Selasa, 04 Oktober 2016

Mengapa Anda Harus Merawat Kompor Gas?

Mengapa Anda Harus Merawat Kompor Gas?           

Kini hampir semua dapur mempunyai kompor gas sebagai alat masak utama. Selain lebih hemat bahan bakar, penggunaan kompor gas juga lebih praktis dan bersih. Meski begitu, cara pemakaian yang praktis bukan berarti tanpa risiko, bukan?

Bila dipakai secara sembarangan, kompor gas justru dapat membahayakan penggunanya, contohnya seperti tabung meledak. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengetahui cara merawat kompor gas dengan benar agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, juga agar umur kompor gas lebih awet. Baca artikel ini lebih lanjut untuk mengetahui caranya!


Safety First!

Sebelum Anda mulai menggunakan kompor gas, sebaiknya Anda memastikan selang saluran gas pada kompor dan regulator sudah tersambung dengan sempurna. Regulator yang tidak terpasang dengan baik dapat menyebabkan kebocoran gas yang dapat menyebabkan kebakaran. Selain regulator, Anda juga harus memastikan selang Anda berada di posisi tidak tertekuk atau terlipat, karena hal ini dapat menyebabkan kebocoran pada selang. Hiih, menyeramkan, bukan?
Bersihkan Secara Rutin

Salah satu indikasi bahwa kompor Anda butuh dibersihkan adalah timbulnya sedikit asap dan pijar api yang berwarna kemerahan. Hal ini mengindikasikan adanya kotoran yang menyumbat lubang-lubang kecil tempat keluarnya api (burner), akibatnya panas yang dikeluarkan tidak optimal dan juga lebih boros bahan bakar.

Tidak hanya burner, bagian lain juga harus dibersihkan agar Anda bisa memastikan bagian lain tidak mengalami kerusakan. Sebagai contoh, dengan membersihkan selang, Anda dapat mengetahui jika terjadi kebocoran atau keretakan pada selang.

Pastikan Tabung Dalam Keadaan Baik

Cara paling sederhana untuk mengecek apakah tabung dalam kondisi baik adalah melihat apakah 80% permukaan tabung tertutup cat. Jangan lupa untuk mengecek tanggal kadaluarsa tabung dan karat pada tabung. Karat yang dalam akan menyebabkan tabung lebih rentan terhadap kebocoran.

Bila Anda Mencium Bau Gas

Segera tinggalkan apapun yang sedang Anda kerjakan! Terciumnya bau gas menandakan adanya kebocoran, maka inilah langkah-langkah yang harus segera Anda lakukan:
     Segera matikan kompor dan alat apapun yang dapat menimbulkan percik api
     Tutup katup regulator
     Pastikan sirkulasi udara berjalan dengan baik. Gas elpiji lebih berat daripada udara, sehingga jika sirkulasi kurang baik, gas akan mengendap di sekitar permukaan lantai. Ini yang biasanya menyebabkan “Bom Elpiji”.
Dengan merawat kompor gas dengan baik, selain lebih awet, Anda juga dapat terhindar dari bahaya yang dapat terjadi. Jika Anda membutuhkan service kompor gas, kini telah hadir marketplace jasa bernama Sejasa.com. Cukup dengan membuka Sejasa.com, isi form request, dan nantikan penawaran dari beberapa penyedia jasa. Anda dapat membandingkan harga dan review. Mulai sekarang rawatlah kompor gas Anda secara rutin!



emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Mengapa Anda Harus Merawat Kompor Gas? dan anda bisa menemukan artikel Mengapa Anda Harus Merawat Kompor Gas? ini dengan url http://www.nova13.com/2016/10/mengapa-anda-harus-merawat-kompor-gas.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Mengapa Anda Harus Merawat Kompor Gas? ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Mengapa Anda Harus Merawat Kompor Gas? sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



Translates