Rabu, 23 Oktober 2013

BBM untuk Android dan iOS Resmi dirilis


Usai sudah cerita panjang tentang penantian BlackBerry Messenger lintas platform. Sempat muncul lalu menghilang, kini BBM untuk Android dan iOS sudah bisa di-download kembali.

Untuk pengguna Android tak perlu risau lagi harus mengunduhnya dari link yang tidak resmi. Karena BlackBerry sudah memastikan bahwa BBM ini sudah muncul di Google Play Store.

Dikutip dari blog resminya, Selasa (22/10/2013), selain melalui Play Store, pengguna Android bisa menginstal BBM di handset Android melalui situs resmi BBM.com atau bisa search dengan kata kunci "bbm" atau "bbm for android" dan pilih yang developer bernama BlackBerry Limited.

Pastikan juga smartphone Anda sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan yakni dengan versi untuk Android adalah minimal Android 4.0 keatas (ICS atau Ice Cream Sandwich dan Jelly Bean untuk Android versi 4.1 dan 4.2).

Sementara itu, pengguna iPhone yang belum sempat men-download BBM bisa langsung menuju App Store dengan mengetikkan "BlackBerry Messenger for iPhone".

Berikut link resmi download BBM untuk Android dan iOS (App Store).


Sabtu, 31 Agustus 2013

Xtreme Download Manager


Kembali lagi dengan postingan mepet sebab bertepatan dengan akhir bulan agustus, saya juga baru sempat memposting karena rutinitas dan juga rasa malas ngeblog, jangan ditiru ya. Dan di postingan kali ini, saya akan membagikan info tentang suatu software yang sudah lumayan lama rilis atau bahkan ada sebagian dari anda yang sudah tahu tentang software ini, yakni Xtreme Download Manager yang merupakan software untuk membantu proses download file mirip dengan download manager yang sudah ada sebelumnya yaitu Internet Download Manager atau lebih dikenal dengan IDM.

Meski terbilang software baru, namun aplikasi download manager ini cukup diperhitungkan, sebab dengan begitu populernya IDM saat ini, pengembang atau developer XDM mencoba peruntungan dengan mempublish aplikasi ini. Berbeda dengan IDM yang mengharuskan membayar lisensi software (namun pada kenyataannya banyak yang membajak, untuk saya sudah lama tidak memakai ini), namun untuk XDM bisa diperoleh dengan free alias gratis. Untuk Fitur yang ada yaitu ada fasilitas resume, kecepatan download yang bisa lebih cepat dari download bawaan browser, sudah terintegrasi berbagai browser, dan lain sebagainya. Sebagai informasi bahwa pengembang XDM berasal dari india sana dan software ini menggunakan bahasa pemrograman Java dalam membuat coding nya.

Berikut ini tampilan dari XDM, untuk mengobati rasa penasaran anda :)
xdm

Jika anda tertarik mencobanya, bisa langsung mengunduhnya pada tautan berikut ini. Pastikan bahwa sudah terinstall aplikasi java, sebab untuk menjalankan XDM harus terinstall minimal JRE (Java Runtime Environment), tapi untuk windows 7 biasanya sudah tersedia, jadi tinggal pakai saja dan XDM support berbagai OS.


Rabu, 31 Juli 2013

Samsung Kuasai 80% Pasar Smartphone Android Indonesia

samsung logo
Penjualan perangkat telepon pintar di Indonesia diprediksi akan menembus 12-15 juta unit, atau sekitar 20-25% yang ada di pasar pada tahun 2013. Dikutip dari Digitimes, smartphone kelas entry-level dan mid-range dengan harga dibawah Rp 2 jutaan adalah yang paling banyak dicari. Smartphone dengan basis OS Android mencapai 50-60% pangsa pasar di Indonesia, diikuti oleh BlackBerry dengan pangsa pasar 30%.

Menurut laporan tersebut, dari sekian banyak vendor yang menghadirkan smartphone Android-nya di Indonesia, vendor asal Korea Selatan, Samsung, menjadi pemimpin di segmen ini. Dilaporkan bahwa Samsung punya lebih dari 80% pangsa pasar Android, yang kemudian diikuti oleh Sony Mobile dan vendor merk lokal Cross dan Smartfren.

Sebanyak 9 dari 10 smartphone Android paling laku di Indonesia didominasi oleh Samsung, diantaranya adalah Galaxy Y, Galaxy Mini, Galaxy Tab 2, Galaxy Y Duos, dan Galaxy Chat.

via teknoup


Senin, 10 Juni 2013

Innity belum membayar, apakah Scam?

Tulisan artikel ini saya hadirkan sebagai bentuk kekecewaan terhadap penyedia layanan iklan yang sudah lama sekali saya pasang iklannya di blog saya ini, mungkin dari tahun 2012 dan proses apply blog ini pun tidak bisa dikatakan mudah, perlu waktu lama untuk bisa di approve sebagai publisher Innity, saya sudah searching bahwa banyak diluar sana yang mengatakan susah sekali untuk bisa bergabung sebagai publisher Innity, yang bercerita pun banyak yang dari postingan blog atau pun forum diskusi online.

Namun bagi saya, yang menjadi permasalahannya adalah mengenai sistem payOut/payment atau diterjemahkan adalah pembayaran yang sudah sampai pada angka minimal untuk bisa diambil hasilnya. Seperti istilah gaul yang sedang on fire saat ini yaitu saya merasa di php-in sama si Innity :P

memang fakta, sebab mereka yang memberikan aturan sendiri namun mereka pula yang melanggarnya. Soal keterlambatan pembayaran ini, saya sudah lebih dari kata sabar, hampir berbulan-bulan sampai saya tidak menghitung berapa lama saya belum mendapatkan hak saya dari hasil pemasangan iklan Innity. Tertulis bahwa apabila saldo sudah mencapai angka minimal RP. 1.000.000,- maka akan segera diaudit oleh pihak sana, dan harus menunggu juga selama 90 hari atau 3 bulan lamanya untuk proses pembayarannya. Yang menjadi pertanyaan sekarang, mana janji mu, Innity? ini sudah hampir setahun semenjak minimal payout saya. Memang banyak yang mengatakan atau bahkan media online di dalam maupun luar negeri bahwa Innity ini perusahaan penyedia iklan terbesar (katanya) di Asia khususnya negara Malesia, Singapura, Thailand, Indonesia, Vietnam, Philipina, dan China. Namun saya berargumen bahwa tidak layak mereka mendapat predikat "terbaik" tetapi jika dalam hal pembayaran saja sering telat atau terlambat dan memang iklan yang ditanyangkan pun memuat iklan-iklan yang sudah terkenal (anda bisa lihat iklan di blog ini), memang berbeda kualitas jika dibanding penyedia iklan lokal yang iklannya sangat jauh dari kata "sopan" (You know lah). Tetapi dalam hal pembayaran, mereka lebih profesional dan tepat waktu, berbeda dengan innity ini. Maaf, bukan maksud saya untuk menjelekkan Innity, namun ini adalah unek-unek saya selama ini. Jadi saya selama ini atau sebelumnya lebih menekuni dari penyedia iklan lain, yakni job untuk mereview suatu produk dalam sebuah artikel dan hasilnya pun lumayan.

Semoga ini bisa menjadi renungan kita bersama...


nb: Lampiran screenshot.
Periode Juli 2012 s/d sekarang (Juni 2013) -_-

UPDATE!!!
pembayaran dari Innity sudah cair, ini buktinya:

Dapat ditarik kesimpulan, IMHO sih, apa harus buat artikel kayak gini ya biar dapat pembayaran yang harusnya dari bulan-bulan kemarin? :3 kalau dibilang telat, super banget -_- saatnya cabut script iklannya :v


Minggu, 26 Mei 2013

BlackBerry Ijinkan BBM Berjalan di iOS dan Android

bbm for android and ios
Anda pasti sedikit bingung dan terkejut saat membaca judul berita ini. Bahwa telah mengumumkan pada ajang BlackBerry Live 2013 kemarin, bahwa layanan mereka yang paling anyar yaitu BBM akan lintas platform yang berarti BBM bisa digunakan pada iOS dan Android.

Langkah yang dilakukan BlackBerry ini sudah lama jadi perbincangan sepanjang tahun 2012. Tapi tetap saja banyak orang kaget akan berita ini. Untuk para pengguna Android aplikasi BBM ini hanya bisa digunakan iOS 6 ke atas dan Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

CEO BlackBerry Thorsten Heins, memberi informasi tentang kepastian bahwa BBM akan hadir sebagai aplikasi third party, dimana aplikasi ini akan hadir untuk dan iOS dan Android sekitar bulan Juli atau Agustus tahun ini. Selain itu juga Heins menambahkan dengan hadirnya platform BlackBerry 10 meyakinkan mereka bahwa BBM semakin kuat sehingga mampu disebarkan ke sistem lain.

Untuk pembukaan, BBM di Android dan iOS hanya akan disandang dengan fitur-fitur yang standar, seperti pengirim pesan  dan group. Namun Heins sebagai CEO BlackBeryy berjanji bahwa akan ada pengembangan pada fitur-fiturnya, yaitu akan adanya BBM Video, Voice, dan Screen Share.

Bagaimana tanggapan Anda?

via Bhinneka


Rabu, 27 Maret 2013

Sponsored Video: Bantu kami merayakan ulang tahun ke-5 setiap anak

Saya akan memberikan informasi yang lumayan penting untuk masyarakat luas, terutama untuk anak-anak, meski tidak ada hubungannya dengan berita teknologi, yaitu mengenai pentingnya menjaga kebersihan diri sendiri terutama dengan rajin mencuci tangan setelah melakukan setiap aktifitas di luar rumah ketika akan makan. Ini berkaitan erat tentang suatu riset penelitian yang dilakukan, ada sekitar 2 juta balita (bawah lima tahun) sekarang ini meninggal dunia akbiat penyakit infeksi, sebagai contoh yang paling banyak adalah terserang wabah diare. Meskipun penyakit diare banyak yang menyepelekan, namun tidak sedikit yang telah meregang nyawa akibatnya, terlebih jika yang terkena adalah anak dibawah lima tahun dan harus ditangani secara cepat agar banyak nyawa yang terselamatkan. Pentingnya mencuci tangan supaya terhindar dari penyakit Diare dapat mengurangi resiko sebanyak 42-47 %, maka dari itu pihak Lifebuoy sangat gencar mengkampanyekan pentingnya hal sederhana ini. Ada sebuah video berdurasi 3 menitan yang menceritakan tentang seorang ayah yang tinggal di Negara India, tepatnya daerah Thesgora yang telah berhasil membuktikannya.

Nama ayah tersebut bernama Gondappa, yang sangat bahagia karena anaknya tengah berulang tahun ke 5. Kenapa setiap 5 tahun? Mungkin kalau di negara kita bisa setiap tahun, namun berbeda dengan dengan Gondappa, ternyata ini adalah pertama kalinya dia telah berhasil membesarkan anaknya hingga usia 5 tahun setelah sebelumnya harus kehilangan anak pada usia balita karena terkena penyakit diare. Anda perlu ketahui bahwa Thesgora adalah suatu desa dengan jumlah penderita diare terbanyak di India. Kebahagiaan Gondappa yang merupakan berkah bagi keluarga besarnya karena telah berhasil dalam kampanye dari lifebuoy dengan pentingnya mencuci tangan dengan sabun.


Bagaimana dengan cerita diatas? Bahwa penduduk daerah Thesgora sudah mampu menjadikan kebiasaan mencuci tangan sehari hari dalam hidup mereka. Kalau mereka bisa, kita seharusnya juga bisa. Semua Orang tua pasti tidak akan rela kalau harus kehilangan nyawa anak balita karena terserang diare. Jadi, lakukan cara sederhana mencuci tangan dengan sabun ini mulai sekarang. Anda bisa melihat halaman Lifebuoy di Facebook.

Sponsored by Lifebuoy.

referensi: http://www.rikhojansen.com/


Minggu, 17 Maret 2013

Pengguna Aktif di Instagram sebanyak 100 Juta

logo instagram
Pengguna Aktif di Instagram sebanyak 100 Juta - Setelah hampir dua setengah tahun, Instagram akhirnya melampaui target 100 juta pengguna aktif. Pencapaian ini datang kurang dari sebulan setelah Instagram mengumumkan detail data jumlah user aktif mereka untuk pertama kalinya. Langkah ini diambil Instagram untuk membuktikan rumor bahwa mereka ditinggalkan oleh penggunanya. Pertumbuhan jumlah user aktif ini lebih hebat dibandingkan kompetitor terdekat mereka, Twitter. Karena Twitter sendiri baru mencapai 200 juta pengguna aktif akhir tahun kemarin, setelah lebih dari 6 tahun dikembangkan. Pertumbuhan Instagram jauh lebih cepat.

“Memang mudah melihat hal ini sebagai pencapaian untuk sebuah perusahaan, namun menurut saya kenyataannya, ini merupakan suatu pencapaian untuk komunitas kita,” ujar Kevin Systrom, CEO Instagram yang ditulis pada blog website mereka. “Sekarang, lebih dari sebelum-sebelumnya, orang-orang menangkap [momen] dunia ini secara real-time dengan menggunakan Instagram – membagi karya [bahkan] dari ujung bumi. Yang kita lihat adalah hasil dari sebuah dunia yang lebih terkoneksi lewat foto.”

Pertumbuhan pesat ini tidak lepas dari derasnya pengembangan dari aplikasi Instagram ini sendiri. Terhitung sejak setahun belakangan Instagram gencar mengembangkan feature-feature pada aplikasi mereka, menambah banyak filter foto baru, dan juga Web Feed yang memungkinkan browsing foto lewat browser, tidak hanya lewat perangkat seluler.

sumber: jagatreview


Rabu, 13 Maret 2013

Cara Edit Album Art pada File MP3

Album Art pada file Mp3
Edit Album Art pada MP3 - Saya akan memberikan panduan untuk menambahkan Album Art di file Mp3 favorit anda. Jika belum mengetahui apa itu Album Art, yaitu penjelasan sederhananya adalah suatu gambar atau biasanya gambar Album musik dari suatu penyanyi yang tampil pada music player versi terbaru ketika musik berformat mp3 tersebut sedang di putar. Biasanya Album Art ini bisa menjadikan identitas dari suatu file mp3, jadi dalam sebuah file mp3 bisa menyimpan gambar yang ada didalamnya. Anda harus membutuhkan sebuah aplikasi atau program yang akan melakukan ini, aplikasi tersebut adalah Mp3tag. Perbedaan dengan aplikasi lainnya semisal pada Winamp yaitu jika Winamp hanya bisa menampilkan Album Art di Winamp saja sedangkan Album Art Mp3 jika diputar pada music player lain tidak akan tampil, saya dulu sering memakai music player Windows Media Player tapi yang versi lama, namun untuk versi terbaru ternyata fitur untuk menambahkan Album Art sudah tidak ada. Berikut ini cara untuk menambahkan gambar pada file Mp3 atau bisa juga untuk mengedit Album Art.
1. Kunjungi website dari Mp3tag untuk mendownload aplikasinya. Link disini.
2. Setelah selesai mendownload dan menginstall aplikasi Mp3tag, jalankan aplikasi tersebut.
3. Untuk persiapan menambahkan Album Art, sebaiknya anda sudah menyiapkan file mp3 yang akan ditambahkan Album Art serta file gambar sebagai Album Art. Kalau ingin menambahkan Gambar Album Art sesuai musik album artis yang bersangkutan, bisa mencarinya pada situs penyedia gambar berbagai Album Art, yaitu dengan alamat di albumart.org
4. Semua persiapan sudah siap, bisa langsung menambahkan file mp3 atau seluruh folder file mp3 ke aplikasi Mp3tag.
tambah file mp3 untuk album art

pilih folder file mp3

5. Setelah itu akan tampil beberapa file mp3 yang akan ditambahkan Album Art, lalu pilih salah satu. Pada bagian bawah kanan akan tampil album art untuk file yang sudah ada album art nya. Bila ada file yang masih kosong album art, klik kanan pada bawah kanan, pilih Add cover...
klik kanan mp3tag pilih add cover

6. Kemudian pilih file gambar Album Art yang akan ditambahkan, semisal pada gambar berikut ini.

7. Jika sudah tampil gambar preview album art pada bawah kanan seperti berikut, lalu simpan album art tersebut ke dalam file mp3, klik File, lalu Save tag.
simpan album art ke file mp3

8. Proses penyimpanan sedang berjalan.
proses simpan album art ke file mp3

9. Setelah proses saving selesai, akan tampil tanda bahwa sudah tersimpan.
proses simpan album art selesai

10. Semua langkah-langkah sudah selesai.

Berikut ini adalah contoh tampilan dari Album Art yang sudah berhasil, digunakan musik player yaitu Winamp dan Windows Media Player untuk menguji dan membenarkan bahwa album art sudah bisa tampil diberbagai music player.
Tampilan Album Art pada Windows Media Player dan Winamp


Sekian tutorial dari saya tentang Cara Edit Album Art pada File MP3,
semoga bermanfaat.


Selasa, 26 Februari 2013

Download gratis Instagram for PC

logo instagram
Instagram for PC - Saya kembali akan update dengan tema download instagram for pc yang akan membahas tentang semakin populernya aplikasi sharing foto ini setelah mengeluarkan versi di luar sistem operasi iOS yang hanya bisa digunakan pada produk apple, kini instagram sudah bisa digunakan pada sistem operasi Android dengan nama aplikasi Instagram for android. Berhubung masih banyak yang belum mengerti apa itu instagram dan apakah bisa digunakan pada komputer PC sedangkan yang kita tahu bahwa instagram itu aplikasi yang berjalan pada smartphone baik itu iPhone atau Android.

Sudah banyak beberapa cara yang digunakan untuk memakai android pada komputer PC atau laptop, bisa dengan emulator android, namun penggunaan emulator tentu akan membutuhkan resource spek yang besar seperti RAM dan Processor yang memadai, apabila spesifikasi PC atau laptop pas-pasan maka akan terasa berat atau lemot. Baru-baru ini saya telah menemukan suatu aplikasi yang ditujukan untuk mencoba aplikasi beberapa yang mirip di android  dan pengembang aplikasi ini membuatnya agar bisa diinstall pada PC serta kelebihannya adalah tidak akan membuat beban RAM dan Processor menjadi berat. Aplikasi itu bernama Instagrille yang merupakan kembaran dari Instagram dan dikembangkan oleh Pokki. Untuk installasinya harus membutuhkan koneksi internet dan sebelumnya harus mendownload aplikasinya dulu, namun ukurannya tidak sampai 1Mb yang bisa diunduh dengan mengunjungi link berikut ini.

Berikut langkah-langkah menginstall instagram for pc :
1. Setelah anda selesai mendownload aplikasi pokki, double klik file aplikasi tersebut, maka akan muncul seperti ini. Lalu klik Install.
mulai install instagrille

2. Kemudian proses download sedang berjalan.
proses download instagrille

3. Setelah semuanya selesai, maka akan muncul icon pada task bar bawah dekat menu start windows, anda bisa langsung running aplikasi tersebut.
4. Ketika sudah muncul window instagrille, bagi anda yang sudah punya akun Instagram karena sudah mendaftar via smartphone, bisa langsung login. sedangkan bagi yang belum mendaftar di instagram, diwajibkan register dulu pada instagram versi mobile.
5. Berikut tampilan Instagrille, anda bisa login dengan mengklik icon gambar orang.
klik login instagrille

6. Dan berikutnya klik Login with Instagram. proses ini membutuhkan verifikasi akun instagram, jadi izinkan saja atau allow aplikasi ini.
autentifikasi login instagram

Selamat, anda sudah berhasil menginstall Instagrille yang merupakan alternatif lain untuk bisa dipakai pada PC dari instagram for android.



Jumat, 25 Januari 2013

Dapatkan Panduan Lengkap Belajar Forex di Instanesia.com

Anda ingin belajar forex ? Sejak pasar finansial jenis ini tidak hanya bisa dgeluti oleh instansi - instansi pemerintah serta bank - bank sentral, makin banyak orang yang berkeinginan untuk mendulang kesuksesan melalui jenis bisnis yang satu ini. Forex! Berbagai alasan untuk menekuni bisnis forex menyeruak seiring makin banyaknya minat masyarakat untuk belajar forex. Forex memang menjanjikan banyak kemudahan dan kepraktisan. Dalam melaksanakan bisnis forex seorang trader dapat bertindak sebagai bos bagi dirinya sendiri, seorang trader juga dapat menentukan sendiri kapan dan berapa lama durasi waktu jam kerja yang harus dilaksanakan. Tidak hanya itu, seorang trader juga dapat menentukan sendiri berapa banyak penghasilan yang diinginkannya. Selama seorang trader memiliki perangkat komputer yang terhubung dengan koneksi internet, maka trader tersebut dapat menambah pundi-pundi keuangannya melalui internet kapanpun dan dimanapun. Menarik sekali bukan?

Pasar forex yang dapat diakses selama 24 jam dalam lima hari kerja juga semakin menambah poin fleksibilitas dari bisnis valuta asing ini. Tanggap akan animo masyarakat yang kian meroket dengan adanya bisnis forex ini, instanesia.com hadir menjembatani para pemula dengan menyediakan sajian lengkap langkah - langkah dalam belajar forex melalui instaForex.

instaForex Company telah membuka lebih dari 250 kantor cabang di seluruh penjuru dunia. Sebagian besar dari kantor perwakilan instaForex ini sebagian besar berlokasi di kawasan Asia, kawasan dimana instaForex meraih kepercayaan dari segenap pelanggannya. Sebuah majalah Inggris Word Finance bahkan telah memproklamirkan instaForex sebagai Best Broker di Asia dalam Word Finance Award selama tiga tahun berturut - turut.

InstaForex juga menyediakan keunggulan - keunggulan lain yang tidak disediakan oleh broker lain. ForexCopy signal merupakan salah satu fitur unggulan instaForex yang memungkinkan para klien instaForex untuk mengikuti jejak keberhasilan para trader forex sekaligus mengkopi transaksi trading online para trader lain melalui pengaturan rasio.


Dapatkan Beragam Informasi Sarat Manfaat Melalui www.terapijantungkoroner.com

Dalam kehidupannya, manusia tak dapat lepas dari informasi. Setiap hari manusia butuh informasi. Sebenarnya, tanpa disadari informasi sudah menjadi bagian dari kebutuhan pokok manusia. Informasi yang dibutuhkan manusia pun beragam jenisnya, mulai dari gosip para selebritis, informasi kondisi politik negeri, informasi mengenai tempat-tempat menarik, hingga informasi kesehatan. Seiring perkembangan zaman, manusia dapat mengakses informasi tanpa terbatas ruang dan waktu. dengan kehadiran internet yang mulai merambah ke pelosok desa makin memudahkan seluruh lapisan masyarakat dalam mengakses beragam informasi.

Terapijantungkoroner.Com adalah website resmi yang dihadirkan Pro V Clinic Holistic Health Care. Klinik kesehatan yang menangani aneka pengobatan ini mengusung plaque therapy sebagai metode penyembuhan dan pencegahan beragam penyakit. Dari jantung koroner hingga masalah anti aging. Dalam terapijantungkoroner.com tersaji beragam informasi sarat manfaat yang berguna bagi seluruh masyarakat. Tak terbatas bagi mereka yang tengah mengidap jantung koroner,  bagi yang ingin meningkatkan serta menjaga kesehatan pun tetap bisa memanfaatkan informasi kesehatan yang tersaji dalam terapijantungkoroner.com.

Pro V Clinic menjadi salah satu klinik kesehatan yang menyediakan aneka jenis pelayanan perlindungan dan perawatan kesehatan, yang terdiri atas pikiran, tubuh, dan semangat yang ditujukan untuk pencegahan timbulnya penyakit, penyembuhan penyakit,  serta peningkatan kesehatan atau daya tahan tubuh. ProVClinic Holistic Health Care juga menjadi pelopor Plaque Therapy ke Indonesia pada tahun 2001. Klinik kesehatan ini selalu mempergunakan produk - produk original Swiss yang telah terbukti efektifitasnya dan menjadi yang terdepan di dalam pengobatan Plaque Therapy untuk jantung koroner. 

Klinik yang berpusat di kawasan Permata safir ini  mulai mengibarkan bendera sejak 1998 dan sudah membuktikan eksistensi dalam dunia kesehatan dengan melayani masyarakat luas. ProV Clinic dikelola oleh para pakar kesehatan dan tenaga-tenaga spesialis dalam bidangnya masing-masing, salah satu diantaranya adalah Dr. Rosa. Beberapa diantara ragam pelayanan yang dihadirkan Pro V Clinic adalah: anti oxidant infuse, Analisa Aura, ozon, PRP, hypno-birthing, hypno-therapy, Neuro Tendon Stimulation , dan lain-lain.


Jumat, 11 Januari 2013

Wikipedia akan luncurkan Wikivoyage

Wikipedia akan luncurkan Wikivoyage
Di kalangan pemburu informasi, nama Wikipedia sudah sangat populer sebagai ensiklopedia online. Banyak pengguna internet yang memanfaatkan website tersebut untuk mencari tahu berbagai informasi.

Untuk memperkuat image sebagai situs ensiklopedia, Wikipedia meluncurkan sebuah website baru dengan nama Wikivoyage. Namun berbeda dengan Wikipedia, Wikivoyage khusus diisi oleh artikel yang berhubungan dengan kegiatan travelling.

Berbagai artikel mengenai lokasi tujuan travelling bakal mudah ditemukan di Wikivoyage. Namun tidak hanya itu, karena Wikivoyage juga berisi artikel terkait lokasi tujuan seperti hotel, restoran, tempat rekreasi, dan lain sebagainya.

“Wikivoyage adalah proyek untuk memberikan secara gratis, lengkap, up-to-date, dan dapat diandalkan sebagai panduan jalan-jalan di seluruh dunia," ucap pihak yayasan Wikimedia, yang menaungi Wikipedia.

Dan seperti halnya Wikipedia, Wikivoyage juga memberikan akses untuk mengedit atau menambah isi artikel untuk menambah update terbaru terkait lokasi yang diketahuinya.

Wikivoyage rencananya sudah dapat diakses secara global mulai tanggal 15 Januari 2013.

sumber: detikINET


Translates