Rabu, 13 Maret 2013

Cara Edit Album Art pada File MP3

Album Art pada file Mp3
Edit Album Art pada MP3 - Saya akan memberikan panduan untuk menambahkan Album Art di file Mp3 favorit anda. Jika belum mengetahui apa itu Album Art, yaitu penjelasan sederhananya adalah suatu gambar atau biasanya gambar Album musik dari suatu penyanyi yang tampil pada music player versi terbaru ketika musik berformat mp3 tersebut sedang di putar. Biasanya Album Art ini bisa menjadikan identitas dari suatu file mp3, jadi dalam sebuah file mp3 bisa menyimpan gambar yang ada didalamnya. Anda harus membutuhkan sebuah aplikasi atau program yang akan melakukan ini, aplikasi tersebut adalah Mp3tag. Perbedaan dengan aplikasi lainnya semisal pada Winamp yaitu jika Winamp hanya bisa menampilkan Album Art di Winamp saja sedangkan Album Art Mp3 jika diputar pada music player lain tidak akan tampil, saya dulu sering memakai music player Windows Media Player tapi yang versi lama, namun untuk versi terbaru ternyata fitur untuk menambahkan Album Art sudah tidak ada. Berikut ini cara untuk menambahkan gambar pada file Mp3 atau bisa juga untuk mengedit Album Art.
1. Kunjungi website dari Mp3tag untuk mendownload aplikasinya. Link disini.
2. Setelah selesai mendownload dan menginstall aplikasi Mp3tag, jalankan aplikasi tersebut.
3. Untuk persiapan menambahkan Album Art, sebaiknya anda sudah menyiapkan file mp3 yang akan ditambahkan Album Art serta file gambar sebagai Album Art. Kalau ingin menambahkan Gambar Album Art sesuai musik album artis yang bersangkutan, bisa mencarinya pada situs penyedia gambar berbagai Album Art, yaitu dengan alamat di albumart.org
4. Semua persiapan sudah siap, bisa langsung menambahkan file mp3 atau seluruh folder file mp3 ke aplikasi Mp3tag.
tambah file mp3 untuk album art

pilih folder file mp3

5. Setelah itu akan tampil beberapa file mp3 yang akan ditambahkan Album Art, lalu pilih salah satu. Pada bagian bawah kanan akan tampil album art untuk file yang sudah ada album art nya. Bila ada file yang masih kosong album art, klik kanan pada bawah kanan, pilih Add cover...
klik kanan mp3tag pilih add cover

6. Kemudian pilih file gambar Album Art yang akan ditambahkan, semisal pada gambar berikut ini.

7. Jika sudah tampil gambar preview album art pada bawah kanan seperti berikut, lalu simpan album art tersebut ke dalam file mp3, klik File, lalu Save tag.
simpan album art ke file mp3

8. Proses penyimpanan sedang berjalan.
proses simpan album art ke file mp3

9. Setelah proses saving selesai, akan tampil tanda bahwa sudah tersimpan.
proses simpan album art selesai

10. Semua langkah-langkah sudah selesai.

Berikut ini adalah contoh tampilan dari Album Art yang sudah berhasil, digunakan musik player yaitu Winamp dan Windows Media Player untuk menguji dan membenarkan bahwa album art sudah bisa tampil diberbagai music player.
Tampilan Album Art pada Windows Media Player dan Winamp


Sekian tutorial dari saya tentang Cara Edit Album Art pada File MP3,
semoga bermanfaat.



emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Edit Album Art pada File MP3 dan anda bisa menemukan artikel Cara Edit Album Art pada File MP3 ini dengan url http://www.nova13.com/2013/03/cara-edit-album-art-pada-file-mp3.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara Edit Album Art pada File MP3 ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Cara Edit Album Art pada File MP3 sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



6 Comments:

  1. aku ga merasa perlu edit-edit, biasanya sudah ada kan album art dari filenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo download dari situs2 kan biasa album art nya pake gambar gj :j:

      Hapus
  2. ini sangat membantu gan buat saya

    BalasHapus
  3. Bisa jd tempat narsis baru nih... wkkwk

    BalasHapus
  4. mantap bos ,, ijin sedot boss :a:

    BalasHapus

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j:

PERHATIAN!
>> Yang berkomentar dengan Anonymous tidak akan saya tanggapi, usahakan memakai Name/URL. kalau tidak punya blog, bisa memakai URL profil Facebook, twitter, dll.
>> Gunakan anchor name pada Name/URL yang sewajarnya.

thanks.

Translates