Jumat, 16 Maret 2012

Amankan Akun Google dengan 2-Step verifikasi

2 Step Verifikasi Untuk Keamanan Email Blogger, Google
Saya akan membahas mengenai Bagaimana cara untuk mengamankan Akun Google atau Gmail anda dengan 2 Step Verifikasi. Postingan saya ini ada persamaan dengan postingan sebelumnya yang membahas hal yang sama yaitu cara melindungi akun Facebook dari Hacker, yaitu adanya fasilitas untuk lebih secure lagi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan semisal akun anda berhasil dibobol oleh orang lain dan menggunakannya dengan niat tidak baik tanpa sepengetahuan anda, namun bedanya kali ini saya membahas fitur di Google. Sistemnya sama, yaitu ketika login, anda harus memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor hp anda via SMS yang sebelumnya sudah anda setting. Dengan sistem ini, bahkan seseorang yang mengerti password email Andapun akan kesulitan menembusnya, karena kemananan tingkat 2 (2 Step verifikasi) langsung dikirim ke Handphone Anda saat itu juga, ketika Anda login. Bagi anda yang tidak ingin untuk berkali-kali isikan kode verifikasi saat login, maka ada pilihan untuk mengisikannya setiap 30 hari sekali.
2 Step verification
Sebelum anda melakukan percobaan ini, sebelumnya perhatikan dulu syarat-syaratnya:
  • Saran saya, anda harus mengisi pertanyaan keamanan untuk jaga-jaga jika suatu saat anda tidak bisa login. Pengaturannya ada di Google Accounts.
  • Pastikan nomor hp yang anda gunakan nanti, nomor hp yang sering anda pakai sehari-hari dan tidak ganti. Kalau ingin ganti, berarti anda juga harus setting lagi.
  • Akan ada dua pilihan dalam memverifikasi, yaitu dengan SMS dan Voice Call. Saya sarankan dengan metode SMS saja.
Cara mengaktifkan 2-step verification:
  1. Langsung saja menuju halaman pengaturan akun Google anda, disini. Lalu anda isikan nomor hp anda, jika sudah pilih opsi SMS text untuk Send code by. Klik Send Code
  2. 2 Step Verifikasi Untuk Keamanan Email Blogger, Google
  3. Maka anda tinggal menunggu balasan SMS dari pihak Google akan mengirimkan kode, bila anda sudah menerima sms tersebut, masukan kode nya lalau klik verify.
  4. 2 Step Verifikasi Untuk Keamanan Email Blogger, Google
  5. Jika kode yang anda masukkan benar, akan ada tanda centang warna hijau seperti ini, lalu klik Next.
  6. 2 Step Verifikasi Untuk Keamanan Email Blogger, Google
  7. Tahap selanjutnya, anda di minta apakah ingin menyimpan data untuk Google mengingat komputer yang anda pakai selama 30 hari atau tidak, jika itu komputer anda sendiri, centang saja.
  8. 2 Step Verifikasi Untuk Keamanan Email Blogger, Google
  9. Sampai disini anda sudah akan berhasil, tinggal anda klik tombol TURN ON 2-STEP VERIFICATION.
2 Step Verifikasi Untuk Keamanan Email Blogger, Google

Selesai, anda sudah mengaktifkan fitur ini di akun Google anda dengan ditandai notif seperti berikut:
2 Step Verifikasi Untuk Keamanan Email Blogger, Google

Dengan begitu, akun Google anda sudah aman sekarang, termasuk akun Blogger anda, saya pun juga menerapkan cara ini sebab untuk jaga-jaga bila ada hal yang tidak diinginkan terjadi. Bila anda kurang jelas dengan apa yang saya jelaskan diatas, bisa melihat video tutorialnya berikut ini:


Saya harap informasi ini bermanfaat bagi anda.
Semoga berguna.



emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Amankan Akun Google dengan 2-Step verifikasi dan anda bisa menemukan artikel Amankan Akun Google dengan 2-Step verifikasi ini dengan url https://www.nova13.com/2012/03/amankan-akun-google-dgn-2stepverifikasi.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Amankan Akun Google dengan 2-Step verifikasi ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Amankan Akun Google dengan 2-Step verifikasi sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



Translates