Rabu, 14 November 2012

Cara Setting klik Touchpad di IGOS Nusantara 8 (IGN 8)

IGOS Nusantara 8 Logo
Sudah lama rasanya tidak memposting mengenai Sistem Operasi Linux, dan pada postingan ini saya akan berikan sedikit tips ringan pada distro/distribusi Linux dari Indonesia, yaitu IGOS Nusantara 8 atau IGN8 yang telah rilis pada tanggal 16 Oktober 2012 yang lalu, dimana pengembangan IGN yang sudah mencapai versi 8 ini dilakukan oleh Pusat Penelitian Informatika LIPI dan dibantu oleh developer dari komunitas Open Source di Indonesia. IGOS Nusantara sebenarnya sudah lama ada, namun baru tahun ini mulai giat lagi dalam mengkampanyekan penggunaan Perangkat Lunak berbasis Open Source. situs resmi dari IGOS Nusantara dapat anda kunjungi di website resmi mereka pada http://igos-nusantara.or.id

Saya sendiri yang kebetulan pengguna Linux yang sudah mencoba beberapa distro Linux, sempat lama menggunakan distro turunan mandriva yakni PCLinuxOS, karena begitu maraknya yang membahas tentang distro karya anak bangsa ini, saya mencoba untuk mendownloadnya (anda juga bisa mendownload pada link berikut: http://repo.igos-nusantara.or.id/iso/8/ atau http://ftp.lipi.go.id/ign/iso/8). Kemudian saya menginstall IGN8 pada Ultrabook milik saya. Setelah selesai, ada yang belum tersetting secara otomatis atau mungkin memang begitu dari pengembangnya sana, yaitu touchpad hanya bisa menggerakkan kursor saja, belum bisa melakukan sentuhan klik seperti biasanya. Setelah saya eksplore lebih jauh dan mencoba menu-menu yang ada, akhirnya menemukan juga settingan untuk touchpad agar bisa melakukan klik. berikut caranya:
Pilih menu System > Preferences > Mouse
IGOS Nusantara 8

Lalu pilih tab Touchpad, silahkan setting sesuai gambar dibawah ini. Kemudian klik tombol Close.
IGOS Nusantara 8

Oya, sebelumnya saya menggunakan bahasa Inggris, untuk bahasa defaultnya menggunakan Bahasa Indonesia, silahkan sesuaikan saja.

Mungkin itu saja yang bisa saya berikan tentang Cara Setting klik Touchpad pada IGN 8. Semoga bermanfaat.



emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Setting klik Touchpad di IGOS Nusantara 8 (IGN 8) dan anda bisa menemukan artikel Cara Setting klik Touchpad di IGOS Nusantara 8 (IGN 8) ini dengan url http://www.nova13.com/2012/11/cara-setting-klik-touchpad-di-ign-8.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara Setting klik Touchpad di IGOS Nusantara 8 (IGN 8) ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Cara Setting klik Touchpad di IGOS Nusantara 8 (IGN 8) sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



8 Comments:

  1. sip...oke bang,,makasih ats bantuannnya ^_^

    BalasHapus
  2. linux sekarang sudah jauh lebih baugus dari windows xp

    BalasHapus
    Balasan
    1. sya pengin blajar ubuntu or linux gan....tapi bingung harus mulai dari mana....kemarin berkeinginan beli cdnya..ada yang jualan harga 40rban...tapi takut kalo salah instal atau gimana? sebenarnya bisa di dual booting kan gan?

      Hapus
    2. bisa bgt kok di dual bootin sm windos, kalo cara install sih, mending searching2 dulu di google

      Hapus
  3. terima kasih infonya gan.

    salam kenal

    BalasHapus
  4. di laptop ini yah...

    pengen banget lihat linux dipakai banyak orang, jadi ga windows oriented

    pakai bajakan kok bangga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip gan, pakai bajakan harusnya risih atau malu, mulai kenalkan linux pada keluarga, teman dekat, teman kerja, dan masyarakat luas, tapi kitanya harus sabar dan gigih untuk memberi kefahan agar mereka bisa lancar pakai linux

      Hapus

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j:

PERHATIAN!
>> Yang berkomentar dengan Anonymous tidak akan saya tanggapi, usahakan memakai Name/URL. kalau tidak punya blog, bisa memakai URL profil Facebook, twitter, dll.
>> Gunakan anchor name pada Name/URL yang sewajarnya.

thanks.

Translates