Senin, 25 Juni 2012

Cara Reset Auto_Increment di phpMyAdmin

phpMyAdmin logo
Sebelumnya maaf banget nih, saya sibuk sedang garap tugas salah satu matakuliah dan sampai belum sempat memposting kembali di blog ini. Postingan terakhir saya pada tanggal 7 Juni tentang Update Terbaru Mozilla Firefox 13 dan sekarang sudah tanggal 25 Juni, jadi mohon maaf ya sobat blogger. Sedikit sharing tentang tugas yang bikin saya sibuk, yaitu membuat website dengan PHP dan MySQL, dan saya akan memposting tipsnya untuk anda yang mungkin membutuhkan info ini. Lebih fokus pada mysql nya dengan menggunakan bantuan phpMyAdmin di localhost. Saya tadinya belum tau bagaimana cara mereset auto_increment pada tabel database jika datanya dihapus semua dan ingin diisi kembali namun menginginkan urutan auto_increment nya kembali mulai dari awal. Anda yang sering main phpMyAdmin juga pernah menemukan kasus tersebut?

Oke saya mulai saja sedikit tipsnya. Persiapannya adalah, di komputer atau laptop anda saya asumsikan sudah terinstall web server yang sudah lengkap apache,php, dan mysql. Kalau di windows bisa pake Xampp,Wamp, atau Apache2Triad. Sedang di Linux seperti ubuntu, tinggal cari di repo kemudian install, bisa pake Lamp (Linux Apache Mysql Php).

1. Aktifkan webservernya(Apache dan mysql), buka browser, ketikkan http://localhost/phpmyadmin
2.  Pilih database yang ingin anda reset ulang auto_increment nya. Lalu jika masih ada datanya, silahkan hapus dulu semua data-dataya. Sebagai contoh gambar dibawah ini. Nama database dan nama tabel sesuaikan dengan milik anda.
phpmyadmin

3. Ketikan perintah alter table nama_tabel_anda auto_increment=0;
4. Kemudian klik tombol Go di kanan bawah.
5. Kalau berhasil mesti muncul notif seperti ini:
success query mysql

Sekarang anda coba kembali isikan data pada tabel anda dengan bantuan Insert table. untuk id (Primary Key) kosongkan saja, sebab akan terisi otomatis.

Cukup mudah bukan? Semoga bermanfaat. Oya, jika anda membutuhkan info setting XAMP, bisa kunjungi artikel ini ya, Cara Menggunakan XAMPP



emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Reset Auto_Increment di phpMyAdmin dan anda bisa menemukan artikel Cara Reset Auto_Increment di phpMyAdmin ini dengan url http://www.nova13.com/2012/06/cara-reset-autoincrement-di-phpmyadmin.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara Reset Auto_Increment di phpMyAdmin ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Cara Reset Auto_Increment di phpMyAdmin sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



4 Comments:

  1. tips2 dari anda memang sangat membantu ga. Dan tips anda di atas tentang membuat website juga ckup jelas step-stepnya, namun menurut saya untuk dapat membuat sebuah website harus disertai dengan pemahaman tentang bahasa pemograman.
    Lain kali kita saling mengunjungi blog ya gan..salam blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, kalo untuk materi ttg membuat website, ada di materi kuliah :P di google jg banyak, xixi

      Hapus

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j:

PERHATIAN!
>> Yang berkomentar dengan Anonymous tidak akan saya tanggapi, usahakan memakai Name/URL. kalau tidak punya blog, bisa memakai URL profil Facebook, twitter, dll.
>> Gunakan anchor name pada Name/URL yang sewajarnya.

thanks.

Translates