi sasaran spammer.
  • Anda bisa memilih untuk menerima notifikasi lewat email apabila ada komentar baru di blog yang masuk. Dengan langkah ini, anda bisa memantau komen tersebut spam atau bukan, dan menghapusnya jika dibutuhkan.
  • Anda dapat mengaktifkan verifikasi kata (word verification) untuk kolom komentar blog anda. hal ini menjadi keamanan ekstra jika ada yang berkomentar spam, dan langsung di tempatkan di spam comment.
  • Dengan mengaktifkan moderasi komentar (comment moderation), anda dapat melihat dan memantau komentar baru yang masuk dan memberikan pilihan untuk di terima ataupun di tolak untuk tampil di blog anda.
Mungkin itu dulu yang bisa saya sampaikan kepada anda mengenai komentar Spam di blogger, bila ada yang menambahkan, bisa berkomentar di bawah.
Semoga bermanfaat.



emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Comment SPAM pada Blogger, valid kah? dan anda bisa menemukan artikel Comment SPAM pada Blogger, valid kah? ini dengan url http://www.nova13.com/2012/04/comment-spam-pada-blogger-valid-kah.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Comment SPAM pada Blogger, valid kah? ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Comment SPAM pada Blogger, valid kah? sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



Translates