Kamis, 19 Mei 2011

Trik supaya FlashDisk kebal Virus

gambar flashdisk
Apakah anda pernah ke warnet atau tempat rental komputer lalu setelah colok flashdisk/flashdrive tiba-tiba sudah terinfeksi sama virus? Sekarang pertanyaannya, gimana agar flashdisk bisa kebal dari penularan virus, worm, ataupun trojan?
mari saya ajak anda terlebih dahulu kenapa penyebaran dari virus-virus ini bisa secepat itu. Sumber permasalahannya adalah fitur autorun yang ada di Sistem Operasi Windows. Jadi, hati-hati saja bagi anda yang pengguna Windows aka jendela.
Sebenarnya, autorun yang ada sejak era Windows XP memiliki niat baik, yaitu memudahkan pengguna. Setiap kali kita memasukkan media eksternal (baik CD/DVD atau flashdisk), file autorun.inf di dalam media eksternal tersebut langsung berjalan agar isi di dalamnya bisa langsung dimainkan. Contohnya ketika Anda memasukkan CD musik, Windows langsung menjalankan Windows Media Player atau Winamp.

Namun niat baik tersebut ternyata dimanfaatkan para pembuat virus untuk menularkan virus. Dengan memodifikasi file autorun.inf, virus bisa langsung berjalan dan menularkan program jahat setiap kali flashdisk tertancap di komputer. Bisa pula sebaliknya, komputer langsung menularkan virus file autorun.inf ke setiap flashdisk yang pernah tertancap.

Bagaimana cara mengatasinya?
untuk mencegah penyebaran infeksi virus, prinsip kerja cukup sederhana. Dari sisi komputer, menjaga supaya file autorun tidak perlu berjalan, sedangkan dari sisi flashdisk, pastikan autorun tidak pernah bisa di modifikasi.

Untuk bisa melakukan itu semua caranya sangat mudah dengan memakai aplikasi seperti BitDefender Immunizer atau Panda USB Vaccine. Kedua aplikasi ini akan melindungi komputer/PC maupun flashdisk dari penularan virus.
Untuk mendapatkannya, anda bisa dapatkan secara cuma-cuma alias gratis, silahkan download BitDefender Immunizer di sini, sementara Panda USB Vaccine di sini.

Cara menggunakannya setelah anda unduh, maka langsung saja anda jalankan/double click aplikasi tersebut, secara otomatis akan deteksi fasilitas autorun di komputer apakah aktif atau sudah off, jika masih aktif, aplikasi tersebut akan memberikan opsi untuk mematikan fasilitas autorun dan sebaiknya anda lakukan.

Jika sudah selesai, kini anda tinggal colokkan flashdisk anda yang hendak anda kebalkan, pilih flashdisk dari menu yang ada, kemudian tekan Immunize atau Vaccine, seketika file autorun.inf di flashdisk akan diganti dengan yang baru dan sekarang sudah kebal dari virus. Jangan panik, file-file atau data yang sudah ada di flashdisk anda tidak akan di ubah oleh aplikasi itu.

Mudah bukan untuk bisa membuat flashdisk anda kebal virus?
silahkan mencoba.



emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Trik supaya FlashDisk kebal Virus dan anda bisa menemukan artikel Trik supaya FlashDisk kebal Virus ini dengan url https://www.nova13.com/2011/05/trik-supaya-flashdisk-kebal-virus.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Trik supaya FlashDisk kebal Virus ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Trik supaya FlashDisk kebal Virus sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



Translates