Selasa, 31 Juli 2012

HTC Desire VC dengan Dual On CDMA-GSM

HTC Desire VC dengan Dual On CDMA-GSM
Smartphone Android dual SIM card GSM-CDMA, HTC Desire VC kini resmi hadir di pasaran Indonesia. Pihak HTC telah secara resmi memperkenalkan smartphone yang termasuk dalam jajaran smartphone HTC Desire Family. Smartphone ini menjadi Android HTC pertama yang mendukung teknologi dual SIM. Sebagaimana smartphone terbaru HTC lainnya seperti HTC One S, HTC Desire VC ini juga dilengkapi dengan teknologi Beats Audio. Dengan dukungan teknologi tersebut, smartphone ini pun menghadirkan kualitas suara yang prima setara dengan musik aslinya. Dengan Beats Audio™ untuk memberikan kualitas suara yang sama seperti yang digunakan di dalam sebuah studio rekaman - Anda akan mendengar bass drum yang dioptimalkan, mengangkat suara vokal dan suara treble yang lebih tajam.
Beats Audio HTC Desire VC

HTC Desire VC ini juga memberikan tampilan yang menarik berkat layar 4 inci yang lumayan lebar dan UI HTC Sense 4.0 serta tak ketinggalan Android versi terbaru Android v4.0 (Ice Cream Sandwich). Di bagian dalam, smartphone ini dengan prosesor single core 1GHz Qualcomm Snapdragon MSM7227A yang didukung dengan GPU Andreno 200 serta RAM 512 MB. Smartphone ini juga mendukung akses jaringan 3G(EVDO) untuk yang CDMA. Fitur lain berupa WiFi, Bluetooth ataupun microUSB juga tersedia.

Untuk harga dari HTC Desire VC, dibandrol kira-kira Rp. 2.999ribu dan sekarang telah ada bundling dengan operator CDMA ternama, jadi ada sedikit diskon.

Spesifikasi HTC Desire VC
General 2G Network GSM 900 / 1800 / 1900 - SIM 1
CDMA 800 / 1900 - SIM 2
3G Network CDMA2000 1xEV-DO
Announced 2012, June
Status Available. Released 2012, July
Body Dimensions 119.5 x 62.3 x 9.5 mm
Weight 119 g
- Touch-sensitive controls
Display Type Capacitive touchscreen, 16M colors
Size 480 x 800 pixels, 4.0 inches (~233 ppi pixel density)
Multitouch Yes
- HTC Sense UI v4.0
Sound Alert types Vibration, MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes
- Beats Audio sound enhancement
Memory Card slot microSD, up to 32 GB
Internal 4 GB storage, 512 MB RAM
Data GPRS Yes
EDGE No
Speed Rev. A, up to 3.1 Mbps
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, DLNA
Bluetooth Yes, v3.0 with A2DP
USB Yes, microUSB v2.0
Camera Primary 5 MP, 2592х1944 pixels, autofocus, LED flash
Features Geo-tagging
Video Yes
Secondary No
Features OS Android OS, v4.0 (Ice Cream Sandwich)
Chipset Qualcomm MSM7227A Snapdragon
CPU 1 GHz Cortex-A5
GPU Adreno 200
Sensors Accelerometer, proximity
Messaging SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email
Browser HTML, Adobe Flash Lite
Radio Stereo FM radio with RDS
GPS Yes, with A-GPS support
Java Yes, via Java MIDP emulator
Colors Black, White
- Dual SIM (dual stand-by)

- SNS integration

- MP4/H.263/H.264/WMV player

- MP3/eAAC+/WMA/WAV player


- Google Search, Maps, Gmail,

YouTube, Calendar, Google Talk

- Organizer

- Document viewer

- Voice memo/dial

- Predictive text input
Battery Standard battery, Li-Ion 1650 mAh


Referensi: kaskus.co.id, sidomi.com, gsmarena.com


Senin, 30 Juli 2012

Fenomena Ultrabook yang Menjadi Trend

Ultrabook intel core
Tipis, ringan, bertenaga, dan mungil. Itulah gambaran sebuah ultrabook. Meski  harga ultrabook tidak bisa dibilang murah, genre baru yang menyerupai Macbook Air ini ternyata memperoleh tanggapan yang baik. Banyak orang yang tertarik dengan dimensi yang teramat tipis dan bobot ringan. Apalagi karena kedua kelebihan tersebut diikuti dengan performa yang cukup baik pula. Ultrabook saat ini telah menjadi trend dikalangan pemakai-pemakai laptop, sejak Intel mengklaim bahwa pada tahun 2013, setidaknya 40% dari laptop yang terjual di seluruh dunia akan ultrabook, dan dengan semakin populernya Saat ini beberapa vendor notebook mulai membanjiri pasar dengan produk mobile Ultrabook. Sebagian produk tersebut sudah dapat Anda temukan di pasaran saat ini.
ultrabook_5_ivy_bridge

Berikut Kriteria Laptop Ultrabook :
  1. Ukurannya yang signifikan “Portable”, ringan dengan layar ukuran biasanya dari 11”, namun ada juga yang berukuran sampai 15” dengan berat berkisar 1 sampai 1,5kgs.
  2. Processor inilah kelebihan daripada Ultrabook, ukuran sebuah Ultrabook haruslah ‘sanggup’ untuk segala macam urusan bisnis. Multi tasking, rendering video, desain grafis, compute data dalam jumlah yang sangat besar, dll . Biasanya Ultrabook menggunakan prosesor dari jenis ULV (Ultra Low Voltage) untuk Intel Core i3, i5, atau i7 generasi kedua “Sandy Bridge” yang membuatnya memiliki performa tinggi.
  3. Design Ultrabook pastilah elegan, tipis dan sylish.
  4. Performance boot time, Ultrabook memiliki proses boot time yang sangat cepat didukung oleh “Instant on” begitu jugan dengan resume dan standby nya.
  5. Wireless Connection, Ultrabook juga menggunakan teknologi nirkabel internet yang sangat bagus dengan jangkauan yang lebih luas.
  6. Keunggulan yang cukup membuatnya berbeda dengan laptop “biasa” adalah Battery Long Standby, penggunaan daya yang kecil namun performance baik membuat penggunaan battery jadi lebih lama.
  7. Didukung dengan OS terbaru dari Windows 7 dan generasi selanjutnya Microsoft Windows.
  8. Meski masih ada beberapa type yang masih menggunaka HDD Sata, namun Laptop Ultrabook baiknya menggunakan Media penyimpanan SSD Storage untuk mendukung kecepatan read dan write process boot,  jenis Harddisk “hybrid” ini telah menjadi trend karena kecepatannya.
Dari semua ini dapat disimpulkan bahwa Ultrabook itu “Ringan, Tipis, Sylish, dengan kemampuan Responsive cepat untuk penggunaan baik untuk Computing data atau pun Multimedia”. Berikut contoh-contoh Ultrabook dari beberapa merk yang telah beredar dipasaran:

Acer Aspire S3
Acer Aspire S3


Apple Macbook Air
Apple Macbook Air

ASUS UX21 dan UX31
ASUS UX21 dan UX31

Lenovo Ideapad U300S
Lenovo Ideapad U300S

Samsung 9 series
Samsung 9 series

Toshiba Portege Z830
Toshiba Portege Z830

Mungkin bagi anda yang memiliki dana yang lebih, bisa mencoba memiliki salah satu dari Ultrabook diatas. Semoga bermanfaat.

Referensi: http://genreystore.com & http://www.jagatreview.com


Minggu, 29 Juli 2012

Cara Custom Permalink pada Blogger

Permalink pada Blogger
Saya akan membahas tentang fitur terbaru dari blogger yaitu custom permalink. Saya tau tentang info ini dari blogger buzz dan juga sudah banyak teman blogger lain yang membahas ini. Mungkin anda yang belum tau tentang apa itu permalink? Jadi permalink itu adalah singkatan dari permanent link, jadi fungsinya seperti alamat website atau blog yang tertulis di address bar browser, biasanya terlihat panjang, penempatannya setelah url utama, dan memakai tanda strip atau garis bawah untuk sebagai pengganti spasi, lalu terkadang ada akhiran .html, .php, .asp, dan sebagainya.

Blogger dalam menentukan permalink url itu berdasarkan judul artikel posting yang di ambil, jadi dulu sebelum ada fitur custom permalink ini, anda tidak bisa mengubahnya selain mengakalinya. Maksudnya adalah ada batasan jumlah karakter yang diperbolehkan untuk menjadi permalink yang diambil dari judul posting, yaitu sebanyak 39 karakter termasuk spasi, jadi kalau judul posting anda lebih dari 39 karakter, maka akan terpotong permalinknya. Berbeda dengan platform Wordpress yang bisa di edit sesuka authornya untuk menentukan permalink dan juga jumlah karakter juga bisa sangat banyak, mungkin sampai 80 karakter.

Namun sekarang para blogger termasuk saya tidak usah kawatir, sebab dengan diluncurkan fitur terbaru blogger untuk custom permalink ini, anda bisa mengedit permalink sesuka anda. Lalu apa fungsinya? Anda yang bermain SEO pasti akan paham, dengan custom permalink bisa dimungkinkan kata kunci yang diincar berbeda antara judul posting dengan di permalink. Meski Judul posting blog adalah paling penting dan menentukan bagi posisi artikel blog anda di Search Engine semacam Google, permalink merupakan yang terpenting setelah judul posting, baru kemudian deskripsi singkat posting blog yang akan muncul di hasil pencarian Google.

Oke langsung saja praktek, namun sebelumnya ada beberapa hal yang harus anda perhatikan antara lain:
1. Custom Permalink hanya bisa ditemukan pada tampilan blogger terbaru
2. Hanya bisa dilakukan pada saat membuat posting baru, bukan edit post
3. Penggunaan spasi harus digantikan karakter strip (-)
4. Jika sebelumnya dibatasi 39 karakter, dengan custom permalink ini bisa lebih dari 39 karakter.
Jika anda sudah paham keempat hal diatas, anda bisa mencobanya. Coba anda tulis judul postingan blog anda, maka secara otomatis blogger akan me-generate url permalink nya.
Apabila anda menulis post pada bulan juli 2012, maka URL posting akan seperti ini:
www.namablog.blogspot.com/2012/07/CustomURL.html
yang cetak tebal adalah yang nantinya akan di custom URL nya. Pada editor posting blogger anda, di sebelah kanan ada opsi Permalink dan apabila di klik akan muncul pilihan, lalu pilih yang Custom URL.
Cara Custom URL Permalink pada Blogger Blogspot

Misal anda akan mengubah permalink URL nya menjadi "Custom Permalink URL", maka sebaiknya seperti ini:
www.namablog.blogspot.com/2012/07/custom-permalink-url.html
Perlu anda ketahui bahwa karakter yang diizinkan untuk custom URL Permalink yaitu: a-z, A-Z, 0-1 dan karakter spesial yang tersedia adalah underscore, dash, dan period.

Selamat mencoba.


Sabtu, 28 Juli 2012

Google+ sekarang ada Fitur Events

Google+ sekarang ada Fitur Events
Apakah anda sudah membuka akun Google+ (Google Plus) anda? Sedangkan untuk login tentu sudah otomatis sebab kalo login blogger tentu akan login pula untuk akun Google lainnya termasuk Google+. Kira-kira apa yang akan temukan atau anda lihat sesuatu yang baru dengan Google+ bagi anda yang jarang membukanya? Saya beberapa waktu yang lalu saat ingin share artikel posting blog saya, di kejutkan dengan notifikasi untuk mengisikan tanggal lahir, beda dengan sebelumnya yang langsung browsing saja, saya sempat berfikir ini ada apa ya dengan Google+? Ternyata setelah saya baca dengan teliti, Google+ sudah tersedia fitur Events untuk acara dan hari ulang tahun anda serta teman-teman anda di Circle atau lingkaran anda. Saya rasa sebelumnya juga tidak begitu memperhatikan kalau Google+ belum ada fitur events ini, setelah sebelumnya mengeluarkan fitur Games dan Fans Page untuk memasang Badge di blog. Seperti halnya di Facebook, apakah ini Google+ akan mengikuti sedikit demi sedikit langkah dari pesaingnya itu yakni Facebook?

Dengan fitur events atau acara ini, anda dengan mudah melihat hari ulang tahun teman-teman Google+ anda, atau membuat acara tertentu yang ingin mengundang teman anda untuk menghadirinya. Mirip seperti halnya Facebook dengan alamat https://www.facebook.com/events/list sedangkan untuk Google+ bisa diakses menu sebelah kiri yaitu Events dengan alamat https://plus.google.com/u/0/events
Google+ sekarang ada Fitur Events



Kamis, 19 Juli 2012

Cari Judul Lagu dengan SoundHound for android

Cari Judul Lagu dengan SoundHound for android
Postingan sebelum puasa untuk anda semua. Apakah anda sudah ada yang tahu atau sudah ada yang memakai aplikasi SoundHound ini? Aplikasi ini berfungsi untuk mencari atau menemukan judul lagu berdasarkan sumber suara atau nada lagu yang belum kita ketahui sebelumnya judul lagunya, bahkan suara nyanyian atau hanya dengungan suara manusia. Setelah SoundHound telah mendengarkan suara yang didengarkan melalui microphone hp, maka akan langsung mencocokan daftar lagu di database SoundHound lalu menampilkan daftar lagu yang mungkin yang sedang anda cari kemudian memberikan info-info tentang yang di dengarnya. Info tersebut berupa title atau judul lagunya, lyrics, artist, album sampai tour datesnya juga ada.

Aplikasi ini sebenarnya tidak hanya tersedia di Android Market atau Google Play, tetapi juga ada untuk iOS. Saya rasa aplikasi ini sangat membantu bagi anda yang suka dengan musik, baik itu musik lama atau musik yang sedang hits sekarang ini. Anda juga bisa melihat daftar tangga lagu barat dengan memilih menu Whats Hot di bagian bawah. Jenis lagu yang kemungkinan ada yaitu pasti lagu-lagu barat, jika anda masih ingin mencari lagu-lagu berbahasa Indonesia, atau lagu korea, itu pun belum tentu ada, maka lagu barat yang dibawakan oleh penyanyi terkenal dan ngetop sudah pasti ada dan akan ditemukan oleh SoundHound. Jadi, bagaimana cara menggunakan aplikasi SoundHound for Android ini? Berikut tutorialnya:
1. Buka aplikasi SoundHound di Smartphone Android anda.
2. Pastikan ada sumber suara lagu yang akan anda cari judul lagunya. (Anda bisa mengambil suara dari TV, iklan TV, lagu yang diputar di radio, atau suara anda sendiri dengan mendengungkan lirik lagu meski anda tidak tahu judul lagunya).
3. Setelah siap, tekan Tap Here tombol warna oranye, pastikan juga dengan mendekatkan mic hp anda dengan sumber suara, supaya aplikasi SoundHound bisa mencari judul lagu dengan akurat.)
Cari Judul Lagu SoundHound for android

4. Anda akan diberi waktu sekitar 20 detik untuk memberikan sumber suara, dan SoundHound akan memproses dalam beberapa detik. (catatan: Hp anda harus terkoneksi dengan Internet terlebih dahulu.)
Cari Judul Lagu SoundHound for android

5. Setelah Soundhound selesai memproses, maka akan menampilkan daftar atau list lagu yang mungkin itu anda cari. Sebagai contoh, saya menyanyikan lirik lagunya Maroon 5 yang berjudul Payphone. Setelah itu pilih lagu tersebut. Jika anda menyanyikan dengan tepat, SoundHound akan langsung memberikan detail info secara langsung lagu tersebut. Anda juga bisa mendengarkan potongan suara lagu dengan menekan tombol play di bawah Album Art lagu tersebut.
Cari Judul Lagu SoundHound for android

Cari Judul Lagu SoundHound for android

6. Jika masih belum ada daftar lagu yang anda cari, mungkin bisa mencobanya terus. Atau misal belum ada juga, kemungkinan belum ada di database miliknya SoundHound. Dan katanya juga bisa menyumbang judul lagu dengan berpartisipasi menambahkan lagu yang anda cari ke database SoundHound apabila anda sudah ingat judul lagunya.

Apabila anda tertarik mencobanya, anda bisa download gratis SoundHoud for Android di Google Play pada link berikut ini. Atau anda ingin mendownload dengan bentuk file SoundHound.apk gratis dengan size 3.5MB, lalu menginstallnya secara manual, anda bisa klik link download ini.

Semoga bermanfaat.


Selasa, 10 Juli 2012

Content Filter di Google Play

Google Play
Saya kemaren hari minggu menonton acara tren techno di metro dan sedang membahas tentang keamanan di sistem operasi android. Pas banget temanya sebab saya juga sudah punya smartphone android. Di acara tersebut, mengambil topik android sebab sudah kita ketahui bersama kalau OS besutan Google ini sudah merajai pasar penjualan smartphone di dunia, terlebih lagi di Indonesia. Dengan berkembangnya Android ini dan semakin banyak saja orang yang memilikinya, tentu kita tidak bisa terlena mengenai ancaman terhadap device atau gadget android yang dimiliki. Ancaman bisa berasal dari mana saja, bahkan secara tidak kita sadari ancaman tersebut telah menyerang. Anda tentu tau kesuksesan windows dalam persaingan sistem operasi di dunia dalam hal desktop komputer, satu hal yang membuat kesal adalah banyaknya virus dan sebagainya bukan? Hal ini juga sedang terjadi dan mungkin masih akan berlanjut kedepannya. Biasanya yang sedang populer saat ini dan banyak orang memakainya, ancaman berupa virus selalu ada. Meski android di adopsi dari kernel Linux, bukan berarti akan aman dari virus. Ada saja orang-orang yang mempunyai niat jahat, yakni dengan membuat virus lalu menyisipkan script ke dalam aplikasi android tersebut, dan biasanya aplikasi itu hasil dari crack-crackan alias bajakan dari aplikasi yang berbayar kemudian di publikasikan sebagai aplikasi yang gratis, tentu orang yang belum mengerti akan begitu saja mendownload lalu menginstallnya ke android mereka. Secara tak sadar aplikasi itu terdapat virus yang dapat mencuri data-data pribadi milik anda, dan mungkin saja akan disalah gunakan. Jadi hati-hati dalam memilih aplikasi android mulai sekarang. Perhatikan Permissionnya sebelum anda menginstallnya.

Oke, itu sekilas saja yang saya dapat setelah menonton acara tv tersebut. Pas sesi terakhirnya, ada tips yang saya rasa cukup penting juga, ini berlaku bagi orang tua yang sudah memberikan hp android kepada anak yang masih belum cukup umur. Aplikasi android saat ini yang tersedia di Android Market atau sekarang berganti menjadi Google Play sekarang sudah sangat banyak sekali macam dan jumlahnya, begitupun pengembang aplikasi android atau developernya yang terlibat disana. Perlu anda ketahui tidak semuanya aplikasi aman untuk diakses untuk anak dan remaja yang belum dewasa. Sebab ada beberapa aplikasi yang notabene dikhususkan untuk mereka yang sudah dewasa. Nah ini juga tidak baik digunakan oleh anak-anak. Tips berikut bisa anda coba untuk memproteksi kegiatan berselancar bagi anak-anak dan mengakses Google Play dengan aman dan nyaman. Info resmi dari Google bisa anda lihat di link berikut ini. Disitu dijelaskan tentang opsi filtering content yang ada di Google Play, jadi itu dipilih saat developer mempublish aplikasinya dengan memilih kategori aplikasinya termasuk yang mana.

Ikuti petunjuknya berikut ini:
1. Pastikan anda sudah menambahkan akun gmail anda di android, lalu buka Google Play.
2. Tekan softkey tombol option smartphone android anda(bisa saja berbeda-beda setiap merk smartphone android), lalu pilih Settings.
3.  Anda akan masuk pilihan Settings Google Play, kemudian pilih Content filtering. Seperti gambar dibawah ini.
Google Play Settings

4. Lalu uncheck atau hilangkan centang pada pilihan medium maturity dan high maturity. tekan OK.
Google Play Settings

Sekarang anda sudah memfilter konten yang tidak layak di Google Play. Tapi  ada masalah lagi, sebab bisa saja si anak merubah settingan diatas. Tenang, ada solusinya, anda harus membuat PIN yang hanya anda saja yang tau. Caranya adalah:
1. Pada gambar pertama tips diatas, pilih menu Set and change PIN. Masukkan PIN yang mudah anda ingat, minimal 4 digit. Lalu konfirmasi lagi.
Google Play Settings

2. Maka menu pilihan untuk Content filtering tidak bisa diakses, harus memasukkan PIN yang anda set tadi dengan memasukkan PIN di menu Unlock settings.
Google Play Settings

Mungkin itu saja dari saya, semoga bermanfaat ya.


Translates