Sabtu, 31 Maret 2012

Cara membuat web dengan CMS di idHostinger

CMS (Content Management System)
Kembali akan saya berikan tutorial membuat web dengan mudah, setelah sebelumnya saya berikan panduan memilih domain untuk hosting di idHostinger, dan sekarang saya memberikan materi tentang bagaimana menginstall CMS pilihan anda. Karena anda sudah mempunyai hosting gratisan sendiri, setelah membaca postingan tentang cara daftar hosting gratisan ini, maka saya sarankan anda untuk segera memberikan suatu CMS (Content Management System) pada hostingan anda tersebut. Ini juga berlaku bagi anda yang punya hosting berbayar, kalau seperti di Blog nova13 ini memakai jasa Blogger, jadi tinggal pakai saja :)
Bagi anda yang belum mengetahui pengertian dari CMS, berikut kutipan yang berhasil saya peroleh dari Wikipedia.
Sistem manajemen konten (Content Management System, disingkat CMS), adalah perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web. 
Apabila anda sudah paham, mari saya lanjutkan tutorial ini. Pada postingan saya yang dulu tentang fitur yang ditawarkan oleh idHostinger, yakni fasilitas Auto Installer untuk beberapa CMS terkenal dan bahkan ada yang CMS dari lokal, Indonesia. Jadi, anda tidak perlu lagi repot untuk download file CMS nya, setting database, dll dan dengan Auto Installer, akan serba otomatis, dan sekejab website idaman anda sudah jadi. Karena ada banyak sekali CMS yang tersedia, maka saya pilihkan cms yang paling populer, yaitu Wordpress, dengan situs resminya di wordpress.org, sedang untuk cms yang lainnya, anda bisa sesuaikan, tp caranya tidak jauh beda. Dan berikut langkah-langkahnya:
  • Login ke idHostinger, dan masuk ke Kontrol Panel.
  • Lihat ke kategori Website, lalu pilih Penginstal Otomatis.
Penginstal Otomatis CMS
  • Maka akan ada banyak pilihan CMS, ada Wordpress, Joomla, Drupal, dll. Saya rekomendasikan install Wordpress saja.
  • Install WordPress
  • Tahap selanjutnya, silahkan anda isikan opsi untuk subdirektori untuk domain anda, biasanya setelah tanda slash (/), namun abaikan saja. Setelah itu isikan Password Administrator, ini untuk login ke akun Wordpress anda nanti, dan selanjutnya isikan username atau Nama Pengguna Administrator akun wordpress anda juga. keduanya ini jangan sampai sama, kalau sama nanti akan ada peringatan kalau tidak boleh sama antara password dan username. Dan yang tak kalah penting, jangan sampai anda lupa password dan username.

    install cms wordpress
  • Jika sudah, anda tinggal klik Install WordPress dengan versi terbaru. Tanpa menunggu lama, database akan terbuat dengan otomatis, website wordpress anda sudah jadi. Dengan ditandai notifikasi seperti berikut:
sukses install wordpress

Nah, kini hostingan gratis di idHostinger milik anda sudah ada CMS yaitu wordpress seperti pada hosting berbayar layaknya. Namun tak usah kawatir untuk performanya, sesuai pihak idHostinger menjaminnya. Anda bisa langsung login ke akun dashboard wordpress website anda dan masukkan password dan username yang tadi anda setting waktu anda menginstall wordpress dengan auto installer. Demikian yang bisa saya sampaikan.

Semoga bermanfaat.



emoticon Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Cara membuat web dengan CMS di idHostinger dan anda bisa menemukan artikel Cara membuat web dengan CMS di idHostinger ini dengan url https://www.nova13.com/2012/03/cara-membuat-web-dgn-cms-di-idhostinger.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara membuat web dengan CMS di idHostinger ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Cara membuat web dengan CMS di idHostinger sebagai sumbernya.

If you Like this, please share it?

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Related Post:



Translates