Sabtu, 02 Mei 2020

Software Akuntansi berbasis Online, Solusi Cerdas untuk Handle UMKM

Sebagai seorang entrepreneur, Anda tidak mempunyai banyak waktu untuk selalu memastikan laporan keuangan yang paling update atas bisnis yang Anda jalankan. Software akuntansi berbasis online Kledo adalah solusinya! Akan tetapi, apakah Anda yakin bahwa software akuntansi yang digunakan selama ini sudah efektif?

Di era digital, semakin banyak perangkat lunak bidang akuntansi yang khusus dibuat dan ditujukan untuk para pelaku UMKM. Pemilik UMKM pasti sulit meluangkan waktu untuk fokus dalam memantau bisnis, terutama pada sisi keuangan. Mereka akan menghabiskan setidaknya seharian, hanya demi merapikan pencatatan manual keuangan perusahaan, bahkan mungkin membuang waktu berjam-jam memilah tumpukan faktur, baik dari pos penjualan, invoice, pembelian, dan lain sebagainya. Betapa beruntungnya Anda, sekarang semua software akuntansi didesain dengan tujuan memudahkan pekerjaan pemilik UMKM, diantaranya melakukan pencatatan keuangan secara lebih ringkas, dapat dipelajari dalam waktu singkat, dan lebih hebatnya lagi, semuanya dilakukan secara digital. Sebagai pemilik UMKM, Anda mungkin sudah menggunakan software akuntansi dan penggajian online untuk menjalankan bisnis. Namun, apakah Anda yakin bahwa software akuntansi berbasis online yang digunakan sudah sesuai dengan bisnis Anda? Seringnya perubahan peraturan di negara ini, termasuk hal yang berkaitan dengan PSAK, aturan OJK, maupun perpajakan, serta hal lain di luar perekonomian, dapat mempengaruhi bisnis yang Anda jalankan dengan mudah. Sangat penting bagi Anda untuk memiliki software akuntansi yang tepat dan efisien.

Memilih Software Akuntansi
Jadi, software akuntansi berbasis online mana yang Anda pilih, ketika belakangan ini semakin banyak pilihan untuk dipilih? Pada dasarnya, Anda tidak dapat asal memilih software akuntansi. Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor, seperti jenis bisnis yang Anda jalankan, apakah pegawai Anda memiliki kemampuan untuk menjalankan software akuntansi tersebut, atau mungkin Anda lebih memilih untuk mempekerjakan seorang Akuntan yang khusus menangani keuangan dalam bisnis yang Anda miliki. Masalah pajak mungkin juga merupakan hal utama yang harus Anda pertimbangkan. Sangat penting untuk memilih software akuntansi yang tepat, sesuai dengan ukuran bisnis Anda. Apabila bisnis yang Anda tekuni mempunyai sistem akuntansi yang rumit, tidak masalah bagi Anda untuk menghabiskan uang lebih banyak hanya demi membeli software yang tepat. Asalkan, software itu mampu membuat pekerjaan pada bisnis Anda lebih efektif, efisien, serta bersifat jangka panjang. Sebaliknya, buat apa Anda membeli software akuntansi paket lengkap dengan harga mahal, apabila UMKM yang dijalankan hanya butuh beberapa fitur dasar dari software akuntansi tersebut. Jika Anda memiliki bisnis dengan sistem akuntansi yang sederhana, artinya Anda hanya memerlukan fitur mendasar dari software akuntansi. Sangat disarankan Anda untuk memilih software akuntansi berbasis online.

Pilihan Software Akuntansi Berbasis Online
Ada banyak pilihan software akuntansi berbasis online yang sangat beragam dan tersebar di internet. Sekali lagi, dalam menentukan pilihan, semua kembali lagi harus menyesuaikan kebutuhan bisnis yang Anda jalankan. Mungkin Anda bisa mempertimbangkan dari bagaimana sistem penagihan dan penawaran yang ada di dalamnya. Atau Anda juga dapat menimbang kapasitas data maupun dimensi yang diberikan sebagai tambahan fasilitas dari software berbasis online tersebut. Pilihlah software akuntansi online yang paling baik dan sesuai yang Anda butuhkan, tentu saja, agar UMKM yang Anda jalankan semakin efisien. Di Indonesia sendiri, software akuntansi online yang paling banyak dipakai oleh pelaku UMKM adalah Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis online yang paling sederhana di antara software lain sejenis. Tentu saja Kledo sangat cocok digunakan oleh para pelaku UMKM, karena dapat diakses secara gratis untuk keperluan trial selama 14 hari, kapan pun dan di mana pun Anda berada. Software ini memberikan laporan secara real time, terkait penjualan, penawaran, pembelian, kas dan bank, dsb. Bahkan Kledo menyediakan fitur overview yang memudahkan pemilik dalam melakukan pengawasan bisnis. Selain pelaporan, Kledo juga memberikan akses untuk membuat tagihan dan penawaran pada penjualan, serta purchase order dan purchase invoice pada pembelian.

Manfaat Menggunakan Software Akuntansi Berbasis Online
1. Keuntungan Kerja Remote
Sementara itu, semakin banyaknya orang yang lebih memutuskan bekerja remote, baik karena pilihan maupun kebutuhan, semakin banyak pula pilihan software akuntansi berbasis online terbaik untuk meringankan beban pelaku UMKM. Di era digital ini, ada banyak UMKM yang dikendalikan melalui hosting web secara online dengan kendali jarak jauh. Hal tersebut memungkinkan Anda, sebagai pemilik UMKM, untuk melakukannya juga dan menggunakan software akuntansi berbasis online kapan pun dan di mana pun. Kabar baiknya, semua data yang dihasilkan software tersebut di simpan pada cloud, yang artinya akan lebih aman daripada menyimpannya di PC perusahaan dengan semua risiko yang berpotensial terjadi. Anda juga harus memastikan bahwa Anda telah mengambil tindakan preventif untuk melakukan back-up data akuntansi dan hal lain yang berhubungan dengan bisnis yang Anda jalankan, dengan menyimpannya di cloud. Penyimpanan cloud sampai dengan saat ini merupakan ide paling bagus mengingat harganya yang terjangkau.

2. Biaya Lebih Terkontrol
Jangan lupa bahwa Anda adalah seorang pemilik UMKM, yang mungkin berpikir untuk menekan biaya overhead pada bisnis yang Anda jalankan. Dengan adanya software akuntansi berbasis online, bisnis Anda menjadi lebih tertata, baik secara sistem maupun keuangan. Jika ingin berhemat, ada banyak opsi software akuntansi berbasis online dengan harga murah yang dapat Anda gunakan untuk UMKM. Namun, kembali lagi pada prioritas kebutuhan, mungkin jika lebih jeli, Anda dapat menemukan software akuntansi gratis yang sudah memiliki fitur dasar pengelolaan keuangan. Meskipun hanya mencakup beberapa fitur dan fungsi, banyak paket software akuntansi berbasis online untuk UMKM yang telah terbukti bermanfaat. Setidaknya, sampai Anda beralih ke software akuntansi berbasis online yang berbayar. Tentu saja, tidak ada salahnya Anda menggunakan masa trial 14 hari pada Kledo, jika berminat, Anda bisa memperpanjang dengan berlangganan bulanan.




emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Software Akuntansi berbasis Online, Solusi Cerdas untuk Handle UMKM dan anda bisa menemukan artikel Software Akuntansi berbasis Online, Solusi Cerdas untuk Handle UMKM ini dengan url http://www.nova13.com/2020/05/software-akuntansi-berbasis-online-solusi-cerdas-untuk-handle-umkm.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Software Akuntansi berbasis Online, Solusi Cerdas untuk Handle UMKM ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Software Akuntansi berbasis Online, Solusi Cerdas untuk Handle UMKM sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



0 Comments:

Posting Komentar

PERHATIAN!
>> Yang berkomentar dengan Anonymous tidak akan saya tanggapi, usahakan memakai Name/URL. kalau tidak punya blog, bisa memakai URL profil Facebook, twitter, dll.
>> Gunakan anchor name pada Name/URL yang sewajarnya.

thanks.

Translates