Selasa, 03 Januari 2012

Cara menampilkan Author Blog di Google

authorship blog
Postingan pertama saya di tahun baru ini, saya memilih di tanggal tiga saja. Kembali lagi membahas mengenai blog tepatnya berkaitan dengan tutorial blog, sebelumnya saya belum pernah tau sama sekali mengenai hal ini, yaitu Authorship sebuah blog yang berhubungan dengan Search Engine seperti Google. Saya ucapkan terima kasih kepada mbak rina-as telah membagi ilmunya, kemudian saya terinspirasi untuk memposting hal yang sama, mungkin ada sobat blogger yang belum tau. Oke, kembali ke topik postingan ini. Pada search engine Google, anda sebagai author blog akan diberi kesepatan untuk muncul dalam hasil SERPnya. Bila suatu blog memiliki seorang author yang dikenal baik oleh Google maka nilai posting yang ditulis dalam blog tersebut akan menjadi baik dan berkredibilitas sehingga postingan tersebut akan memiliki peluang memperoleh posisi yang bagus di halaman pencarian Google. Dalam hal SEO memperoleh kepercayaan Google sebagai seorang author sangatlah penting apalagi saat ini Google telah memakai algoritma Google Panda, tentunya Google hanya ingin mendapatkan hasil SERP yang baik melalui penulis-penulis yang dia percayai. Untuk itu, anda perlu mengusahakannya supaya anda dikenal Google sebagai author blog yang kompeten. Satu-satunya cara untuk mewujudkannya ialah dengan memunculkan nama anda di authorship content pada halaman pencarian Google search.

Berikut langkah-langkah yang bisa anda tempuh supaya nama anda muncul sebagai authorship content di Google search:

A. Edit Profile Google+
1. Buka profile di Google+, bila anda belum memiliki profile Google+ silahkan membuat akun baru di alamat https://plus.google.com/
2. Edit profile Google+ anda, jangan lupa untuk mengisi hal yang penting seperti
- Kontributor untuk
Pada bagian ini, silahkan klik link Tambahkan tautan ubahsesuai, isi url blog anda kemudian pilih opsi siapa saja yang dapat melihatnya misal Hanya anda, berarti yang dapat melihat link tersebut hanya anda saja saat sign in di akun Google+. Setelah itu baru klik tombol Simpan.
Cara menampilkan Author Blog di Google
- Rumah / kantor
Anda dapat memilih salah satu opsi atau kesemua opsi rumah dan kantor untuk di isi dengan email anda. Pertama pilih email dan masukkan nama email kemudian pada lingkaran anda, anda dapat memilih siapa saja yang dapat melihat email anda dan saran yang terbaik untuk anda sebaiknya email tersebut hanya dapat dilihat untuk anda saja agar tidak ada seseorang yang tidak bertanggungjawab memanfaatkannya untuk hal negative. Setelah itu klik Simpan.
Cara menampilkan Author Blog di Google
3. Bila pengeditan seluruh data diri anda telah selesai klik link Pengeditan Selesai.
4. Langkah ke-4, klik link verifikasi.
Cara menampilkan Author Blog di Google
5. Kemudian masuk ke akun email anda untuk melihat email verifikasi yang dikirim, buka pesan baru di inbox, kemudian klik link yang tersedia untuk verifikasi email.
6. Bila telah berhasil akan muncul halaman pemberitahuan bahwa email anda sudah terverifikasi dengan akun Google+ anda, bila di buka lagi info G+ anda, maka akan ada tanda check.

B. Tambahkan link author dalam blog
Ada dua cara untuk menambahkan link author di blog anda, pilih salah satunya :
1. Google Profile
Anda kunjungi link disini untuk mendapatkan code dari google profile anda. Kemudian pada bagian Enter URL Profile, silahkan anda isi url profile Google selanjutnya pilih ukuran gambar dan terakhir copy kode tersebut dan paste di dalam blog anda. Taruh di tempat mana saja yang anda sukai.
Cara menampilkan Author Blog di Google
2. Memasang link author
Alternatif lain adalah dengan memasang link author ke dalam blog anda.
Kode :
<a href="http://www.blogger.com/[url_Google+]?rel=author">Nama Author</a>
Pada bagian href, silahkan isi url profile Google+ anda dan untuk anchor text silahkan isi dengan nama anda. Perlu diingat bahwa nama author dalam blog haruslah sama dengan nama anda di profile Google+.
Contoh kode hasil :
<a href="https://plus.google.com/u/0/b/104503392427633513708?rel=author">nova13</a>
Untuk melihat apakah google berhasil mengekstrak link author yang anda pasang dalam blog, anda dapat mempergunakan Rich Snippets Testing Tool.

Cara menampilkan Author Blog di Google


C. Mengirimkan Authorship Request
Setelah langkah A dan B selesai anda lakukan maka bagian yang terakhir adalah anda diharuskan untuk mengirim permintaan tersebut pada halaman Authorship Request di alamat Authorship Request seperti berikut :
Cara menampilkan Author Blog di Google

Anda isikan First name dan Last name yang sama dengan nama pada author blog, isi email yang sama pula dengan email yang baru saja anda verifikasi di akun Google+ dan untuk Link to your Google Profile, isikan url link author yang telah anda sisipkan dalam blog. Centang kotak dan berikan sebaris kalimat pada kotak comment kemudian klik tombol Kirim dan permintaan telah selesai dilakukan.


Sekian tips dari saya, selamat mencoba, semoga bermanfaat...
4.5


emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Cara menampilkan Author Blog di Google dan anda bisa menemukan artikel Cara menampilkan Author Blog di Google ini dengan url https://www.nova13.com/2012/01/cara-menampilkan-author-blog-di-google.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara menampilkan Author Blog di Google ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Cara menampilkan Author Blog di Google sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



Translates