Sabtu, 25 Februari 2012

Canonical hadirkan Ubuntu for Android

Ubuntu for Android
Sepertinya masih asyik update blog dengan tema postingan mengenai Android, setelah di postingan sebelumnya saya membahas mengenai browser Google Chrome pada Android. Sekarang saya masih mengulas tentang Android, namun disini bukan tentang aplikasinya melainkan kabar terbaru bahwa smartphone android juga bisa di sinkronisasi dengan Ubuntu, salah satu distro Linux terpopuler saat ini. Anda bisa membaca informasinya secara lengkap di official website ubuntu.com/devices/android. Canonical, selaku perusahaan yang mengembangkan sistem operasi Linux Ubuntu, memperkenalkan sebuah inovasi terbaru yang diberi nama Ubuntu for Android.

Ubuntu for Android merupakan sebuah add-on yang memungkinkan penggunannya untuk menjalankan desktop Linux dalam smartphone. Jadi, Ubuntu for Android bukanlah sebuah sistem operasi yang terpasang secara penuh pada smartphone, melainkan hanya sebagai aplikasi tambahan yang akan bekerja saat smartphone terpasang pada docking khusus. Nantinya pengguna bisa mengoperasikan aplikasi ini menggunakan keyboard dan monitor yang terhubung dengan docking tersebut. Jadi, saat smartphone dicabut dari docking-nya, smartphone ini akan berfungsi kembali layaknya smartphone Android biasa.

smartphone Android ditancapkan pada sebuah dock khusus
smartphone Android ditancapkan pada sebuah dock khusus

Karena Android serta Ubuntu sama-sama menggunakan kernel Linux, Ubuntu for Android juga mampu menggunakan konektivitas smartphone Android, termasuk jaringan 3G dan 4G, kedua sistem tersebut bisa berbagi data, termasuk kontak, dokumen, foto, juga koneksi jaringan. Satu-satunya hal yang berubah adalah cara pengguna mengakses informasi. Aplikasi yang dibawa oleh Ubuntu untuk Android antara lain Web browser Chromium, email client Thunderbird, aplikasi microblogging Gwibber, player multi media VLC player dan masih banyak aplikasi lainnya.

Ubuntu for Android bisa digunakan pada perangkat Android apapun, dirancang sedemikian rupa agar bekerja dengan baik dengan syarat mempunyai spesifikasi prosesor dual-core berarsitektur ARM, RAM 512MB, serta dukungan HDMI dan USB.

Aplikasi ini bisa jadi sebagai awal langkah Ubuntu untuk memperkenalkan proyek selanjutnya yaitu Ubuntu mobile sebagai sebuah sistem operasi penuh yang rencananya akan diluncurkan tahun 2014. Canonical masih bekerja keras untuk menciptakan sistem operasinya sendiri yang lengkap dan akan bersaing dengan Android.

Hasil peninjauan dari situs resmi ubuntu, saat ini Ubuntu for Android masih dalam tahap cetak biru, sehingga belum bisa diunduh langsung dari situs resminya. Untuk bisa mencobanya anda bisa menghubungi langsung tim Canonical untuk meminta link unduhnya. Belum ada tanggal rilis yang terungkap, tetapi situs resmi Ubuntu for Android mengungkap  bahwa perangkat lunak tersebut akan hadir di akhir 2012. Dan belum diketahui secara pasti dock macam apa yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi Ubuntu di smartphone Android.

Apakah anda penasaran bagaimana penggunaan dari Ubuntu for Android ini seperti apa, langsung saja anda bisa melihat video dibawah ini.




Senin, 20 Februari 2012

Google Chrome versi Beta untuk Android

Google Chrome versi Beta untuk Android
Browser Google Chrome sudah tidak asing lagi bagi anda yang sering menggunakannya untuk browsing di internet, semenjak browser yang dibesut oleh Google dari tahun 2008 terus ditingkatkan pengembangannya demi menciptakan kenyamanan pengguna internet saat ini menuju yang lebih baik. Banyak juga yang menjadikan Chrome sebagai default Browser, sebab menurut saya browser satu ini memang cukup ringan untuk digunakan, ketimbang salah satu browser pesaingnya, yaitu Mozilla Firefox. Maka dari itu, pihak Google melakukan terobosan bagi browser mereka tersebut, yaitu dengan meluncurkan Google Chrome versi Beta untuk Android. Bila sebelumnya Chrome hanya tersedia dalam versi desktop saja, sekarang bagi anda yang sering mobile untuk membutuhkan sebuah browser yang setara dengan aslinya, kini sudah tersedia Google Chrome untuk Android namun masih versi Beta, tapi tidak salahnya anda coba untuk menginstallnya di ponsel smartphone Android milik anda. Sedangkan versi Android yang didukungnya sampai dengan Android 4.0 Ice Cream Sandwich, tak hanya untuk smartphone, tetapi untuk versi tablet.

Fitur yang ada pada Google Chrome versi Beta untuk Android memfokuskan pada Speed dan Simplicity. Berikut keterangan resmi yang saya ambil dari googlemobile:
Speed With Chrome for Android, you can search, navigate and browse fast—Chrome fast. You can scroll through web pages as quickly as you can flick your finger. When searching, your top search results are loaded in the background as you type so pages appear instantly. And of course, both search and navigation can all be done quickly from the Chrome omnibox.
Simplicity Chrome for Android is designed from the ground up for mobile devices. We reimagined tabs so they fit just as naturally on a small-screen phone as they do on a larger screen tablet. You can flip or swipe between an unlimited number of tabs using intuitive gestures, as if you’re holding a deck of cards in the palm of your hands, each one a new window to the web.
Saya rasa tampilan chrome di tablet nyaris persis sama dengan yang ada di versi desktop, tapi untuk yang di smartphone, browser chrome terlihat sangat simpel sekali.
Google Chrome versi Beta untuk Android

Google Chrome versi Beta untuk Android sudah tersedia di Android Market, di situ anda bisa melihat review tentang Chrome beta, serta pendapat pengguna lain yang sudah menggunakan browser ini. Untuk harga, tentu saja free, sama seperti versi desktop dan android itu sendiri, sebab termasuk Open Source. Baru saja saya mendapat informasi jika google chrome beta android hanya bisa disematkan di Android 4.0, Ice Cream Sandwich. Berikut ini adalah video mengenai Google Chrome versi Beta untuk Android.


Referensi: http://googlemobile.blogspot.com/2012/02/introducing-chrome-for-android.html



Sabtu, 18 Februari 2012

Cara proteksi Akun Facebook dari Hacker

Cara proteksi Akun Facebook dari Hacker
Akhirnya bisa update blog lagi, jika sebelumnya saya memposting mengenai game terbaru di facebook, Angry Birds, kali ini saya hanya akan berbagi tips yang masih berkaitan tentang Facebook kepada anda, supaya anda lebih aman dalam melindungi akun Facebook milik anda dari pembobolan yang mungkin anda sering dengar akhir-akhir ini. Judulnya saya pilihkan yaitu Cara proteksi Akun Facebook dari Hacker, setelah saya cari referensi dahulu di google. Apakah anda pernah mengetahui akun facebook teman anda atau bahkan anda sendiri hilang di curi orang lain, atau tidak bisa login gara-gara passwordnya telah diganti oleh orang lain? Kemungkinan penyebabnya juga beragam, semisal ceroboh tidak logout fb pas online di warnet, atau yang lainnya. Yang pasti kita seharusnya mulai dari diri sendiri mulai dari sekarang. Maka dari itu, ada baiknya anda simak tips dari saya mengenai proteksi akun fb supaya lebih aman. Lebih tepatnya yaitu ketika kita login di komputer yang belum dikenali, maka akan tampil halaman yang mengharuskan mengisi kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS ke nomor hp anda. Tentu ini akan sangat mustahil bukan akun facebook anda untuk di curi? kecuali hp nya juga ikutan dicuri, hehe

Pertama, silahkan login ke akun Facebook anda masing-masing.
Kedua, Masuk ke "Pengaturan Akun".
Cara proteksi Akun Facebook dari Hacker

Ketiga, lihat disebelah kiri pilih opsi Keamanan.
Cara proteksi Akun Facebook dari Hacker

Keempat, centang opsi Persetujuan masuk ke Facebook.
Cara proteksi Akun Facebook dari Hacker

Kelima, maka akan tampil konfirmasi Atur persetujuan masuk. klik Atur Sekarang.
Cara proteksi Akun Facebook dari Hacker

Keenam, saatnya menambahkan nomor hp anda. Jika sudah klik Lanjutkan.
Cara proteksi Akun Facebook dari Hacker

Terakhir, segera anda akan menerima sms yang berisi kode yang selanjutnya anda isi seperti gambar dibawah ini. Klik Lanjutkan.
Cara proteksi Akun Facebook dari Hacker

Done, selesai sudah anda sudah menerapkan Cara proteksi Akun Facebook dari Hacker. Silahkan anda coba dan semoga bermanfaat bagi anda.




Senin, 13 Februari 2012

Angry Birds segera hadir di Facebook

Angry Birds segera hadir di Facebook
Update blog lagi tentang game, asik.. Saya yakin anda sudah pada tau dengan game Angry Birds, atau bahkan sudah menyelesaikan game tersebut. Seperti yang anda tau bahwa game Angry Birds sebelumnya hanya bisa dimainkan dengan gadget smartphone (iPhone, iPad, Android), lewat browser chrome (http://chrome.angrybirds.com), atau ada yang versi desktop yang dapat di Install.

Yang menarik dari game ini yaitu adanya lanjutan level game secara continue, jadi apabila anda sudah addicted pasti ingin menantikan level game yang selanjutnya. Dan sekarang kabar gembira bagi anda yang fans berat Angry Birds, bahwa Rovio sebagai developer permainan ini rencananya akan memerkenalkan Angry Bird versi jejaring sosial pada hari Valentine nanti yakni pada tanggal 14 Februari 2012, tepatnya launching bertempat di Jakarta. Jejaring sosial yang dimaksud ialah tak lain adalah Facebook. Sebab pengguna Facebook di Indonesia tergolong terbanyak dan masuk 5 besar di dunia. Mungkin sedikit aneh saja mengapa Facebook baru akan menambahkan game terpopuler seperti Angry Birds ke dalam koleksi Aplikasi Game mereka. Saya sebelumnya pernah memainkan Angry Birds di fitur games pada Google+, dengan adanya Angry Birds di situs jejaring sosial, maka kita tidak seperti main sendiri, bahkan bisa bermain bersama teman-teman yang lain atau saling memecahkan rekor point yang di kumpulkan. Di Facebook, permainan ini juga menghadirkan beberapa feature baru, seperti, kompetisi dan leader chart yang membuat setiap pemain bisa melihat posisi permainannya.

Alasan lain kenapa Rovio memilih Jakarta yaitu memang dilakukan untuk memerluas pasar permainan Angry Birds di ranah Asia. Sebelumnya, setelah Angry Birds membuka kantor di China, terjadi peningkatan hingga mencapai 300 juta pengguna. Baru-baru ini dalam rangka Chinese New Year, Angry Birds meluncurkan game Angry Birds Seasons Year of The Dragon. Dan Angry Birds juga tersedia dalam feature handphone Nokia dan tersedia di televisi Samsung edisi terbaru.

Rencananya selain bekerjasama dengan Facebook, Angry Birds akan menggandeng Samsung dalam proyek pembenaman permainan ini ke televisi pintar Samsung. Sebelumnya Angry Bird telah menghiasi ponsel Nokia Asha Series. Dengan demikian Angry Birds telah mengukir prestasi baru dengan masuk ke demua ponsel pintar dan tablet.

Ke depannya, Angry Birds akan dibuat khusus dari Indonesia, seperti Angry Birds Mooncake Festival, atau Angry Birds Christmas. Ada juga masukan Angry Birds itu burung Garuda, menambah karakter komodo atau ada unsur batik.
Dan berikut ini adalah video Game Angry Birds versi Facebook berupa trailer, silahkan dilihat dan nantikan kehadirannya dalam waktu dekat ini di Facebook anda.


Kalau anda tertarik untuk memainkan si burung marah ini, silahkan menuju link Facebook ini.




Jumat, 10 Februari 2012

Migrasi dari Profile Blogger ke Google+

Migrasi dari Profile Blogger ke Google+
Saya akan memberikan tips sekaligus trik bagaimana caranya supaya profile Blogger anda yang saat ini dipakai, sekejap menjadi profile Google+ milik anda. Mungkin hal ini sudah lama banget dari pihak blogger mengumumkan kalau sekarang sudah bisa migrasi dari profil Blogger ke profil Google+, serta sudah banyak pula di luar sana para sobat blogger yang memberikan postingan tentang hal yang serupa dengan punya saya ini. Jadi, apabila melakukan switch profile Blogger anda menuju profile akun Google plus anda, maka secara otomatis akan di ganti, meski anda menggunakan link profile blogger di komentar salah satu posting anda, jika anda klik secara otomatis akan di redirect atau diarahkan ke akun profile Google+ anda sekarang. Apakah anda yang belum mencoba cara ini tertarik? Apabila iya, silahkan simak panduan dari saya berikut ini.

Syarat-syarat:
Tentu saja akun Blogger serta Google+ milik anda, dan pastikan anda sudah login. Blogger di blogger.com dan Google+ di plus.google.com
tapi biasanya dengan satu saja login, maka otomatis yang lainnya akan login juga, karena anda tau bahwa keduanya layanan milik Google.

Langkah selanjutnya, silahkan klik link berikut ini
maka tampilannya kira-kira seperti dibawah ini (contoh milik profil saya)
Migrasi dari Profile Blogger ke Google+

Kemudian, pada bagian bawah halaman lihat tombol switch, tapi jangan lupa centang tanda check seperti gambar berikut:
Migrasi dari Profile Blogger ke Google+

Selesai, dengan ini anda memakai profile Google+ pada profile blogger milik anda.
Sebenarnya ada catatan khusus bagi anda yang sudah memakai cara ini, apabila anda sudah switch ke profile Google+, terhitung saat itu selama 30 hari anda tetap memakai profile Google+ tersebut dan tidak ada rencana kembali lagi ke profil blogger lama anda, maka profile blogger anda akan di hapus. Ada beberapa kasus yang saya temui, namun bukan saya, ada hal yang mengurungkan memakai profile Google+ dan berniat kembali lagi ke profile Blogger kembali, anda bisa menuju link berikut ini.

Oke saya rasa itu saja yang saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda. Sampai jumpa postingan blog ini selanjutnya.


Rabu, 08 Februari 2012

Cari info Rumah Dijual di Pendopo.com

Cari info Rumah Dijual di Pendopo.com
Pada postingan kali ini saya hanya ingin mereview saja, memang sedikit off topic, tetapi tak masalah, siapa tau anda membutuhkan info ini. Setelah menyelesaikan study atau lulus dari perkuliahan, pasti yang dipikirkan adalah mencari pekerjaan baik di dalam ataupun luar kota yang tentunya jauh dari rumah. Bagi mereka yang sedang merantau atau sedang menempati wilayah yang baru pastinya berencana untuk mencari tempat tinggal yang layak. Mereka mungkin memilih tempat tinggal yang dekat dengan tempat kerja atau yang memiliki fasilitas yang terbaik serta bagus. Entah itu rumah kontrakan, kost atau rumah dijual. Karena biasanya para pasangan baru tersebut ingin mencoba hidup mandiri tanpa orang tua mereka.

Untuk saat ini, anda tidak perlu khawatir lagi karena ada Pendopo.com yang menyediakan informasi tentang rumah dijual atau dikontrakan. Website properti ini sangat kredibel dan pastinya lengkap. Di Anda bisa mendapatkan info rumah dijual, rumah kontrakan / sewa, ruko, tanah, dan properti lainnya. Selain info tersebut, Anda juga bisa mendapatkan info-info tentang properti lainnya, misalnya tips-tips properti atau artikel-artikel tentang properti lainnya yang tentunya akan sangat berguna bagi Anda dan keluarga. Selain itu, website Pendopo ini dilengkapi dengan fitur Quick Search yang memudahkan Anda, para pencari info rumah dijual, untuk mencari properti yang Anda inginkan sesuai dengan budget dan lokasi yang Anda mau, bahkan dengan Kredit.

Bagi Anda, para broker atau developer properti, website ini merupakan salah satu media yang paling tepat untuk Anda. Di sini Anda bisa beriklan semua produk properti Anda secara gratis dan tanpa ada batasan tiap harinya. Yang harus Anda lakukan adalah mendaftar sebagai member di website ini dan Anda bisa memasang semua iklan properti Anda sebanyak yang Anda inginkan. Cara daftarnya mudah dan yang paling menarik, gratis. Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan bagi Anda, bukan?

Jadi tunggu apa lagi? Jika Anda adalah seseorang yang sedang merantau dan mencari tempat tinggal atau pasangan muda baru yang ingin mencari informasi rumah dijual atau Anda para broker / developer yang ingin memasarkan produk properti Anda secara gratis, segera kunjungi website Pendopo ini di http://pendopo.com.


Senin, 06 Februari 2012

Google amankan Android dari Malware

android is sick
Rasanya ingin sekali memposting mengenai android lagi, meski di postingan sebelumnya sedikit tentang gadget android, namun tidak membahas tentang android itu sendiri. Oke, saya akan memberikan infomasi saja kepada anda, berita yang lebih fresh sebab saya peroleh sumbernya dari situs tempo.co, langsung saja anda simak. Setelah berkali-kali menemukan malware yang lolos dan disebar dalam Android Market, Google akhirnya menambahkan lapisan pengamanan yang disebut Bouncer.


Dikutip dari Reuters, Jumat, 3 Januari 2012, Google secara diam-diam telah memasang sistem ini selama beberapa bulan dan baru sekarang mengungkapkannya secara terbuka.

Google menyatakan bahwa sistem ini bekerja dengan memeriksa setiap aplikasi baru yang akan dimasukkan ke Android Market dan akan tetap mengawasinya setelah dipasang pada perangkat untuk melihat apakah aplikasi tersebut memiliki kecenderungan berperilaku seperti malware.

Tidak hanya aplikasi yang diawasi oleh Bouncer, namun juga pihak pengembangnya. Ini dilakukan untuk mencegah pembuat malware berkali-kali mencoba memasukkan program jahatnya ke Android Market.

"Memang ini tidak akan menghentikan orang jahat untuk membuat malware. Namun, ukuran yang terpenting adalah seberapa besar aplikasi jahat dari Android Market dapat dipasang. Kami yakin jumlahnya akan merosot drastis," ujar Hiroshi Lockheimer, Vice President of Engineering Google, dalam blog resmi raksasa mesin pencari tersebut. 


Setelah implementasi sistem baru ini, Google menemukan pada semester kedua 2011 terdapat penurunan sebesar 40 persen dari "pengunduhan berisiko" dalam Android Market bila dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Android malware menjadi topik panas selama 2011. Pada kuarter ketiga 2010, aplikasi Android yang mengandung malware yang berhasil dideteksi sebanyak 20 aplikasi, sementara pada periode yang sama di 2011 jumlahnya melonjak menjadi lebih dari 100 aplikasi.


sumber: Tempo.co


Dukung saya di Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik & Informasi Kredit Terbaik di Indonesia


Sabtu, 04 Februari 2012

Google Adsense support bahasa Indonesia

Google Adsense logo
Pada beberapa hari yang lalu, saya membaca artikel blog seseorang yang disitu tertuliskan mengenai Google Adsense. Bukan menjelaskan bagaimana cara mendaftarnya, akan tetapi memberi tau bahwa mulai saat ini Google Adsense sudah mendukung konten blog atau website dengan bahasa Indonesia. Pastinya anda semuanya tau dengan Google Adsense bukan? atau lebih sering disingkat GA ini merupakan program periklanan yang dimiliki oleh raja Search Engine terkenal yaitu Google inc. Sudah kebayang bahwa seandainya bisa ikut berpartisipasi ikut program Google Adsense akan menjadi peluang kita untuk me-Monetize alias merubah blog kita menjadi sumber penghasilan dengan cara memasang iklan-iklan dari Google.

Anda yang sering mengunjungi blog atau situs dengan jumlah pengunjung perhari yang sangat banyak, kemungkinan ada iklan Google Adsense. Bila anda mengamati, kira-kira iklan yang ditayangkan oleh advertiser yang bekerja sama dengan Google Adsense memakai bahasa apa? Kalau saya sendiri lebih sering menemui iklan dengan bahasa Indonesia ketimbang iklan bahasa Inggris yang tadinya Google Adsense support dengan blog berbahasa Inggris serta bahasa lainnya yang didukungnya. Bila anda yang mempunyai blog atau website yang sekiranya mempunyai trafik pengunjung yang lumayan banyak, kenapa tidak untuk mencoba menjadi publisher Google Adsense? Namun dulu yang jadi masalah adalah terkendala Bahasa Indonesia yang belum support Google Adsense.

Mungkin anda juga pernah mengajukan untuk bisa diterima atau di approve sebagai penayang iklan oleh Google Adsense serta pernah juga di tolak karena sebab konten blog anda menggunakan bahasa yang belum didukung oleh Google Adsense. Jangan berkecil hati, saya sekarang akan menginformasikan kepada anda semuanya bahwa mulai saat ini Google Adsense sudah support Bahasa Indonesia! Anda bisa lihat infonya disini. Jelas sudah Google Adsense memberikan kesempatan kepada publisher dari Indonesia untuk menayangkan iklan mereka. Ini merupakan kesempatan bagi kita semua untuk menjadi publisher Google Adsense. Anda mungkin bisa langsung mendaftarkan blog anda ke Google Adsense disini.

Namun ada hal-hal yang patut anda perhatikan, jangan sekali-kali melakukan kecurangan untuk bisa mendapatkan penghasilan yang banyak dengan iklan Google Adsense, banyak kasus diluar sana yang bisa ditemukan kalau akun Google nya di banned gara-gara dicurigai oleh pihak Google melakukan klik iklan sendiri ataupun menyuruh orang lain untuk mengeklik iklan mereka. Jadi saya sarankan kepada anda untuk bermain jujur ya? Jangan sampai anda terkena banned oleh google, seperti saya yang pernah di banned 2x. hehe.


Rabu, 01 Februari 2012

Smartphone 4G dengan Baterai paling Awet

Motorola Droid RAZR Maxx
Meski mampu menghadirkan konektivitas Internet yang jauh lebih cepat dibandingkan produk 3G, smartphone berteknologi 4G mengalami kendala terkait masa aktif baterai yang sangat singkat. Saking singkatnya, beberapa smartphone bahkan ada yang hanya mampu aktif kurang dari 4 jam.

Namun demikian, kini ada smartphone yang mampu menyediakan masa aktif baterai yang lebih baik dibanding kompetitornya. Untuk itu, LaptopMag coba melakukan uji coba perbandingan.

Dikutip dari FoxNews, 1 Februari 2012, dari pengujian dengan Laptop Battery Test, ternyata baterai Motorola Droid RAZR Maxx memasok daya paling lama. Ia mampu membuat smartphone itu tetap aktif menjelajah Internet lewat jalur 4G saat layar diset dengan tingkat kecerahan 40 persen selama 8 jam 25 menit.

Dari pengujian, masa aktif ini merupakan yang paling panjang di antara ponsel LTE. RAZR Maxx sendiri 3 jam 40 menit lebih awet dibandingkan dengan pendahulunya, Droid RAZR (4 jam 45 menit) dan 1 jam 43 menit lebih tahan dibandingkan dengan jawara di kelas LTE sebelumnya yakni Samsung Droid Charge.
Battery Test

Menariknya, tak hanya sebagai ponsel LTE yang paling awet baterainya, Droid RAZR juga merupakan ponsel LTE yang paling tahan meski menggunakan baterai default yang didesain sangat tipis namun berkekuatan 3,300 mAH.


Sumber: VIVAnews


Translates