Sabtu, 30 Juni 2012

Android 4.1 Jelly Bean Tanpa Flash Player

Flash on Android
Pengen cari info tentang update dari Android sekaligus ingin menambah koleksi artikel blog nova13 dengan berita kategori Android dan ketemu juga dan saya baca di tabloid pulsa. Anda tentu sudah tidak asing lagi bukan mendengar nama adobe? yaitu perusahaan yang membuat software grafis berbayar seperti photoshop. November tahun lalu, Adobe pernah menginformasikan akan menghentikan pengembangan Flash Player untuk Android. Dan kini kelanjutannya, Adobe mengumumkan bahwa Flash Player tidak akan disupport di Android 4.1, karena belum terus mengembangkan dan menguji Flash Player untuk versi Android terbaru. Contoh kasusnya yakni tablet terbaru Nexus 7, yang dikapalkan tanpa dukungan Flash.

Tak hanya itu, Adobe pun mengumumkan bakal menarik Flash Player dari Google Play Store mulai 15 Agustus mendatang. Artinya, Anda tak akan bisa mendownload lagi aplikasi Flash Player dari Google Play (Android Market) selepas tanggal tersebut. Bagi perangkat yang sudah menginstalnya disebutkan akan terus menerima update, tapi minor.

Nah, karena Flash Player tidak didukung di Android 4.1 Jelly Bean, Adobe mendesak pengguna untuk meng-uninstall-nya sebelum perangkat Android-nya diupdate ke Android 4.1, karena tidak akan bekerja dengan baik. Dan, Flash Player tersebut tak akan mendapatkan update selama dibawah Android 4.1.

Melihat kenyataan tersebut, sepertinya era Flash di Android bakal berakhir. Apa yang pernah disebut-sebut sebagai nilai jual utama bagi perangkat Android, tampaknya sekarang sedang dibunuh oleh pembuatnya sendiri. Tampaknya Google pun tercatat sudah mulai ingin meninggalkan teknologi kuno tersebut, seperti yang terlihat pada tidak support-nya Flash di browser Chrome untuk Android, bahkan meski di Android 4.0.

Harapannya sekarang, para pengembang web akan mengadopsi teknologi yang lebih modern, seperti HTML5 untuk menciptakan konten web.

Bila anda ingin mengetahui apa saja fitur dari Android versi 4.1 Jelly Bean ini, salah satunya fitur yang akan saya jelaskan adalah Project Butter, sebenarnya masih ada fitur lainnya tetapi project butter ini adalah fitur utama yang dimiliki oleh Jelly Bean. Salah satu fitur terbesarnya adalah Project Butter, sebuah usaha yang sangat dalam oleh Google untuk memperbaiki performa dan waktu respons perangkat Android. Keseluruhan sistem berjalan di framerate 60 frame per detik sekarang, dan meskipun perbedaan tingkat milidetik ini kedengaran tidak penting, pastinya akan sangat terasa dalam pemakaian sehari-hari, apalagi jika Anda menjalankan Jelly Bean ke sebuah perangkat ICS, animasi akan lebih smooth dan cepat, serta respons perangkat dalam menangani input sentuhan akan terasa lebih cepat.

Dan ini adalah video review singkat dari project butter Android Jelly Bean:


Jika anda ingin melihat ulasan lebih jelas tentang Android Jelly Bean, Klik Disini.


Pengalaman Bertransaksi Online via BCA

transaksi online
Sekarang saya ingin berbagi pengalaman tentang transaksi online yang pernah saya lakukan baru-baru ini. Memang belum sering saya berkecimpung dalam transaksi online ini, namun sebelumnya saya membulatkan tekat untuk berani bertransaksi di dunia maya. Mungkin anda atau siapa pun pasti tahu bahwa transaksi yang dilakukan secara online sangat beresiko tinggi semisal adanya kemungkinan penipuan dibandingkan bila anda bertransaksi di dunia nyata. Maka hal-hal yang perlu anda ketahui terutama yang ingin juga mencoba bisnis online seperti saya namun masih ragu-ragu bila ada hal yang tidak diinginkan. Ketahui anda berada sebagai penjual atau pembeli dalam hal ini, namun biasanya lebih banyak yang sebagai pembeli ketimbang penjual. Bila anda ingin membeli barang atau memakai jasa yang membutuhkan transaksi online misal membayar transfer sejumlah uang, selidiki terlebih dahulu apakah penjual tersebut yang akan anda ajak transaksi sudah terpercaya atau tidak, lihat juga reputasi dalam sebuah forum yang menyediakan fasilitas jual beli, apabila banyak testimonial yang diberikan oleh klien yang sudah pernah bertransaksi dengan penjual tersebut atau bahkan menjadi recommended seller, maka anda mungkin bisa langsung mengambil rencana matang-matang dan juga mengambilnya sebagai bahan pertimbangan.

Nah, saya telah bercerita tentang bertransaksi online, sekarang media untuk transaksi seperti untuk transfer uang kepada penjual. Saya sendiri menggunakan Bank Central Asia atau lebih sering disebut BCA yang saya pilih. Maka saya berinisiatif untuk segera membuat rekening bank guna memudahkan saya untuk menyimpan uang saya dan juga ketika ada keperluan seperti ingin membeli barang secara online, maka saya gunakan saja fitur yang ditawarkan oleh bank BCA yakni internet banking, sehingga anda yang ingin transfer uang atau hanya ingin mengecek sisa saldo rekening anda, cukup akses klikbca.com dari komputer pribadi atau laptop anda dan bahkan bisa juga diakses lewat mobile seperti smartphone dan handphone, bila anda ingin mengirimkan uang kepada orang lain maka anda butuh alat tambahan yaitu Key BCA yang berfungsi sebagai pengaman tambahan bila ada transaksi yang terjadi, dengan begini anda akan sangat aman bertransaksi tanpa perlu memikirkan akun rekening anda dibobol orang lain, sebab tanpa BCA Key anda, tidak bisa kirim uang ke rekening lain. Bank BCA saat ini mengandalkan situs mereka yaitu klikbca.com yang digunakan untuk transaksi online, sedangkan BCA mempunyai situs resmi yang beralamatkan www.bca.co.id sebagai portal semua infromasi yang berhubungan dengan bank BCA, baik itu update berita terkini dari BCA, informasi dengan tabungan/tahapan,kartu kredit, dan masih banyak lagi, sekarang masih dalam tahap peluncuran resmi situs baru BCA ini. Pada awal tahun ini, BCA sebelumnya telah meluncurkan layanan baru guna memudahkan nasabahnya untuk bertransaksi online, yaitu bernama BCA KlikPay. BCA KlikPay merupakan fitur yang diberikan oleh BCA untuk melakukan pembayaran online secara praktis dan terpercaya serta sekarang telah bekerjasama dengan beberapa merchant toko online yang sudah terkenal dan anda bisa akses via website resminya di www.klikbca.com/klikpay. Jadi semua ini menjadi kemudahan transaksi untuk anda lakukan dengan BCA.

Berbicara mengenai BCA, mengenai produk perbankan yang dimiliki BCA, seperti contoh tabungan tahapan BCA yang sangat cocok dengan kebutuhan dari berbagai kalangan masyarakat bahkan untuk yang masih mahasiswa seperti saya ini, untuk setoran saja minimal 50ribu sudah bisa, tidak perlu keluar uang banyak untuk menabung. Lalu layanan perbankan pegawai BCA yang saat terakhir saya menabung disalah satu kantor cabang BCA di jogja, mereka sangat ramah dan saya sangat puas dengan pelayanannya, mungkin saya akan kembali menabung jika ada rejeki lagi. Layanan perbankan yang lain adalah tersedianya banyak ATM BCA yang tersebar dan mudah dijangkau, saya pun kalau ingin mengambil uang tinggal ke ATM terdekat dengan tempat tinggal saya. Bisa juga di atm bank lain yang tergabung dalam atm bersama. BCA sebagai salah satu bank terkemuda di Indonesia, selalu membuat inovasi baru dan solusi perbankan yang ditujukan untuk memudahkan para nasabahnya berkaitan dengan hal keuangan, dan saya harap BCA melakukan terobosan yang lebih bagus lagi. Saya mulai menabung tidak lain karena saya ingin membuat rencana masa depan untuk keluarga saya kelak, baik jangka pendek ataupun untuk jangka panjang. Semisal saya sudah bekerja di suatu perusahaan dan dengan gaji serta pekerjaan yang mapan, seharusnya saya sisihkan untuk menabung di rekening bank milik saya. Saya ingin sekali memiliki kendaraan pribadi seperti motor, atau mobil untuk memudahkan saat saya beraktifitas dan juga menginginkan memiliki rumah sendiri yang akan saya tempati dengan keluarga saya kelak, mungkin bisa dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau opsi yang lain. Saya yang masih muda, juga mendambakan tentang kebebasan finansial, maksudnya adalah kita tidak perlu susah mencari uang dengan bekerja, namun uang akan menghampiri kita dengan sendirinya. Lalu apa mungkin itu terjadi? Tentu saja bisa, kita bisa mulai dari sekarang. Bagaimana caranya? sebenarnya saya juga membaca referensi bahwa ada beberapa cara untuk meraih kebebasan finansial, dan menurut saya cara yang efektif adalah dengan cara investasi. Investasi bisa diperoleh dari hasil menyisihkan beberapa persen dari penghasilan kita, misal 10%. kemudian diinvestasikan pada sasaran yang tepat semisal emas,tanah,bagunan,deposito,reksa dana,saham, dan lainnya. Pengetahuan serta pengalaman dalam berinvestasi dibutuhkan supaya tabungan bisa semakin berkembang untuk mendukung rencana masa depan seperti ingin membeli rumah sendiri,kendaraan,biaya menikah, dan tak kalah penting adalah perencanaan finansial untuk pendidikan anak di masa depan.


Selasa, 26 Juni 2012

masalah ORA-01034: ORACLE not available

Oracle
Saya ada masalah lagi nih berkaitan dengan tugas yang akan saya kerjakan, sekarang menggunakan Oracle, yaitu database semacam mysql tetapi lebih ke Bahasa Pemrogramannya. Sebelumnya tidak terjadi apa-apa dengan aplikasi Oracle yang terinstall di laptop, aneh saja ketika akan konek ke system kok malah ada yang error? Mungkin ada sesuatu yang menyebabkannya, tapi saya juga tidak tau pasti kenapa, sebab saya masih belajar. Lantas saya berfikir gimana dengan data-data yang masih tersimpan di dalam nya, masa harus diinstall ulang? Kemudian saya mencoba searching di google, dan ketemu juga pemecahan masalahan saya. dan ini kira-kira tampilan saat oracle malah error.

SQL*Plus: Release 10.2.0.1.0 - Production on Mon Jun 25 22:23:01 2012

Copyright (c) 1982, 2005, Oracle.  All rights reserved.

SQL> conn system
Enter password:
ERROR:
ORA-01034: ORACLE not available
ORA-27101: shared memory realm does not exist
Linux Error: 2: No such file or directory
ORA-01034: ORACLE not available
Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Menurut tutorial yang saya baca, itu karena instance pada oracle belum di start.
1. Pertama, buka sqlplus milik anda.
2. Secara default oracle menggunakan login sebagai system, tapi sekarang memakai SYS yang berfungsi sebagai super user nya oracle. Dengan mengetikan perintah conn sys/password_oracle_anda as sysdba
lalu tekan enter, bila berhasil akan muncul tulisan Connected to an idle instance.
3. Sekarang anda sudah masuk ke oracle, kemudian ketikan perintah startup
tekan enter lagi. Maka proses akan berjalan dan akan muncul seperti ini:
SQL> startup
ORACLE instance started.

Total System Global Area  247463936 bytes
Fixed Size                  1258244 bytes
Variable Size             100666620 bytes
Database Buffers          142606336 bytes
Redo Buffers                2932736 bytes
Database mounted.
Database opened.
4. Kalau sudah seperti diatas, berarti sudah sukses, anda tinggal login kembali ke user system anda. Ketikkan conn system (tekan enter).
SQL> conn system
Enter password:
Connected.
SQL> show user
USER is "SYSTEM"

Semoga membantu masalah anda.


Senin, 25 Juni 2012

Cara Reset Auto_Increment di phpMyAdmin

phpMyAdmin logo
Sebelumnya maaf banget nih, saya sibuk sedang garap tugas salah satu matakuliah dan sampai belum sempat memposting kembali di blog ini. Postingan terakhir saya pada tanggal 7 Juni tentang Update Terbaru Mozilla Firefox 13 dan sekarang sudah tanggal 25 Juni, jadi mohon maaf ya sobat blogger. Sedikit sharing tentang tugas yang bikin saya sibuk, yaitu membuat website dengan PHP dan MySQL, dan saya akan memposting tipsnya untuk anda yang mungkin membutuhkan info ini. Lebih fokus pada mysql nya dengan menggunakan bantuan phpMyAdmin di localhost. Saya tadinya belum tau bagaimana cara mereset auto_increment pada tabel database jika datanya dihapus semua dan ingin diisi kembali namun menginginkan urutan auto_increment nya kembali mulai dari awal. Anda yang sering main phpMyAdmin juga pernah menemukan kasus tersebut?

Oke saya mulai saja sedikit tipsnya. Persiapannya adalah, di komputer atau laptop anda saya asumsikan sudah terinstall web server yang sudah lengkap apache,php, dan mysql. Kalau di windows bisa pake Xampp,Wamp, atau Apache2Triad. Sedang di Linux seperti ubuntu, tinggal cari di repo kemudian install, bisa pake Lamp (Linux Apache Mysql Php).

1. Aktifkan webservernya(Apache dan mysql), buka browser, ketikkan http://localhost/phpmyadmin
2.  Pilih database yang ingin anda reset ulang auto_increment nya. Lalu jika masih ada datanya, silahkan hapus dulu semua data-dataya. Sebagai contoh gambar dibawah ini. Nama database dan nama tabel sesuaikan dengan milik anda.
phpmyadmin

3. Ketikan perintah alter table nama_tabel_anda auto_increment=0;
4. Kemudian klik tombol Go di kanan bawah.
5. Kalau berhasil mesti muncul notif seperti ini:
success query mysql

Sekarang anda coba kembali isikan data pada tabel anda dengan bantuan Insert table. untuk id (Primary Key) kosongkan saja, sebab akan terisi otomatis.

Cukup mudah bukan? Semoga bermanfaat.


Kamis, 07 Juni 2012

Update Terbaru Mozilla Firefox 13

Firefox 13 Hadir dengan Berbagai Fitur Baru
Mozilla merilis browser versi terbaru dari browser Firefox, yakni Firefox 13. Apa saja fitur-fitur barunya? Dikutip dari inilah.com, Firefox 13 membawa tampilan home baru, tampilan tab baru, serta mendukung protokol Google-backed SPDY yang membuat waktu load situs yang telah mendukungnya menjadi lebih cepat.

Selain itu, Firefox 13 juga menghadirkan fiturReset Firefox untuk memperbaiki berbagai permasalahan dengan satu kali klik. Tampilan layar utama baru memungkinkan pengguna untuk mengakses secara cepat dan mengatur add-on, setting, download, browsing history, serta pengaturan lainnya.  Mozilla Firefox 13 sudah tersedia untuk diunduh secara gratis, Silakan klik langsung disini. Sedangkan untuk tampilannya sendiri, Firefox 13 sedikit mirip dengan Google Chrome, seperti berikut:
Tampilan terbaru Mozilla Firefox 13

Bagimana menurut anda? Tentang tampilan terbaru Firefox 13? Angka versinya sama dengan angka dari blog nova13 ini. hehe


Sabtu, 02 Juni 2012

(Sponsored Video) Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S III

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S III
Pada awal bulan Juni ini saya ingin mengabarkan kepada anda pengunjung blog nova13 dan mungkin pengamat info teknologi terkini terutama mengenai smartphone Android, di postingan ini akan menjelaskan mengenai produk varian galaxy dari Samsung yaitu Samsung Galaxy SI9300 atau lebih dikenal dengan Samsung Galaxy S III. Sebelumnya saya pernah memposting mengenai rencana samsung meluncurkan teknologi cloud bernama S-Cloud, tetapi hingga sekarang belum ada kabar kelanjutannya dan Samsung fokus dengan produk keluaran terbaru nya yaitu Samsung Galaxy S3 yang merupakan salah satu smartphone tercanggih saat ini. Samsung Galaxy S III dilengkapi dengan berbagai fitur andalan terbaru dari Samsung, seperti: Desain yang terinsirasi dari alam (design from human & inspired by nature), Layar Superior, Prosesor Quad Core, Baterai 2100 mAh, GPS akurat dengan GLONASS, Pop up play, S Beam, Burst Shot, Best Photo, Buddy Photo Share, Social Tag, Smart Stay, S Voice.

Berikut akan saya jabarkan masing-masing fitur tersebut dengan rinci yang saya baca dari review website chip.co.id.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S3
Desain slim yang terinspirasi dari Alam. Desain yang ramping dari Samsung Galaxy S III menurut saya bagus dengan tepi yang tidak bersudut serta saat digenggam akan terasa sempurna. Samsung Galaxy SIII tersedia dalam 2 pilihan warna berbeda, yaitu Pebble Blue dan Marble White.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S3
Layar Superior. Seperti halnya seri Samsung Galaxy S sebelunya, Samsung Galaxy SIII juga mempunyai layar super AMOLED yang sangat jernih dan tajam dengan ukuran layar sebesar 4.8 inc sudah sangat leluasa memandang layarnya serta sudah ada Corning Gorilla Glass 2 yang terkenal handal dan tahan gores.

Prosesor Quad Core. Samsung Galaxy S III yang sudah Android 4.0 dibenamkan 1.4Ghz Quad Core Processor yang saya rasa sudah sangat besar untuk ukuran smartphone saat ini. Efeknya tidak main-main, dapat menjalankan aplikasi secara bersamaan atau multitasking dan juga merasakan boot time lebih cepat serta membuka aplikasi lebih cepat, kecepatan browsing jauh lebih cepat.

Pop Up Play. Pengguna Samsung Galaxy S III tetap bisa menonton video bersamaan dengan melakukan aktivitas lain pada ponsel. Disamping menonton video sambil memeriksa email atau mengirim SMS, ponsel ini juga memungkinkan Anda untuk memainkan video pada tampilan PIP (picture-in-picture), jadi Anda dapat melakukan dua hal sekaligus secara bersamaan.

S Beam. Berbagai file dalam kapasitas besar menjadi lebih cepat yang mudah. Anda dapat mengirimkan video, musik, gambar, atau dokumen hanya cukup dengan mendekatkan Samsung Galaxy S III satu dengan yang lain.

Burst Shot. Fitur Burst Shot yang ada di Samsung Galaxy S III memungkinkan pengguna untuk mengambil objek gambar bergerak secara cepat, serta berkesinambungan, hingga 20 foto sekaligus.

Best Photo. Fitur ini secara otomatis akan merekomendasikan foto terbaik dari 8 foto yang telah diambil secara sekaligus.

Buddy Photo Share. Mengambil dan berbagi gambar dengan siapa saja secara instan. Cukup aktifkan Buddy Photo Share untuk mengenali wajah teman Anda secara otomatis dan Anda bisa mengirimkan foto mereka cukup dengan satu sentuhan.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S3

Social Tag. Apabila wajah teman Anda dalam galeri foto telah dikenali maka Anda dapat melakukan panggilan, mengirim pesan atau email dengan mudah. Anda juga dapat langsung menghubungkan ke Facebook apabila data mereka sudah tersimpan dalam daftar kontak Anda.

S Voice. Fitur ini memberikan tanggapan atas perintah suara Anda. Cukup katakan apa yang ingin Anda lakukan. Anda bisa mendapatkan informasi perkiraan cuaca mingguan, lokasi restoran pizza terdekat, mencari nomor kontak, ataupun mengambil gambar melalui perintah suara.

Daya Tahan Baterai yang Lebih Lama. Kapasitas baterai sebesar 2100 mAh dan peningkatan prosesor lebih dari smartphone biasanya, Samsung Galaxy S III dapat membuat penggunanya menikmati waktu bermain yang lebih panjang.

Smart Stay
Smart Stay. Ponsel akan tetap menyala selama Anda masih menatapnya. Ketika sedang membaca artikel ataupun menjelajahi situs web, secara otomatis Samsung Galaxy S III akan mendeteksi wajah dan mata Anda sehingga layar tidak akan meredup.

Peningkatan Kualitas Layanan GPS. Peningkatan teknologi layanan GPS dilakukan dengan mempermudah deteksi sinyal satelit, sehingga dapat melacak keberadaan Anda secara lebih akurat melalui GLONASS (Global Navigation Satellite System).

Spesifikasi Samsung Galaxy S III:
  • Dimensions: 136.6 x 70.6 x 8.6 mm
  • Weight: 133 g
  • OS: Android OS, v4.0.4 (Ice Cream Sandwich)
  • Chipset: Exynos 4212 Quad
  • CPU: Quad-core 1.4 GHz Cortex-A9
  • GPU: Mali-400MP
  • Display: Type Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors,
  • Size 720 x 1280 pixels, 4.8 inches (~306 ppi pixel density), Protection
  • Corning Gorilla Glass 2
  • Camera: Primary 8 MP, 3264x2448 pixels, autofocus, LED flash, Features Simultaneous HD video and image recording, geo-tagging, touch focus, face and smile detection, image stabilization, Secondary 1.9 MP, 720p@30fps
  • Video: 1080p@30fps
  • Battery: Standard battery, Li-Ion 2100 mAh
  • Network: 2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, 3G Network
  • HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100, 4G Network LTE (regional)
  • Speed: HSDPA, 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps
  • WLAN: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, DLNA, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot
  • Bluetooth: v4.0 with A2DP, EDR
  • Website: http://www.samsung.com/global/galaxys3
Harga Samsung Galaxy S III
Bila anda ingin mengetahui harga dari Samsung Galaxy S III, pada tanggal 2 Juni hari ini kebetulan untuk di Indonesia sudah dijual serentak pada 4 kota antara lain: Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan. Harga normal dari Samsung Galaxy SIII adalah Rp. 6.999.000 sedangkan pada saat peluncuran, akan mendapat potongan harga bagi anda pemilik kartu kredit BNI dan Citibank sehingga menjadi seharga Rp. 6.499.000,-. Tak hanya itu, anda akan menikmati bonus tambahan preloaded dropbox gratis space 50GB selama 2 tahun dan gratis 1 tahun berlangganan 5 e-magz MRA Group dengan syarat dan ketentuan berlaku. Info lebih lanjut, anda bisa akses http://www.facebook.com/samsungmobile

Video tentang Samsung Galaxy S III

post tersponsor


Translates