Minggu, 29 Juli 2012

Cara Custom Permalink pada Blogger

Permalink pada Blogger
Saya akan membahas tentang fitur terbaru dari blogger yaitu custom permalink. Saya tau tentang info ini dari blogger buzz dan juga sudah banyak teman blogger lain yang membahas ini. Mungkin anda yang belum tau tentang apa itu permalink? Jadi permalink itu adalah singkatan dari permanent link, jadi fungsinya seperti alamat website atau blog yang tertulis di address bar browser, biasanya terlihat panjang, penempatannya setelah url utama, dan memakai tanda strip atau garis bawah untuk sebagai pengganti spasi, lalu terkadang ada akhiran .html, .php, .asp, dan sebagainya.

Blogger dalam menentukan permalink url itu berdasarkan judul artikel posting yang di ambil, jadi dulu sebelum ada fitur custom permalink ini, anda tidak bisa mengubahnya selain mengakalinya. Maksudnya adalah ada batasan jumlah karakter yang diperbolehkan untuk menjadi permalink yang diambil dari judul posting, yaitu sebanyak 39 karakter termasuk spasi, jadi kalau judul posting anda lebih dari 39 karakter, maka akan terpotong permalinknya. Berbeda dengan platform Wordpress yang bisa di edit sesuka authornya untuk menentukan permalink dan juga jumlah karakter juga bisa sangat banyak, mungkin sampai 80 karakter.

Namun sekarang para blogger termasuk saya tidak usah kawatir, sebab dengan diluncurkan fitur terbaru blogger untuk custom permalink ini, anda bisa mengedit permalink sesuka anda. Lalu apa fungsinya? Anda yang bermain SEO pasti akan paham, dengan custom permalink bisa dimungkinkan kata kunci yang diincar berbeda antara judul posting dengan di permalink. Meski Judul posting blog adalah paling penting dan menentukan bagi posisi artikel blog anda di Search Engine semacam Google, permalink merupakan yang terpenting setelah judul posting, baru kemudian deskripsi singkat posting blog yang akan muncul di hasil pencarian Google.

Oke langsung saja praktek, namun sebelumnya ada beberapa hal yang harus anda perhatikan antara lain:
1. Custom Permalink hanya bisa ditemukan pada tampilan blogger terbaru
2. Hanya bisa dilakukan pada saat membuat posting baru, bukan edit post
3. Penggunaan spasi harus digantikan karakter strip (-)
4. Jika sebelumnya dibatasi 39 karakter, dengan custom permalink ini bisa lebih dari 39 karakter.
Jika anda sudah paham keempat hal diatas, anda bisa mencobanya. Coba anda tulis judul postingan blog anda, maka secara otomatis blogger akan me-generate url permalink nya.
Apabila anda menulis post pada bulan juli 2012, maka URL posting akan seperti ini:
www.namablog.blogspot.com/2012/07/CustomURL.html
yang cetak tebal adalah yang nantinya akan di custom URL nya. Pada editor posting blogger anda, di sebelah kanan ada opsi Permalink dan apabila di klik akan muncul pilihan, lalu pilih yang Custom URL.
Cara Custom URL Permalink pada Blogger Blogspot

Misal anda akan mengubah permalink URL nya menjadi "Custom Permalink URL", maka sebaiknya seperti ini:
www.namablog.blogspot.com/2012/07/custom-permalink-url.html
Perlu anda ketahui bahwa karakter yang diizinkan untuk custom URL Permalink yaitu: a-z, A-Z, 0-1 dan karakter spesial yang tersedia adalah underscore, dash, dan period.

Selamat mencoba.



emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Custom Permalink pada Blogger dan anda bisa menemukan artikel Cara Custom Permalink pada Blogger ini dengan url http://www.nova13.com/2012/07/cara-custom-permalink-pada-blogger.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara Custom Permalink pada Blogger ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Cara Custom Permalink pada Blogger sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



8 Comments:

  1. saya udah pernah mencobanya.. :)

    BalasHapus
  2. selamat bertemu kembali sodara Nova, yang saya tidak begitu mengerti, apa kegunaan kita merubah permalink tersebut..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kegunaannya dah dijawab komen di bawah :P

      Hapus
  3. sekarang kadang aku pakai custom url, kadang ga... tergantung lagi nembak keyword ga? he he

    BalasHapus
  4. dulu kan mesti ati2 milih judul postingan, biar gk kelewat 39 karakter, tp skrg lebih mudah :i:

    BalasHapus
  5. Betul sob lebih mudah untuk proses pembuatan url secara custom,,,,

    BalasHapus

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j:

PERHATIAN!
>> Yang berkomentar dengan Anonymous tidak akan saya tanggapi, usahakan memakai Name/URL. kalau tidak punya blog, bisa memakai URL profil Facebook, twitter, dll.
>> Gunakan anchor name pada Name/URL yang sewajarnya.

thanks.

Translates