Jumat, 04 Mei 2012

Cara Buat Email Domain di Google Apps

Cara Buat Email Domain di Google Apps
Baru sempat update blog lagi padahal sudah masuk awal bulan mei. Tentang topik postingan yang akan saya sampaikan, kembali mengenai email yang memakai domain pribadi anda sendiri. Sebelumnya saya sudah posting juga mengenai hal ini dengan judul Cara membuat email dengan domain sendiri pada Windows Live. Namun sekarang, bedanya saya ingin membagi cara menggunakan Google Apps, konsepnya sama, cuma beda penyedia layanan email saja. Oke langsung saja mencoba, sebelumnya anda diwajibkan memiliki domain sendiri, boleh memakai domain gratisan, yang terpenting sudah support DNS.

#Cara Pendaftaran & Verifikasi domain di Google Apps
1. Silahkan menuju situs resmi Google Apps di https://www.google.com/a/cpanel/standard/new3?hl=id kemudian isikan dengan domain anda sendiri, lalu klik Submit/Kirim, secara otomatis dibagian bawah akan tersedia username untuk nantinya alamat email di domain anda, isikan username dan password. Bisa dilihat seperti dibawah ini:
mengisi domain pada Google Apps

2. Setelah langkah nomor 1 diatas selesai, dibagian bawah akan ada form untuk anda isikan data-data dengan lengkap, lalu bagian paling bawah jangan lupa centang dan klik tombol Saya Setuju/I Accept!
Accept Button Google Apps

3. Sesaat anda akan diarahkan ke dashbor Google Apps, untuk memverifikasi domain anda yang berguna memastikan anda pemilik domain tersebut, silahkan klik Verifikasi Domain Anda.
Verifikasi domain di Google Apps

4. Klik Berikutnya/Next
Step verifikasi domain anda

5. Nah, sekarang saatnya mengambil kode verifikasi untuk dipasang/paste pada blog domain anda. Untuk lebih mudah, silahkan pilih tab menu Mode Alternatif atau Alternate methods, lalu pilih Add Meta tag (tambahkan tag meta).
Tambah kode verifikasi meta tag

6. Silahkan copy lalu pastekan kode seperti diatas pada edit HTML blog anda, jika sudah, anda tinggal kembali lagi ke Google Apps dan klik Verifikasi.
Tombol verifikasi

7. Jika sukses, maka anda akan melihat konfirmasi sukses verifikasi domain anda pada Google Apps. Klik Lanjutkan.
berhasil verifikasi domain
Selamat! anda sudah sukses mendaftar dan juga memverifikasi domain anda sendiri di Google Apps. Sekarang anda bisa lanjut langkah selanjutnya. Jika anda menemui tampilan lagi tentang promo dari Google Apps, abaikan saja dengan klik tanda x. Anda akan kembali lagi ke step yang sama untuk menambahkan user/pengguna lain di email domain anda. Untuk sementara anda bisa klik Lakukan ini nanti.


#Setting domain di Google Apps
1. Lanjut ke tahap ini, pilih Gmail dengan mencentang. Lalu klik Berikutnya atau Next.
Menyiapkan Google Apps

2. Anda klik Next/berikutnya terus sampai masuk tahap domain anda memakai layanan yang mana, bila tidak ada di list, pilih Lainnya seperti gambar dibawah, lalu klik Berikutnya.
Domain record mx

3. Sekarang tahap yang sangat penting, anda akan disediakan settingan untuk anda terapkan dengan jasa penyedia domain anda, untuk hal ini Setting DNS menggunakan MX Record dari Google.
MX Record Google Apps

4. Saatnya mensetting DNS domain anda, masuk ke Cpanel masing-masing. Sebagai contoh saya menggunakan Cpanel milik hosting gratis dengan Idhostinger.
DNS Zone Editor Idhostinger

Tambah record baru
Gambar diatas contoh untuk memasukkan MX Record, sedang data yang lain bisa anda lakukan cara yang sama. jangan lupa tambahkan prioritas, lalu klik Tambah Record Baru. Anda sesuaikan dengan penyedia domain anda karena tiap provider hosting domain tampilan DNS record berbeda-beda.
MX record idhostinger
5. Tugas anda di cpanel domain anda sudah selesai jika sudah menambahkan semua settingan MX Record ke DNS editor domain seperti gambar diatas. Kembali lagi ke Google Apps, anda tinggal klik Next next saja, atau anda tidak ingin menunggu lama, bisa klik Lakukan ini nanti. Sampai kembali lagi ke Dasbor Google Apps anda. Seperti gambar berikut ini menunjukkan status bahwa email domain anda sedang pending karena update MX Record, jadi anda harus menunggu kurang lebih selama 48 Jam dulu, silahkan klik cek Status.
Cek status update data mx

Sampai tahap ini anda sebenarnya sudah selesai untuk membuat email dengan domain pribadi. Namun, ada satu lagi langkah tambahan, yaitu bagaimana kalau untuk login ke email domain anda sendiri, sedangkan anda tidak hafal. Alamat URL email anda kurang lebih seperti ini (contoh) http://mail.google.com/a/wp.nova13.com dan saya rasa itu terlalu panjang dan susah diingat. Gunakan custom URL email untuk redirect. Bagaimana caranya?
1. pada gambar diatas, klik link Email dan anda langsung ke halaman berikut:
Custom URL Email

2. Klik Ubah URL, lalu isikan alamat subdomain anda atau pilih default bagian bawah. Kemudian klik Lanjut/continue. Anda harus setting CNAME ke cpanel lagi domain anda.
Ubah URL email domain

3. Selanjutnya anda akan diminta untuk menambahkan setting CNAME alias mail dan tujuan atau destination CNAME ghs.google.com (perhatikan, saya mesti menambahkan titik terakhir pada ghs.google.com. bisa jadi berbeda-beda antar penyedia domain).
ghs.google.com

4. Jika sudah, kembali lagi ke Google Apps, klik saya sudah menyelesaikan langkah-langkah tersebut.

Sama seperti langkah diatas, anda harus menunggu kurang lebih 48 Jam untuk lebih aktif. Setelah itu anda bisa login dengan custom url domain email anda sendiri.

Sekian dari saya, semoga berguna.



emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Buat Email Domain di Google Apps dan anda bisa menemukan artikel Cara Buat Email Domain di Google Apps ini dengan url http://www.nova13.com/2012/05/cara-buat-email-domain-di-google-apps.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara Buat Email Domain di Google Apps ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Cara Buat Email Domain di Google Apps sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



Translates