Jumat, 04 Mei 2012

Cara Buat Email Domain di Google Apps

Cara Buat Email Domain di Google Apps
Baru sempat update blog lagi padahal sudah masuk awal bulan mei. Tentang topik postingan yang akan saya sampaikan, kembali mengenai email yang memakai domain pribadi anda sendiri. Sebelumnya saya sudah posting juga mengenai hal ini dengan judul Cara membuat email dengan domain sendiri pada Windows Live. Namun sekarang, bedanya saya ingin membagi cara menggunakan Google Apps, konsepnya sama, cuma beda penyedia layanan email saja. Oke langsung saja mencoba, sebelumnya anda diwajibkan memiliki domain sendiri, boleh memakai domain gratisan, yang terpenting sudah support DNS.

#Cara Pendaftaran & Verifikasi domain di Google Apps
1. Silahkan menuju situs resmi Google Apps di https://www.google.com/a/cpanel/standard/new3?hl=id kemudian isikan dengan domain anda sendiri, lalu klik Submit/Kirim, secara otomatis dibagian bawah akan tersedia username untuk nantinya alamat email di domain anda, isikan username dan password. Bisa dilihat seperti dibawah ini:
mengisi domain pada Google Apps

2. Setelah langkah nomor 1 diatas selesai, dibagian bawah akan ada form untuk anda isikan data-data dengan lengkap, lalu bagian paling bawah jangan lupa centang dan klik tombol Saya Setuju/I Accept!
Accept Button Google Apps

3. Sesaat anda akan diarahkan ke dashbor Google Apps, untuk memverifikasi domain anda yang berguna memastikan anda pemilik domain tersebut, silahkan klik Verifikasi Domain Anda.
Verifikasi domain di Google Apps

4. Klik Berikutnya/Next
Step verifikasi domain anda

5. Nah, sekarang saatnya mengambil kode verifikasi untuk dipasang/paste pada blog domain anda. Untuk lebih mudah, silahkan pilih tab menu Mode Alternatif atau Alternate methods, lalu pilih Add Meta tag (tambahkan tag meta).
Tambah kode verifikasi meta tag

6. Silahkan copy lalu pastekan kode seperti diatas pada edit HTML blog anda, jika sudah, anda tinggal kembali lagi ke Google Apps dan klik Verifikasi.
Tombol verifikasi

7. Jika sukses, maka anda akan melihat konfirmasi sukses verifikasi domain anda pada Google Apps. Klik Lanjutkan.
berhasil verifikasi domain
Selamat! anda sudah sukses mendaftar dan juga memverifikasi domain anda sendiri di Google Apps. Sekarang anda bisa lanjut langkah selanjutnya. Jika anda menemui tampilan lagi tentang promo dari Google Apps, abaikan saja dengan klik tanda x. Anda akan kembali lagi ke step yang sama untuk menambahkan user/pengguna lain di email domain anda. Untuk sementara anda bisa klik Lakukan ini nanti.


#Setting domain di Google Apps
1. Lanjut ke tahap ini, pilih Gmail dengan mencentang. Lalu klik Berikutnya atau Next.
Menyiapkan Google Apps

2. Anda klik Next/berikutnya terus sampai masuk tahap domain anda memakai layanan yang mana, bila tidak ada di list, pilih Lainnya seperti gambar dibawah, lalu klik Berikutnya.
Domain record mx

3. Sekarang tahap yang sangat penting, anda akan disediakan settingan untuk anda terapkan dengan jasa penyedia domain anda, untuk hal ini Setting DNS menggunakan MX Record dari Google.
MX Record Google Apps

4. Saatnya mensetting DNS domain anda, masuk ke Cpanel masing-masing. Sebagai contoh saya menggunakan Cpanel milik hosting gratis dengan Idhostinger.
DNS Zone Editor Idhostinger

Tambah record baru
Gambar diatas contoh untuk memasukkan MX Record, sedang data yang lain bisa anda lakukan cara yang sama. jangan lupa tambahkan prioritas, lalu klik Tambah Record Baru. Anda sesuaikan dengan penyedia domain anda karena tiap provider hosting domain tampilan DNS record berbeda-beda.
MX record idhostinger
5. Tugas anda di cpanel domain anda sudah selesai jika sudah menambahkan semua settingan MX Record ke DNS editor domain seperti gambar diatas. Kembali lagi ke Google Apps, anda tinggal klik Next next saja, atau anda tidak ingin menunggu lama, bisa klik Lakukan ini nanti. Sampai kembali lagi ke Dasbor Google Apps anda. Seperti gambar berikut ini menunjukkan status bahwa email domain anda sedang pending karena update MX Record, jadi anda harus menunggu kurang lebih selama 48 Jam dulu, silahkan klik cek Status.
Cek status update data mx

Sampai tahap ini anda sebenarnya sudah selesai untuk membuat email dengan domain pribadi. Namun, ada satu lagi langkah tambahan, yaitu bagaimana kalau untuk login ke email domain anda sendiri, sedangkan anda tidak hafal. Alamat URL email anda kurang lebih seperti ini (contoh) http://mail.google.com/a/wp.nova13.com dan saya rasa itu terlalu panjang dan susah diingat. Gunakan custom URL email untuk redirect. Bagaimana caranya?
1. pada gambar diatas, klik link Email dan anda langsung ke halaman berikut:
Custom URL Email

2. Klik Ubah URL, lalu isikan alamat subdomain anda atau pilih default bagian bawah. Kemudian klik Lanjut/continue. Anda harus setting CNAME ke cpanel lagi domain anda.
Ubah URL email domain

3. Selanjutnya anda akan diminta untuk menambahkan setting CNAME alias mail dan tujuan atau destination CNAME ghs.google.com (perhatikan, saya mesti menambahkan titik terakhir pada ghs.google.com. bisa jadi berbeda-beda antar penyedia domain).
ghs.google.com

4. Jika sudah, kembali lagi ke Google Apps, klik saya sudah menyelesaikan langkah-langkah tersebut.

Sama seperti langkah diatas, anda harus menunggu kurang lebih 48 Jam untuk lebih aktif. Setelah itu anda bisa login dengan custom url domain email anda sendiri.

Sekian dari saya, semoga berguna.



emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Buat Email Domain di Google Apps dan anda bisa menemukan artikel Cara Buat Email Domain di Google Apps ini dengan url http://www.nova13.com/2012/05/cara-buat-email-domain-di-google-apps.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara Buat Email Domain di Google Apps ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Cara Buat Email Domain di Google Apps sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



59 Comments:

  1. email yg pakai domain sendiri,cuma saya pakai untuk hal2 yg pribadi sob,,,
    oya saya juga heran dari kemarin antara PR di add-ons beda dengan yg di prchecker. Kenapa ya? dan mana yg valid? hihihi ,,,

    wilujeng ngeblog

    BalasHapus
    Balasan
    1. mending di pake aja kang, email dengan domain milik sendiri terlihat lebih keren kang :i: bisa juga dipake teman, sodara, atau keluarga, xixi (haha)

      Hapus
    2. thanks infonya bermanfaat sekali,...
      bisa saya coba dulu, moga2 berhasil gan,...

      Hapus
  2. nah ini nih tutorial yang sangat berguna, saya belum bisa nih bikin email dengan domain sendiri di google apps, makasih gan telah berbagi ilmu, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. owh, kebetulan donk, kalo belum punya email domain, coba dulu gan tutorial diatas (okok)

      Hapus
  3. mantab..
    btw ni website hosting dimana gan..
    lagi cari tempat hosting yang bagus & murah..
    wokoko

    BalasHapus
    Balasan
    1. disini gan :f: http://www.nova13.com/2011/11/panduan-memesanorder-domain-berbayar.html

      Hapus
  4. Awalnya saat melakukan instalasi dan setting rasanya ribet bin rumit, tapi setelah coba beberapa kali untuk beberapa domain ternyata cukup mudah. Nah, klo untuk urusan style logo email gmail bisa kita ganti dengan logo sendiri. Mantap pokoknya :a:

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang lama itu nunggu mx recrodnya :j: sip lah kalo dah berhasil. iye emg bisa diganti logo gmail nya :c:

      Hapus
  5. pengen belajar banyak...thanks

    BalasHapus
  6. Sob, ulasan yang sangat menarik tentang Cara Buat Email Domain di Google Apps.

    Oh ya, saya kebetulan kan buka blog ini pakai HP. Dan setelah saya perhatikan sepertinya Sobat belum melakukan optimasi untuk tampilan mobile blog ini. Jadi bila Sobat berkenan, silakan buka beberapa artikel terkait optimasi blog untuk tampilan seluler, seperti misalnya: membuat daftar artikel terkait blog versi seluler, memasang blogger follow button pd blog seluler, dan lain sebagainya yang saya posting di:

    ilmudi.blogspot.com (dlm kategori: Blog Seluler) dan eltelu.blogspot.com (dlm kategori: Mobile Blog)

    Salam kenal dan salam berbagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, tadinya saya sudah menerapkan untuk bisa diakses via mobile dengan tampilan yang simpel. jadi akan otomatis diarahkan ke tampilan mobile, http://www.nova13.com/?m=1
      namun saya setting kembali, karna di google webmaster malah terjadi duplikat konten,

      Hapus
  7. ooo gituuu.. *manggut2, harus dibaca dengan seksama baru mudeng @_@

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya harusnya gitu donk :P emang sih agak panjang penjelasannya :g:

      Hapus
  8. btw klo make host asli + domain TLD gmn ya? :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang lebih sama konsepnya, maen aja DNS di TLDnya (okok)

      Hapus
  9. bang saya sudah coba, tips di atas tapi hostingnya berbayar gan, saya sudah setting seperti di atas tapi gk bisa nerima email ke googlenya, malah ke email aslinya jadi gk bisa nerima email gimana dong gan, mohon untuk pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. email asli apanya nih? emang dah bisa buka email domainnya sendiri? apa sih domainnya? hosting jg? lah itu aja pake blogspot? :P

      Hapus
  10. kelebihan ini apa gan? masi belum mengerti,,maaf T_T

    BalasHapus
  11. Terima kasih infonya mas. Sudah saya praktekkan, sekarang lagi nunggu proses perubahan MX Record nya.. :a:

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow, pake domain dot teka (okok) gud lak bro

      Hapus
  12. om waktu DNS Zone Editor ya g bsa2
    knapa thu om

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake idhostinger yak? emg gitu mbah :P
      beda kalo hosting berbayar sendiri, tapi tetap bisa diakses tuh, cek pas bagian terakhir, url mail

      Hapus
    2. maksud ya "cek pas bagian terakhir, url mail"
      pa om
      hehehheh baru pertama kali bikin nie

      Hapus
    3. pembahasan paragraf terakhir mBah, (whatever)
      baca lagi

      Hapus
  13. om ini koq isisnya cuma untuk 10 user yah? bukannya dulu itu *pernah baca2* sampai 50 user...

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu kapan oM? (unsure) coba liat di google apps lg deh, ketentuan untuk yg versi free nya, cm 10 user tuh :P

      Hapus
    2. neh om saya kasih screenshot nya >> https://docs.google.com/open?id=0Bx6CFmUvbXLfZ3ZIWkF2dGpEbFU

      emang dulu itu sampai 50 user

      Hapus
  14. om ane ko kga bisa2 ya bkin..masukin meta tag bwat verify aja ditolak mlu..knapa ya om??thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. emg domainnya apa oM? dah bener belum setting dns nya? dah nyoba kalo yg email windows live?

      Hapus
  15. ane dah coba bikin email domain, tapi verifikasi ga2l mulu padahl pake metode (add meta tag) tolong dong infonya. thanks!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo metod meta tag itu kan cara alternatif untuk verifikasi, coba pake cara utama? download file .html yg berisi kode verifikasinya, dan upload ke hosting domain?

      Hapus
  16. Bisa tolong buatkan email domain untuk saya,,,,dah beberapa x coba tapi gak bisa2 ne,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. domain nya apa?? bisa hubungi di contact me (atas)

      Hapus
  17. waduh ga bisa bos ane pake blogspot cuma dah custom domain, kurang ngerti kalo cara yang itu! wktu daftar ane login dulu ke gmail jadinya email ada 2 tuh (eml domain;demansour@deluwak.com) sama (demansour212@gmail.com) kl verifikasi meta tag kan otomatis hrs masuk ke gmail dlu....g bisa pake email domain. tlg ya... thks!:g

    BalasHapus
    Balasan
    1. owh pake custom domain blogger tah? ya masukin aja kode meta tag verifikasinya ke edit html? ya harus login blogger lah, masa gk login sih? :h:

      Hapus
    2. sudah pake cara itu berulang kali mas brow! tp msh ga2l ... gimana y bsa bntu g??? verifikasi gatot! atau request nih bikin artikel khusus bahas ttg verifikasi email domain, mw bljr byk nih tlg y!:d

      Hapus
    3. dah coba pake email domain dgn windows live??

      Hapus
    4. metode verifikasinya gimana??? kl sama saja psti g bisa bos!

      Hapus
  18. owh ya sebagai info, ane kan pake blogspot yg sdh custom domain tapi msh pake hosting default dari blogspot jadi belum punya hosting sendiri, gimana???

    BalasHapus
  19. mantap bang thank's yach :


    jangan lupa bang kunjungi juga blog ane yach

    www.lyricok.co.cc
    www.lirikyes.blogspot.com

    BalasHapus
  20. gan, kalo domain saya bukan di idhostinger, tapi yg idhostinger cuma file gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kan diatas cm contoh aja kalo hostinganya di idhostinger? boleh kok hosting mana pun, asal dah disetting DNS nya

      Hapus
  21. Nova Tri Cahyono...
    Bagaimana cara memindahkan akun Google yang lama ke akun Google Apps?
    Misalnya saya mau pindahkan data Email, FeedBurner,Calender,Google Webmaster dll supaya saya tidak login di google dengan banyak akun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah belum pernah nyoba tuh, punya ku aja login double gmail? :P

      Hapus
  22. Kl akun sih sudah saya buat, tp pusing setting MX recordnya gan,,

    BalasHapus
  23. Mas Nova ,, kenapa ya Domain saya tidak bisa di daftarkan di google Apps ketika saya masukan Domainnya ada tulisan seperti ini :
    "Domain ini telah didaftarkan untuk edisi Google Apps atau produk Postini tertentu. Periksa Pemecah Masalah Pendaftaran untuk membantu menyelesaikan masalah ini."

    hmm.. mungkin Mas Nova bisa bantu.. Sebelumnya terimakasih..
    ini Blog saya http://www.caragampang.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha sebelumnya dah pernah didaftarkan belum domainnya?

      Hapus
  24. Makasih tutorialnya sangat jelas, sudah saya coba dan berhasil...

    BalasHapus
  25. Gan emailnya dah jadi. tapi kenapa waktu mengirim email ke email lain nya ...domian yg sama, Mail Delivery Subsystem mailer-daemon@googlemail.com

    knp gan

    BalasHapus
  26. artikel yg menarik mas, dan saya suka, dan salam kenal dari mico ya, dan juga kalo ada teman2 yg suka dengan film horor,box office silakan kunjungi situs gue ok, dan terima kasih admin nya juga ok

    BalasHapus
  27. Saya Sudah Mencoba nya tetapi tidak mengerti.... Dan Selalu Salah Kalau Mau Verifikasi atau ada tulisan "Konfirmasikan Bahwa Anda Pemilik Domain" Saya KLIK dan Lanjutkan trus saja cari Tulisan Metode Alternatif >> Klik Edit HTML >>Saya copy kode nya, klik verifikasi tetapi gagal trus,,, sudah 10X saya coba gagal trus apakah admin mau membantu sayaa

    BalasHapus
  28. malah makin bingung mas :o:. sekarang bayar ya?
    http://www.dunia-artikelku.com/

    BalasHapus
  29. Gimana cara masuk ke google apps versi gratis. Sepertinya selalu di redirect ke google apps business. Bisa share gk gan?

    BalasHapus
  30. sudah di coba tapi koq yang terbuka google apps bisnis ya?

    BalasHapus

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j:

PERHATIAN!
>> Yang berkomentar dengan Anonymous tidak akan saya tanggapi, usahakan memakai Name/URL. kalau tidak punya blog, bisa memakai URL profil Facebook, twitter, dll.
>> Gunakan anchor name pada Name/URL yang sewajarnya.

thanks.

Translates