Minggu, 19 Agustus 2012

Kelebihan & Kekurangan BlackBerry CDMA

BlackBerry CDMA
Saya ingin membahas tentang tema berkaitan dengan BlackBerry, meski tidak punya hpnya dan saya lebih sering membahas tentang Android, sekarang mengenai Kelebihan dan Kekurangan BlackBerry CDMA. Sudah kita ketahui bersama, bahwa pengguna BB (istilah umum sebutan untuk BlackBerry) saat ini sangat banyak, dari berbagai kalangan dari yang bawah sampai atas, serta harga BlackBerry sekarang sudah terjangkau. Maka dari itu saya berikan info ini mungkin bisa bermanfaat bagi yang mau membeli BB. Nah yang jadi persoalan adalah type blackberry yang tersedia untuk jaringan GSM dan juga CDMA, mana yang akan dipilih. Pada dasarnya baik BlackBerry CDMA maupun BlackBerry GSM tidak ada perbedaan yang berarti, kecuali dukungan network untuk layanan BIS (BlackBerry Internet Service)-nya. Di sini tentu saja BlackBerry CDMA bekerja di jaringan operator CDMA (seperti Esia, Smartfren), dan BlackBerry GSM berjalan di jaringan milik operator GSM (seperti Telkomsel, XL, Axis, Three, Indosat).

Tapi, untuk harga jualnya di pasaran cenderung murah bagi BlackBerry CDMA, dikarenakan ponsel ini biasanya hadir dengan paket bundling operator. Jadi sudah mendapat subsidi dari operator bersangkutan. Hanya saja, biasanya BlackBerry ini sistem nomor kartunya dikunci (locked), khusus untuk digunakan layanan operator pem-bundling. Jadi, tak bisa dipakai untuk kartu CDMA lainnya. Dan juga, biasanya model kartunya inject, alias nomor tanam, bukan model SIM card biasa. Untuk ukuran kekuatan jaringan, memang coverage GSM jauh lebih luas dibanding CDMA, khususnya operator GSM yang sudah lama dan memiliki banyak pelanggan. Namun, kemampuan datanya bisa dibilang hampir setara. Bila GSM punya 3G/HSDPA maka di CDMA ada EV-DO. Bahkan, di Smartfren sudah level EV-DE Rev.b, sebagai kelanjutan Rev. A, dengan kecepatan akses yang lebih handal.


Perangkat/device yang dipakai di BlackBerry CDMA pun sebenarnya tak jauh berbeda, baik desain maupun dukungan fiturnya. Misal, BlackBerry Gemini 8520 (versi GSM) memiliki saudara kembar dalam varian CDMA, yakni BlackBerry Aries 8530. Jadi intinya tak ada perbedaan yang signifikan atau tak terlalu jauh, kecuali masalah coverage jaringan, yang harus disesuaikan dengan kondisi daerah tempat Anda tinggal. Apakah di daerah Anda coverage GSM lebih bagus, atau kah CDMA-nya yang lebih powerfull.

Sekian penjelasan tentang Kelebihan dan Kekurangan BlackBerry CDMA, semoga berguna.

Referensi: Tabloidpulsa.com



emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Kelebihan & Kekurangan BlackBerry CDMA dan anda bisa menemukan artikel Kelebihan & Kekurangan BlackBerry CDMA ini dengan url http://www.nova13.com/2012/08/kelebihan-kekurangan-blackberry-cdma.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Kelebihan & Kekurangan BlackBerry CDMA ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Kelebihan & Kekurangan BlackBerry CDMA sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



7 Comments:

  1. kelebihannya harganya murah hehe

    BalasHapus
  2. . . wachhhhhhhhhhhhhhhh,, pada bahas bb. aq gak seberapa suka ma bb. huhh . .

    BalasHapus
  3. masalah jaringan memang perlu diperhatikan, sayang kalau di daerahnya malah ga ada cdma :D

    BalasHapus
  4. setuju. masing2 tentu punya kelebihan dan kekurangan masing2. tapi jujur, untuk saat ini, kami lebih suka menggunakan bb yang cdma, soalnya, ditempat kami jaringannya bagus. n yang pasti, harganya more ekonomis he he..

    BalasHapus
  5. klo menurut ane lebih enak cdma sih, paket BB nya ebih murah

    BalasHapus

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j:

PERHATIAN!
>> Yang berkomentar dengan Anonymous tidak akan saya tanggapi, usahakan memakai Name/URL. kalau tidak punya blog, bisa memakai URL profil Facebook, twitter, dll.
>> Gunakan anchor name pada Name/URL yang sewajarnya, jangan terlalu mengejar backlink keyword. Lebih baik memakai nama asli.
BAGI YANG NEKAT MEMAKAI NAMA OBAT-OBATAN, DILARANG KERAS! MAAF! DISINI BUKAN APOTEK!!!

thanks.

Translates