Jumat, 20 Juli 2018

Bingung Mau Ajukan Pinjaman Usaha Selain dari KUR? Ini Alternatifnya

Modal merupakan hal utama yang memang sangat dibutuhkan saat memulai atau merintis sebuah usaha. Banyak yang mengatakan, sebuah usaha tidak membutuhkan modal, namun hal tersebut mungkin hanya berlaku untuk segelintir orang saja, sejatinya, saat kita akan membuka atau memulai sebuah usaha, pasti hal pertama yang harus dipikirkan adalah modal yang akan kita jadikan sebagai langkah awal memulai usaha.

Para pelaku usaha, biasanya akan melirik kredit usaha rakyat atau KUR, yang merupakan sebuah program dari pemerintah untuk memberikan modal agar dapat membantu masyarakat dalam memberantas kemiskinan, sehingga para pengangguran yang ada bisa memulai usaha yang dijadikan sebagai modal awal mereka.

Banyak yang menjadi alasan program KUR ini sangat diminati, selain dengan bantuan yang berasal dari pemerintah langsung, bunga yang diberikan pun sangat rendah, yaitu hanya 7% pertahun. Namun sayangnya penerima bantuan modal dari pemerintah ini memang tidak ditujukan untuk semua kalangan, dan biasanya persyaratan yang diberikan pun terlalu menyulitkan. Untuk itu Anda tidak perlu berkecil hati, karena masih ada jenis pinjaman uang lain yang bisa dimanfaatkan, diantaranya:

Alternatif pinjaman modal usaha untuk pengusaha mikro dan kecil

1. Pinjaman Dana Koperasi
Koperasi merupakan salah satu badan usaha yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pinjaman modal atau pinjaman kredit, khususnya untuk anda yang membutuhkan modal usaha. Meski banyak yang menganggap melakukan pinjaman di koperasi merupakan cara lama atau hal yang ketinggalan jaman, namun nyatanya banyak juga yang masih memanfaatkan program koperasi untuk melakukan pinjaman, khususnya pada koperasi simpan pinjam.
Koperasi simpan pinjam ini sangat membantu para anggotanya yang membutuhkan modal yang nantinya akan dijadikan sebagai awal memulai usaha, bunga yang diberikan pun sangat kecil, hampir sama dengan KUR. Untuk syarat pengajuannya sendiri pun relatif sangat mudah. Namun sebelum anda melakukan pinjaman, biasanya diharuskan untuk menjadi anggota dari koperasi tersebut.

2. Pinjaman Modal Usaha UMI (Kredit Ultra Mikro)
Sama hal nya dengan KUR, kredit umi atau Kredit Ultra Mikro ini diberikan oleh pemerintah sebagai modal usaha untuk para masyarakat yang membutuhkan bantuan modal, bahkan untuk mereka yang berada pada wilayah yang tidak dijangkau KUR. Menariknya, kredit umi bukan hanya diperuntukan sebagai modal untuk usaha saja, namun bisa digunakan sebagai membentuk seorang wirausaha di sebuah daerah.
Pinjaman modal bantuan dari pemerintah ini bisa didapatkan pada lembaga non  bank yang memang sudah bekerja sama dengan pemerintah untuk menjembatani pinjaman tersebut seperti pada PT Pegadaian, PT Bahana artha ventura dan juga PT Permodalam Nasional Madani. Dengan adanya bantuan modal usaha ini juga diharapkan bisa menjadikan para pengusaha kecil agar bisa lebih mandiri.

3. Kredit Usaha Mikro Bank Mandiri
Bank mandiri juga bisa dijadikan sebagai alternative pinjaman modal untuk usaha, salah satunya pada program yang sudah lama ada yaitu Kredit usaha mikro Mandiri. Selain untuk membiayai usaha kecil dan juga mikro, pemberian pinjaman modal dari bank mandiri ini juga bisa dipakai oleh koperasi yang memang sudah berjalan namun belum bankable dalam segi modal kerja.

Pinjaman modal dari bank mandiri ini juga menjadi salah satu pinjaman kredit yang paling sering dilakukan oleh para debitur yang sedang mencari modal usaha. Kredit pinjaman ini juga diketahui memang memiliki bunga kredit yang cukup rendah dibandingkan dengan bank konvensional lainnya.

Syarat pengajuan modal Mikro mandiri:
  • Terdaftar sebagai warga Negara Indonesia
  • Usia diatas 21 tahun
  • Sudah memiliki usaha produktif paling tidak berjalan selama 6 bulan
  • Fotokopi rekening tabungan
  • Jaminan (apabila dibutuhkan)

4. Pinjaman Modal Kupedes BRI
Bukan hanya bank mandiri saja yang memberikan program pinjaman modal untuk usaha mikro dan kecil, namun Bank BRI yang merupakan bank rakyat Indonesia pun memiliki program yang serupa, bahkan program ini sudah dijalani hampir di seluruh unit cabang BRI di Indonesia. Dengan hadirnya pinjaman kupedes BRI ini juga bisa membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan modal usaha atau juga investasi.

Bahkan untuk nasabah yang memiliki usaha pada sektor pertanian, perindustrian dan juga perdagangan, bisa memanfaatkan adanya program kupedes bri dengan mengajukan pinjaman modal dari 10 juta sampai dengan 100 juta. Keunggulan pinjaman BRI ini memiliki syarat yang sangat mudah, bahkan untuk bunga yang dibebankan pun sangat kecil, dengan biaya administrasi hanya 10 ribu rupiah.

Dengan Hadirnya beberapa perusahan perbankan dan juga program pemberian bantuan modal usaha untuk rakyat ini diharapkan bisa membantu para pengusaha kecil dan juga menengah untuk bisa menjalani  dan memajukan usaha nya dengan baik, sehingga nantinya mampu membantu meningkatkan produktivitas serta mengurangi pengangguran yang ada di beberapa daerah. Pengentasan kemiskinan pun tidak luput dari tujuan sasaran diadakannya program pemberian bantuan modal tersebut.



emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Bingung Mau Ajukan Pinjaman Usaha Selain dari KUR? Ini Alternatifnya dan anda bisa menemukan artikel Bingung Mau Ajukan Pinjaman Usaha Selain dari KUR? Ini Alternatifnya ini dengan url http://www.nova13.com/2018/07/bingung-mau-ajukan-pinjaman-usaha-selain-kur.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Bingung Mau Ajukan Pinjaman Usaha Selain dari KUR? Ini Alternatifnya ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Bingung Mau Ajukan Pinjaman Usaha Selain dari KUR? Ini Alternatifnya sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



0 Comments:

Posting Komentar

PERHATIAN!
>> Yang berkomentar dengan Anonymous tidak akan saya tanggapi, usahakan memakai Name/URL. kalau tidak punya blog, bisa memakai URL profil Facebook, twitter, dll.
>> Gunakan anchor name pada Name/URL yang sewajarnya.

thanks.

Translates