Selasa, 10 Juli 2012

Content Filter di Google Play

Google Play
Saya kemaren hari minggu menonton acara tren techno di metro dan sedang membahas tentang keamanan di sistem operasi android. Pas banget temanya sebab saya juga sudah punya smartphone android. Di acara tersebut, mengambil topik android sebab sudah kita ketahui bersama kalau OS besutan Google ini sudah merajai pasar penjualan smartphone di dunia, terlebih lagi di Indonesia. Dengan berkembangnya Android ini dan semakin banyak saja orang yang memilikinya, tentu kita tidak bisa terlena mengenai ancaman terhadap device atau gadget android yang dimiliki. Ancaman bisa berasal dari mana saja, bahkan secara tidak kita sadari ancaman tersebut telah menyerang. Anda tentu tau kesuksesan windows dalam persaingan sistem operasi di dunia dalam hal desktop komputer, satu hal yang membuat kesal adalah banyaknya virus dan sebagainya bukan? Hal ini juga sedang terjadi dan mungkin masih akan berlanjut kedepannya. Biasanya yang sedang populer saat ini dan banyak orang memakainya, ancaman berupa virus selalu ada. Meski android di adopsi dari kernel Linux, bukan berarti akan aman dari virus. Ada saja orang-orang yang mempunyai niat jahat, yakni dengan membuat virus lalu menyisipkan script ke dalam aplikasi android tersebut, dan biasanya aplikasi itu hasil dari crack-crackan alias bajakan dari aplikasi yang berbayar kemudian di publikasikan sebagai aplikasi yang gratis, tentu orang yang belum mengerti akan begitu saja mendownload lalu menginstallnya ke android mereka. Secara tak sadar aplikasi itu terdapat virus yang dapat mencuri data-data pribadi milik anda, dan mungkin saja akan disalah gunakan. Jadi hati-hati dalam memilih aplikasi android mulai sekarang. Perhatikan Permissionnya sebelum anda menginstallnya.

Oke, itu sekilas saja yang saya dapat setelah menonton acara tv tersebut. Pas sesi terakhirnya, ada tips yang saya rasa cukup penting juga, ini berlaku bagi orang tua yang sudah memberikan hp android kepada anak yang masih belum cukup umur. Aplikasi android saat ini yang tersedia di Android Market atau sekarang berganti menjadi Google Play sekarang sudah sangat banyak sekali macam dan jumlahnya, begitupun pengembang aplikasi android atau developernya yang terlibat disana. Perlu anda ketahui tidak semuanya aplikasi aman untuk diakses untuk anak dan remaja yang belum dewasa. Sebab ada beberapa aplikasi yang notabene dikhususkan untuk mereka yang sudah dewasa. Nah ini juga tidak baik digunakan oleh anak-anak. Tips berikut bisa anda coba untuk memproteksi kegiatan berselancar bagi anak-anak dan mengakses Google Play dengan aman dan nyaman. Info resmi dari Google bisa anda lihat di link berikut ini. Disitu dijelaskan tentang opsi filtering content yang ada di Google Play, jadi itu dipilih saat developer mempublish aplikasinya dengan memilih kategori aplikasinya termasuk yang mana.

Ikuti petunjuknya berikut ini:
1. Pastikan anda sudah menambahkan akun gmail anda di android, lalu buka Google Play.
2. Tekan softkey tombol option smartphone android anda(bisa saja berbeda-beda setiap merk smartphone android), lalu pilih Settings.
3.  Anda akan masuk pilihan Settings Google Play, kemudian pilih Content filtering. Seperti gambar dibawah ini.
Google Play Settings

4. Lalu uncheck atau hilangkan centang pada pilihan medium maturity dan high maturity. tekan OK.
Google Play Settings

Sekarang anda sudah memfilter konten yang tidak layak di Google Play. Tapi  ada masalah lagi, sebab bisa saja si anak merubah settingan diatas. Tenang, ada solusinya, anda harus membuat PIN yang hanya anda saja yang tau. Caranya adalah:
1. Pada gambar pertama tips diatas, pilih menu Set and change PIN. Masukkan PIN yang mudah anda ingat, minimal 4 digit. Lalu konfirmasi lagi.
Google Play Settings

2. Maka menu pilihan untuk Content filtering tidak bisa diakses, harus memasukkan PIN yang anda set tadi dengan memasukkan PIN di menu Unlock settings.
Google Play Settings

Mungkin itu saja dari saya, semoga bermanfaat ya.



emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Content Filter di Google Play dan anda bisa menemukan artikel Content Filter di Google Play ini dengan url http://www.nova13.com/2012/07/content-filter-di-google-play.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Content Filter di Google Play ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Content Filter di Google Play sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



10 Comments:

  1. lengkap sekali ulasannya, saya memang sedang mewanti-wanti jika ada semacam virus yang dapat merugikan smartphone android saya. Maklum saya sering mendownload aplikasi yg gratisan, kadang malah mendownload tidak di Google Play hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. waspada aja masbro (okok) postingan diatas sebenarnya ada 2 topik yg dibahas, (haha)

      Hapus
  2. wah nggak punya android sob ,,,

    wilujeng ngeblog

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp kok kang :D kalo ada rejeki lebih aja kalo minat beli, xixi

      Hapus
  3. Hahahah OS hp ane masih yang biasa gan, OS hp Nokia 5800 apa ya ane juga ngga tau? :D

    Wilujeng Nge Blog :)

    BalasHapus
  4. pengen banget punya android.. biar bisa mobil, ngeblog saat pergi ke luar

    BalasHapus
  5. mau tanya. tau gak gimana cara ngereset pin di content filtering kalo lupa ? thx

    BalasHapus

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j:

PERHATIAN!
>> Yang berkomentar dengan Anonymous tidak akan saya tanggapi, usahakan memakai Name/URL. kalau tidak punya blog, bisa memakai URL profil Facebook, twitter, dll.
>> Gunakan anchor name pada Name/URL yang sewajarnya.

thanks.

Translates