Rabu, 07 November 2018

Jenis-Jenis Sablon Kaos

Kaos merupakan pakaian yang banyak disukai karena nyaman dan juga mudah digunakan. Untuk anda yang senang bergaya santai dan bepergian dengan gaya yang nyaman namun tetap keren biasanya memilih kaos sebagai solusi tepatnya. Dipadukan dengan celana jeans dan sendal bergaya ataupun sepatu kets. Penampilan anda jadi maksimal tanpa harus berlebihan, selain itu penampilan dan kaos bisa digunakan baik wanita maupun pria dari berbagai usia. Mulai dari anak-anak bahkan bayi sampai orang tua.

Selain itu banyak juga kegiatan seperti fieldtrip sekolah ataupun acara outing yang diadakan sebuah organisasi, institusi ataupun kantor yang menggunakan kaos sebagai lambang seragam mereka namun ketika digunakan tetap nyaman dan bisa dibawa dalam kegiatan di luar. Hal ini menjadikan banyak sekali orang yang senang melakukan sablon agar bisa melabeli kaos yang dibeli sesuai dengan nama kegiatan atau nama organisasi yang mensponsori mereka.

Jenis-jenis sablon
Berbicara soal sablon cukup banyak yang mengeluhkan soal kecolongan alias tertipu kaos sablon, padahal ada banyak sekali jenis sablon kaos yang bisa anda pelajari sehingga tidak tertipu lagi, apa saja ?

Sablon Pigmen
Jenis sablon pertama bernama sablon pigmen, dimana sablon ini menggunakan bubuk pewarna tinta sablon yang meresap kedalam serat kain atau serat kaos. Sehingga jenis sablon ini bisa digunakan hanya untuk kaos yang warnanya terang saja. Jika anda memaksakan menggunakan jenis pigmen pada kaos yang berwarna gelap maka tinta tidak akan muncul. Pigmen sendiri cukup sulit menembus serat kain yang berwarna gelap.

Sablon Discharge
Selanjutnya adalah sablon discharge atau biasa disebut sablon cabut warna. Disebut seperti itu karena teknik sablon yang masih manual dan menggunakan hasil tinta untuk mengubah warna bahan kaos dengan warna tintanya, contohnya saja jika anda menggunakan kaos berwarna abu gelap maka akan di sablon menggunakan tinta discharge berwarna putih. Sehingga setelah disablon bahan kaos yang disablon berubah menjadi putih. Sayangnya jenis sablon ini tidak bisa digunakan pada semua jenis kaos, hanya katun murni saja yang bisa memberikan hasil maksimal.

Sablon Timbul
Sablon timbul biasa juga disebut sebagai puff print. Sablon yang menggunakan bahan karet yang menghasilkan efek timbul ini memang disukai banyak orang yang menggunakan desain khusus sehingga menginginkan gambar pada kaos terkesan hidup. Namun untuk mendapatkan hasil sablon timbul dibutuhkan proses pemanasan khusus untuk membentuk efek timbul maksimal. Namun jika anda membicarakan kualitas sablon yang awet maka jangan menggunakan jenis timbul ini. karena hasil sablonya hanya akan bertahan 8-10 kali cuci saja.

Sablon Plastisol
Jenis sablon selanjutnya bernama sablon plastisol, dimana tinta sablon yang digunakan berbasis minyak atau disebut sebagai PVC. Salah satu keistimewaan dari sablon ini yakni kemampuan mencetak dot ataupun raster dengan ukuran yang super kecil namun hasilnya tetap prima. Sayangnya sablon ini menjadi jenis yang membutuhkan harga tinggi baik dari segi bahan baku dan peralatan. Karena jenis ini membutuhkan suhu diatas 160 derajat celcius agar sablonan dapat meresap sempurna di kaos dan tidak luntur.

Sablon Superwhite
Terakhir adalah jenis sablon superwhite yang jika dilihat sebenarnya hampir serupa dengan sablon pigmen. Namun perbedaannya terletak pada sifat sablon superwhite yang lebih transparan ketika diaplikasikan pada kain khususnya yang berwarna gelap. Tinta untuk sablon superwhite sendiri terbagi menjadi dua, yaitu white untuk tinta putih sedangkan color untuk tinta warna lainnya. Hasil dari superwhite ini layaknya konsep vintage yang memberikan kesan oldschool pada sablon.



emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Jenis-Jenis Sablon Kaos dan anda bisa menemukan artikel Jenis-Jenis Sablon Kaos ini dengan url http://www.nova13.com/2018/11/jenis-jenis-sablon-kaos.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Jenis-Jenis Sablon Kaos ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Jenis-Jenis Sablon Kaos sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



0 Comments:

Posting Komentar

PERHATIAN!
>> Yang berkomentar dengan Anonymous tidak akan saya tanggapi, usahakan memakai Name/URL. kalau tidak punya blog, bisa memakai URL profil Facebook, twitter, dll.
>> Gunakan anchor name pada Name/URL yang sewajarnya.

thanks.

Translates